Harganya Murah dan Laris, Barang KW Asal China Merajai Pasar Global

3 menit
Harganya Murah dan Laris, Barang KW Asal China Merajai Pasar Dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bicara soal negara China emang gak lepas dengan produksi barang-barang KW alias abal-abal. Coba deh kalau kamu pergi Mangga Dua atau Pasar Tanah Abang, pasti nemu aja yang namanya barang KW. Mulai dari tas wanita, sepatu hingga koper dengan label barang bermerek tapi sayangnya KW.

Seperti dikutip dari Hipwee.com, Sabtu, (2/3/2019), barang KW semua orang emang udah pasti tahu sejak dulu kala. Gimana gak, datangnya barang abal-abal ini di pasaran cukup menarik perhatian bagi banyak orang nih.

Kalau membahas barang abal-abal, tiruan, palsu, atau KW, negara China lah satu produsen terbesar yang menghasilkan benda-benda branded dengan label “KW”. Kita juga udah tahu kalau China merupakan surganya bagi orang yang pengin tampil trendi dan modis tapi dengan membeli barang abal-abal asal Negeri Tirai Bambu ini.

Tas-tas wanita bermerek LV, Gucci atau Chanel yang saat ini dijual di mall-mall emang harganya selangit banget. Mulai dari yang belasan juta rupiah hingga yang puluhan juta rupiah. Nah, kalau beli yang KW atau abal-abal mungkin banyak orang gak perlu mengeluarkan uang seperti harga aslinya.

Baca juga: Intip Megahnya Kantor Huawei di China yang Lebih Mirip Kastil Eropa

Mulai dari spare part mobil, pesawat hingga obat-obatan ada yang KW dari China

Mulai dari spare part mobil, pesawat hingga obat-obatan ada yang KW dari China, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebenarnya gak cuma tas-tas wanita bermerek aja ada yang KW asal China. Kemungkinan besar hampir semua barang ada lho versi KW-nya di China. Ya, kalau cuma KW tas branded sih kamu paling cuma mikirin gengsinya aja, tapi bayangkan kalau spare part mobil, spare part pesawat, atau obat-obatan?

Kalau soal itu emang serius banget dan sangat membahayakan sih buat kelangsungan hidup banyak orang. Pasalnya, kita gak bakal tahu nih kualitas barang KW seperti spare part mobil, spare part pesawat bahkan obat-obatan yang abal-abal.

Di China-nya nih, barang-barang KW itu kini semakin canggih banget nih hasil produksinya. Bayangin aja, banyak barang abal-abal asal Negeri Panda ini terlihat seperti aslinya dan sama sekalipun gak ada perbedaannya.

Baca juga: Radius 500 Meter, Aplikasi Buatan China Ini Bisa Ketahui Orang Punya Utang

China negara penghasil barang KW terbesar di Dunia

China negara penghasil barang KW terbesar di Dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Indonesia juga ada sih yang menghasilkan barang abal-abal cuma skalanya gak gede kaya di Negeri Tirai Bambu ini. Kalau di China itu mencapai 63,2 persen, Turki 3,8 persen, Singapura 1,9 persen, Thailand 1,6 persen, India 1,2 persen, Maroko 0,6 persen, Arab 0,5 persen, Pakistan 0,4 persen dan Mesir 0,4 persen. Kalihatan kan skala yang paling besar itu di negara mana?

Adapun nih sebutan bagi barang KW di China. “Shanzai” merupakan sebutan barang abal-abal di negeri asalnya yang artinya “benteng pegunungan”. Kenapa barang abal-abal dari China diberi nama “Shanzai”, analoginya nih kalau kata tersebut menggambarkan kalau barang-barang tiruan itu datangnya dari pabrik di wilayah pedesaan miskin.

Gak heran kalau tas-tas merek terkenal banyak ada yang palsunya hingga pasar internasional. Pabrikan produk aslinya aja juga ada China, jadi kemungkinan buat ditiru emang besar banget.

Harga barang KW asal China emang miring banget nih. Kalau kamu udah pernah membelinya pasti bakal terheran-heran dengan harganya jauh lebih murah daripada produk aslinya betul gak?

Misalkan tas wanita merek LV kisaran puluhan juta rupiah, mungkin kamu cuma perlu kocek dompet kisaran Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu buat memiliki tas KW LV dengan tampilannya yang hampir mirip aslinya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...