7 Barang Bekas yang Sebaiknya Gak Dibeli Meski Harga Miring

3 menit

Ada saatnya kamu lebih baik belanja barang bekas, yakni kalau kualitasnya gak jauh beda dari barang yang baru. Dengan beli barang bekas tapi masih oke punya, kamu bisa lebih hemat.

Tapi jangan sembarangan beli barang bekas juga. Karena banyak barang-barang bekas yang meski kualitasnya masih bagus, tapi gak aman buat kesehatan. Ujung-ujungnya malah jadi lebih boros deh karena keluar duit buat beli obat atau ke dokter.

Nah, berikut ini daftar delapan barang yang sebaiknya gak usah dibeli dalam kondisi bekas. Yuk simak aja.

1. Pakaian dalam

barang bekas
Emang yakin mau pakai pakaian dalam bekas orang (vebma)

Pernah belanja ke Cimol Gede Bage Bandung atau Pasar Senen Jakarta yang banyak menjual pakaian bekas? Pasti kamu melihat banyak outlet yang khusus menjual pakaian dalam bekas, kan?

Tapi pernah gak terpikir kalau pakaian dalam bekas itu tempat ngumpulnya bakteri atau kuman yang bisa jadi penyakit buat kulit? Ya, meski dijual dengan keadaan bersih dan rapi, mending kamu beli yang baru aja ya.

[Baca: Gak Perlu Malu Menjual Barang Bekas, 5 Hal Ini Alasannya]

2. Sepatu

Beli sepatu bekas emang lebih murah dari harga yang baru. Tapi biasanya sepatu itu sudah kebentuk menyesuaikan kaki si pemilik pertamanya.

Sepatu bekas yang gak pas di kaki kamu bisa menyebabkan lecet hingga sakit kaki. So, lebih baik beli sepatu baru aja deh ya. Gak perlu yang mahal-mahal, pilih yang sesuai dengan kantong kamu.

3. Ban

Beli ban bekas memang gak perlu ngeluarin duit gede. Kamu bisa dapat harga murah kalau beli ban bekas dibanding ban anyar. Tapi jangan salah, meski murah, risiko menggunakan ban bekas pada kendaraan juga tinggi banget.

Semakin tua usia ban, semakin gundul juga ulirannya. Gak mau kan kalau kamu kecelakaan gara-gara ban gundul kamu selip di saat hujan?

4. Boneka

barang bekas
Banyak kuman dan bakteri menempel di boneka (bacaterus)

Bagi pecinta boneka, tentu kamu sering berburu boneka lucu. Apalagi kalau kamu penggemar boneka tertentu yang limited edition. Pasti kamu bakal nyari hingga di tempat jual beli barang bekas.

Tapi sebaiknya mending beli boneka baru aja deh. Soalnya kita gak tahu siapa pemilik boneka bekas sebelumnya. Tahu sendiri kan kalau boneka juga menyimpan banyak bakteri dan debu yang terserap di seratnya.

[Baca: 4 Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dari Barang Bekas]

5. Topi

Beli topi bekas? Jangan deh. Kita gak tahu seperti apa kepala si pemilik topi sebelumnya. Tentu aja gak mau dong kalau si pemilik sebelumnya punya penyakit kepala atau kutuan dan nular ke kamu. Serem, kan?

6. Kasur atau matras

barang bekas
Siapa tahu kasur bekas orang sering ditidurin kucing yang banyak kutunya, hmm… (catster)

Emang sih harga kasur bekas dijual murah. Tapi kamu harus pastikan kalau si pemiliknya gak punya penyakit.

Kasur bekas yang tiap hari dipakai si pemilik biasanya menyimpan sel kulit mati, bakteri, rambut, dan lainnya. Kita gak tahu kan kalau kasur bekas juga menyimpan kutu busuk yang suka menghisap darah manusia.

Emang mau kulit gatal-gatal hingga infeksi gara-gara dihisap si kutu busuk?

[Baca: Hasilkan Uang dari Barang Bekasmu Lewat 5 Situs Jual-Beli Ini]

7. Selimut

Emang ada yang jual selimut bekas? Ada. Coba deh cek di pasar-pasar pakaian bekas atau di online shop. Banyak yang jual selimut bekas.

Tapi sebaiknya mending beli yang baru aja. Bukan apa-apa, sama seperti pakaian bekas lainnya, banyak banget bakteri dan kuman yang menempel di selimut bekas.

Tahu sendiri kan, selimut ini merupakan barang yang jarang dicuci. Kalau baju sama celana kan biasanya dicuci tiap hari. Kalau selimut paling seminggu sekali.

Meski udah dicuci dan bersih saat dijual, kita gak tahu apa masih ada bakteri atau kuman yang nempel di selimut. So, mending beli baru aja deh.

Lagian harga barang-barang bekas di atas gak terlalu jauh kok dengan harga yang baru. Dan harus dicatat ya, banyak banget keuntungan kalau kita membeli barang baru. Seperti diskon hingga garansi misalnya.

Memangnya kalau barang beli barang bekas di tempat loak atau online shop ada yang ngasih garansi? Makanya yuk pikirkan kembali kalau mau beli barang-barang bekas di atas.

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.