Habis Liburan Banyak Utang? Ini Lho Cara Jitu buat Menghindarinya

2 menit
banyak utang
Habis Liburan Banyak Utang? Ini Lho Cara Jitu buat Menghindarinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Liburan ke luar negeri maupun luar kota emang menjadi salah satu ritual bagi pekerja yang pengin melepas penat. Tapi gimana nih kalau usai liburan malah kamu semakin banyak utang? 

Ketika memutuskan liburan emang paling tepat adalah menyiapkan segalanya. Mulai dari tiket perjalanan pulang pergi, peginapan hingga dana lain buat segala perintilannya. 

Kalau kamu mau liburan tentunya yang namanya menabung adalah satu kunci agar perjalanan dan melepas penat sukses. Tapi juga banyak lho yang mau liburan setelahnya malah banyak utang. 

Seperti dikutip dari Republika.co.id, Senin, (19/8/2019), banyak lho cara buat kamu yang liburan dan bebas dari banyak utang. Jangan sampai laman Instagram mu terlihat wah tapi sesudahnya malah dipusingkan dengan banyak utang. 

Yuk, kita cari tahu apa aja sih yang mesti dihindari saat liburan agar kamu bebas dari namanya lilitan utang

Baca juga: Waspada! Terlilit Banyak Utang Picu Penyakit-Penyakit Berbahaya Ini

1. Liburan sesuaikan dengan bujet

banyak utang
Sesuaikan bujet kamu saat liburan ya, jangan sampai dipaksakan dan malah utang sana-sini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika memutuskan buat liburan ada baiknya kamu memikirkan anggaran sesuai dengan kantong mu. Pilih tujuan liburan atau tempat yang sesuai dengan keadaan keuangan mu. 

Jangan sampai kamu memiliki bujet terbatas tapi malah pinjam kanan kiri buat berutang. Hal ini yang bikin kamu bakal pusing usai liburan karena harus membayar utang. 

Baca juga: Ada yang Seharga Rumah, 5 Artis Indonesia ini Pakai Perhiasan Bernilai Fantastis

2. Terlalu banyak beli buah tangan alias oleh-oleh

banyak utang
Beli oleh-oleh usahakan hindari ya karena ini bikin kamu banyak utang, (Iustrasi/Shutterstock).

Yang namanya liburan ya kamu nikmatin aja hari-hari mu tanpa banyak tanggungan. Misalkan lepas segala urusan yang berhubungan dengan pekerjaan. Tapi jangan sampai ya kalau kamu liburan habiskan uang hanya beli oleh-oleh. 

Terlalu banyak beli oleh-oleh terkadang bikin kamu gak sadar gesek kartu kredit atau debit mu. Nanti belakangnya kamu bakal dipusingkan dengan tagihan yang masuk ke akun mu. 

Jadi usahakan minimalkan membeli terlalu banyak buah tangan alias oleh-oleh. 

Baca juga: Maia Estianty Hingga Nia Ramadhani! Begini Gaya Liburan 5 Artis Indonesia Naik Kapal Pesiar

3. Hindari pemakaian kartu kredit berlebihan

banyak utang
HIndari gesek kartu kredit nih saat liburan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mentang-mentang limit kartu kredit kamu banyak dan sudah bulat, dengan seenaknya malah menggesek kartu kredit saat liburan. Nah, usahakan cara begini dihindari ya agar kamu nantinya gak terlalu banyak utang. 

Misalkan kamu menggesek karti kredit di penginapan yang mahal hingga menikmati restoran dengan kelas bintang lima. Nah, yang kayak gini malah sering banget terjadi akhirnya bakal jadi penyesalan. 

Udah enak-enak liburan malah dipusingkan dengan rentetan tagihan yang menggendut. Bukannya meminimalisir malah bikin gendut tagihan. 

Nah, itu dia tiga cara paling jitu agar usai liburan kamu gak dipusingkan dengan tagihan alias banyak utang. Boleh kesohor saat liburan tapi jangan sampai utang melilit dompet dan bikin tongpes alias kantong kempes! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...