Ada yang Seharga Rp 775 Miliar! 5 Barang Mahal Ini Justru Ditemukan di Tempat Sampah

4 menit
Barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (Shutterstock)
Barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (Shutterstock)

Pernah terbayang gak sih kalau kamu menemukan barang mahal di tempat yang gak terduga, seperti tempat sampah misalnya?

Hmm.. pasti gak pernah terpikirkan sekalipun kan? Pasalnya, tempat sampah itu adalah tempat pembuangan barang-barang yang sudah tak terpakai. Jadi, mustahil rasanya bisa menemukan barang mahal di tempat sampah.

Tapi siapa sangka, ternyata ada lho beberapa orang yang jadi kaya mendadak karena menemukan barang yang harganya super fantastis di tempat sampah.

Gak tanggung-tanggung, bahkan ada lho yang harga barangnya mencapai Rp 775 miliar. Wow, banget bukan?

Penasaran barang mahal apa saja yang ditemukan di tempat sampah oleh orang-orang beruntung ini? Yuk, langsung simak aja di bawah ini, mulai dari yang harganya paling rendah dulu ya.

Baca juga: Barang Mewah Milik 3 Bos BUMN Ini Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah

5. Patung langka Suku Maya – Rp 232 juta

Patung Suku Maya, salah satu barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (hometowndumpsterrental.com)
Patung Suku Maya, salah satu barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (hometowndumpsterrental.com)

Rezeki emang gak kemana, seorang pria bernama Nick DiMola mendapat pekerjaan sampingan dari seorang keluarga seniman untuk membersihkan rumah mereka dengan bayaran US$ 4.500 atau setara dengan Rp 63 juta.

Ia lantas menemukan sebuah patung kuno yang lusuh di tempat sampah. Nick pun bertanya kepada pemilik rumah yang kemudian memperbolehkan Nick untuk memiliki patung tersebut.

Penasaran dengan patung tersebut, Nick lalu membawa patung itu ke sebuah toko benda antik. Betapa terkejutnya Nick saat mengetahui kalau patung tersebut merupakan salah satu artefak dari suku Maya kuno yang harganya mencapai US$ 16.500. Jika dirupiahkan, nilainya mencapai Rp 232 juta.

Baca juga: Gaya Hidup Pangeran Brunei, Dikelilingi Barang Mewah sampai Pacari Wanita Ini

4. Biola langka karya Giuseppe Pedrazzini – Rp 704 juta

Biola antik, barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (pbs.org)
Biola antik, barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (pbs.org)

Barang mahal kedua yang ditemukan di tempat sampah adalah sebuah biola langka karya pembuat biola legendaris yakni Giuseppe Pedrazzini.

Biola langka tersebut ditemukan oleh seorang pria tua di sebuah tempat sampah. Ia pun lantas pergi ke sebuah toko antik untuk menjual biola tersebut.

Sang pemilik toko pun langsung kaget karena biola tersebut merupakan barang yang sangat langka. Tanpa pikir panjang, pemilik toko pun langsung membayar biola itu seharga US$ 50 ribu atau sekitar Rp 704 juta. Wah, langsung kaya mendadak si pria tua.

Baca juga: Bukan Barang Mewah, Ini 3 Simbol Status Sosial Orang Kaya Zaman Now

3. Lukisan langka Tres Personajes – Rp 14 miliar

Lukisan langka Tres Personajes, barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (davidartsoftheday.blogspot.com)
Lukisan langka Tres Personajes, barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (davidartsoftheday.blogspot.com)

Seorang wanita bernama Elizabeth Gibson menemukan sebuah lukisan di tumpukan sampah di sebuah gang sempit di kota New York.

Lukisan abstrak yang digeletakkan begitu saja pun akhirnya dibawa pulang oleh Elizabeth. Sesampainya di rumah, ia secara kebetulan menonton sebuah acara televisi yang tengah mengulas tentang lukisan. Elizabeth pun kaget karena lukisan yang sedang dibicarakan itu sama persis dengan yang ia temukan di tempat sampah.

Ternyata lukisan itu merupakan karya Rufino Tamayo, salah satu pelukis legendaris. Lukisan yang bernama Tres Personajes itu konon katanya telah hilang selama 20 tahun.

Sang pembawa acara televisi tersebut menyebutkan kalau lukisan Tres Personajes bisa bernilai hingga US$ 1 juta atau Rp 14 miliar jika dijual di pasar gelap. Namun, jika dikembalikkan ke pemiliknya, maka ia akan diberikan hadiah sebesar US$ 15 ribu atau sekitar Rp 211 juta.

Alih-alih menjualnya, Elizabeth pun lantas mengembalikan lukisan langka tersebut ke sang pemilik. Tak hanya mendapat apresiasi, wanita itu juga mendapat hadiah uang. Salut deh!

2. Bom plutonium – Rp 70,4 miliar

Ilustrasi bom plutonium, salah satu barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (backtothefuture.fandom.com)
Ilustrasi bom plutonium, salah satu barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (backtothefuture.fandom.com)

Seorang pemulung yang berada di kota Washington, Amerika Serikat secara tak sengaja menemukan sebuah koper di sebuah tempat sampah.

Berharap mendapat sesuatu yang berharga, saat dibuka ternyata koper itu berisi bom plutonium yang bisa meledakkan seisi kota Washington. Karena takut, ia pun lantas segera melaporkannya ke kantor polisi setempat. Tapi siapa sangka, bom tersebut diperkirakan harganya mencapai US$5 juta atau setara dengan Rp 70,4 miliar.

1. Berlian L’Incomparable

Berlian L'Incomparable, barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (nydailynews.com)
Berlian L’Incomparable, barang mahal yang ditemukan di tempat sampah. (nydailynews.com)

Kamu tentu sudah tahu kalau berlian memiliki harga yang super fantastis. Bahkan, untuk berlian ukuran yang kecil saja bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Tapi siapa sangka, seorang gadis cilik di Afrika menemukan sebuah berlian yang sangat cantik di tumpukan sampah.

Ya, berlian bernama L’Incomparable itu berbentuk telur dan merupakan salah satu mata kalung termahal di dunia. Namun, barang mahal itu justru berada di tempat yang sangat tidak layak.

Gadis tersebut beserta sang paman lantas pergi ke sebuah toko berlian dan terkejut saat mengetahui kalau berlian itu memiliki berat 637 karat. Harganya dibanderol sebesar US% 55 juta atau setara dengan Rp 775 miliar. Wah, langsung jadi miliarder cilik deh.

Itu dia enam barang mahal bernilai fantastis yang justru ditemukan di tempat sampah. Karena itu, mulai sekarang berhati-hatilah saat akan membuang benda-benda yang ada di sekitarmu. Siapa tahu kan, salah satu benda tersebut memiliki nilai yang tinggi. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.