Tertinggi Impornya, Ini Barang-barang Asal China yang Berdatangan ke Indonesia

3 menit
Tertinggi Impornya, Ini Barang-barang Asal China yang Berdatangan ke Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Barang-barang China menjadi barang yang laris diimpor Indonesia. Masuknya barang-barang Negeri Tirai Bambu ke Indonesia gak lepas dari perkembangan belanja online yang memberi kemudahan bagi banyak orang buat mengimpor barang.

Bukan rahasia kalau barang-barang asal China itu terkenal dengan harganya murah. Hal tersebut kemudian dilihat sebagai peluang kebanyakan orang Indonesia yang cenderung menyukai barang-barang murah dengan kualitas masih oke!

Kalau harga dijadikan acuan oleh kebanyakan orang Indonesia buat membeli barang, masuk di akal kalau produk made in Indonesia kalah saing dengan kata melabeli made in China alias buatan China. Ya, buat apa membeli barang mahal kalau ada yang jauh lebih murah? Respons seperti itu biasanya menjadi kalimat yang umum keluar dari banyaknya penikmat barang buatan China. 

Menarik buat dicari tahu, emangnya apa aja barang-barang China yang sering diimpor Indonesia? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Ini Kenapa Barang China Banyak Masuk Indonesia!

Daftar barang-barang China yang diminati para importir Indonesia sepanjang tahun 2017

 

barang china
Banyaknya barang buatan Negeri Tirai Bambu datang dan dijual di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

The Observatory of Economic Complexity (OEC) menyebutkan sebanyak 21 barang China yang masuk ke Indonesia sepanjang tahun 2017. Total nilai impor dilaporkan mencapai US$ 34,3 miliar.

Dari banyaknya barang asal China tersebut, paling tinggi impornya adalah barang yang dikategorikan sebagai mesin dengan persentase 41 persen. Kemudian ada logam sebesar 13 persen, produk kimia sebesar 11 persen, tekstil sebesar 9,2 persen, plastik dan karet sebesar 4,5 persen, sayur-sayuran sebesar 3,6 persen, hingga transportasi sebesar 3,0 persen.

The Observatory of Economic Complexity (OEC) merupakan website yang menyajikan data perdagangan internasional. Keberadaan OEC ini digagas Massachusetts Institute of Technology (MIT) Lab sebagai bagian dari proyek mereka.

Karena barang China berkategori mesin paling tinggi nilai impornya, kira-kira barang-barang kategori mesin yang seperti apa ya yang masuk ke Indonesia? Berikut ini daftarnya.

Barang China yang diimpor Nilai impor
Komponen telepon US$ 1,89 miliar
Perlengkapan komputer US$ 841 juta
Perlengkapan penyiaran US$ 737 juta
Aksesoris media penyiaran US$ 589 juta
Komponen perlengkapan kantor US$ 451 juta
Kawat terisolasi US$ 451 juta
Mesin yang punya fungsi individual US$ 317 juta
Transformator listrik US$ 285 juta
Pompa angin US$ 279 juta
Kendaraan konstruksi US$ 255 juta
Pembangkit listrik (electric generating sets) US$ 235 juta
Printer industri US$ 223 juta
Stone processing machine US$ 210 juta
Pompa cairan US$ 208 juta
Lifting machinery US$ 203 juta
Mesin listrik lainnya US$ 198 juta
Katup (valves) US$ 192 juta
Sirkuit terpadu US$ 185 juta
Cranes US$ 179 juta
Centrifuges US$ 178 juta

Dalam datar di atas, cuma 20 barang yang dimasukkan. Sebenarnya, masih banyak barang China berkategori mesin lainnya yang diimpor Indonesia.

Baca juga: Seharga Rp 10 M! Begini Koleksi Mobil Mewah Milik Frank Lampard di Garasi

Impor bawang putih Indonesia paling besar, salah satu sumbernya ternyata dari China

barang china
Bawang putih juga banyak lho didatangkan dari China, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang ramai diberitakan belakangan ini, Indonesia mencatatkan volume impor yang tinggi. Bahkan, sepanjang tahun 2016, nilai impor bawang putih yang dilakukan Indonesia paling tinggi di dunia.

Indonesia mencatatkan nilai impor bawang putih sepanjang tahun 2016 mencapai US$ 674 juta. Nilai impor ini lebih tinggi dari nilai yang dicatatkan Vietnam sebesar US$ 241,50 juta ataupun negara tetangga, Malaysia dengan nilai sebesar US$ 235,49 juta.

Rupanya nih China menjadi salah satu negara yang memasok bawang putih ke Indonesia. Pada 2016, impor bawang putih dari China yang dilakukan Indonesia mencatatkan nilai US$ 477 juta.

Itu tadi informasi mengenai barang-barang China yang diimpor Indonesia dengan nilai paling tinggi. Semoga bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!