Akhir Bulan “Tongpes” alias Kantong Kempes? Lakukan Ini Saat Baru Gajian

4 menit
Akhir Bulan Tongpes alias Kantong Kempes Lakukan Ini Saat Baru Gajian, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biasanya buat kamu yang baru gajian pasti ada aja nih yang mau dibeli? Hal ini emang sering banget terjadi di kita semua betul gak? Nah, biasanya kalau udah begini mau gak mau di akhir bulan kamu bakal mengalami “tongpes” alias kantong kempes.

Hayo siapa yang sering banget mengalami hal seperti ini?  Hal ini emang sering banget nih kejadian buat kamu-kamu karyawan yang udah punya gaji lumayan tebal. Biasanya kamu yang punya gaji lumayan tebal dan baru gajian gak tahan godaan buat belanja.

Misalnya melirik sneakers baru atau jam tangan model terbaru hingga pengin membeli ponsel pintar keluaran terbaru. Gak cuma itu sih, biasanya di awal bulan pas baru gajian kamu sering banget nih royal buat pengeluaran.

Misalnya keasyikan hangout bareng teman-teman kamu di cafe, restoran atau di pusat perbelanjaan. Ya, emang banyak banget hal-hal yang kamu lakukan saat baru gajian.

Keasyikan mengeluarkan uang tahu-tahu kamu kaget melihat isi dompet atau rekening udah mulai menipis. Padahal ini masih awal bulan ya kan? Dan baru gajian banget. Ada lho hal-hal yang bisa kamu lakukan saat baru gajian.

Hal ini bisa dilakukan buat menghindari “tongpes” alias kantong kempes. Jangan pernah deh mengutang saat akhir bulan dengan teman kamu, apalagi kalau teman mu juga lagi banyak pengeluaran.

Baca juga: Dompet Milenial Cepat Tipis? Bisa Jadi Karena 6 Hal yang Bikin Boros Ini

Pengin tahu apa aja yang mesti kamu lakukan saat awal bulan dan baru gajian? Biar uang kamu tetap banyak di akhir bulan lakukan hal-hal berikut ini. Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Tahan godaan buat beli ini itu

Jangan pernah memikirkan buat beli ini itu ya pas baru gajian, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, yang satu ini emang sering banget terjadi pada kalian semua nih. Pas baru gajian udah “mimpi” atau berkhayal pengin beli ini itu.

Misalkan kamu pengin beli sneakers terbaru, ponsel pintar baru, atau jam tangan baru. Kalau bisa hindari deh yang namanya berkhayal pengin beli ini itu.

Baca juga: Tujuan Finansial Bisa Tercapai dengan Mengikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

Yang ada nanti bujet bulanan kamu over dan kamu bakal kehabisan uang pas di akhir bulan. Kalau bisa hindari hal ini ya karena bakal bahaya banget lho.

2. Tulis kebutuhan yang diperlukan

Tulis keperluan dan kebutuhan mu saat di bulan depan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pas baru gajian sebenarnya kamu bisa lakukan yang namanya “to do list” alias menuliskan daftar keperluan kamu. Rencanakan hal-hal yang emang mesti kamu lakukan di awal bulan ini.

Misalkan kamu punya cicilan prioritaskan uang kamu buat cicilan. Jangan sampai cicilan yang semestinya dibayar gak kamu bayarkan di awal bulan ini. Kalau udah begini utang kamu bakal menumpuk nih.

Baca juga: Sempat Terlupakan! Kini 4 Cara Menabung Simpel ini Kembali Jadi Idola Milenial

Yang ada kamu nanti pusing lho di bulan depannya mesti bayar dua sekaligus dan akhirnya uang kamu bakal berkurang banyak.

3. Jangan terlalu royal di awal bulan

Jangan terlalu royal di awal bulan yang ada nanti uang kamu cepat habis pas awal bulan padahal baru gajian, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal ini bisa kamu lakukan lho setiap bariu gajian. Jangan pernah bersikap royal saat baru gajian. 

Apalagi kamu pergi ke mall door to door dan duduk di restoran atau hanya sekedar ngopi-ngopi aja. Hal ini juga bisa menyebabkan kamu “tongpes” pas di akhir bulan lho. Karena kalau kamu duduk dengan hitungan berjam-jam mau gak mau bakal banyak menu yang dipesan. 

Kalau udah begini billing saat duduk di restoran, coffee shop atau ke mall biasanya bakal gede banget dan ujungnya bikin repot nih.

4. Tahan buat melihat barang baru

Tahan buat melihat barang baru juga bisa dilakukan saat baru gajian, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menahan rasa pengin beli barang baru baik itu berupa barang tas, sneakers, hingga ponsel pintar bisa bikin kamu kantong jebol pas di akhir bulan. Kecuali kamu udah punya bujet tersendiri buat beli barang baru gak ada salahnya.

Sebenarnya sikap ini hampir mirip dengan poin pertama. Cuma buat poin ini kamu mesti lebih “saklek” nih jangan sampai tergiur dengan barang-barang baru.

5. Hitung uang transportasi sehari-hari

Hitung uang transportasi sehari-hari, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga mesti kamu lakukan lho demi memiliki banyak uang di akhir bulan. Kamu mesti perhitungkan segala sesuatunya salah satunya buat uang transportasi sehari-hari.

Mulai buat uang bensin hingga biaya transportasi lainnya seperti taksi atau transportasi online. Jangan sampai over ya kalau bisa ya.

6. Perhitungkan biaya telekomunikasi

Perhitungkan biaya telekomunikasi kamu ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin ini juga perlu kamu perhatikan ya, pasalnya terkadang biaya telekomunikasi kadang bikin mencekik leher juga nih. Usahakan kamu perhitungkan dengan baik-baik saat menggunakan pulsa maupun intensitas berkomunikasi.

Kalau kalau kamu menggunakan provider pascabayar, sebagai pelanggan bisa kok mengatur besar kecil limit pulsa. Besarannya bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai melebihi bujet yang ada ya.

Nah di atas tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar kamu gak mengalami “tongpes” nih saat di akhir bulan. Kantong kempes di akhir bulan emang gak enak banget lho, apalagi kalau sampai mesti berutang, mau gak mau di bulan depan kamu mesti gali lubang tutup lubang.

Coba lakukan hal-hal di atas tadi siapa tahu bermanfaat nih buat kamu yang sering banget mengalami “tongpes” alias kantong kempes. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!