Batik Parang Prabowo di Olshop Dijual Rp 49 Juta, Mengapa Bisa Semahal Itu?

3 menit
Prabowo memakai batik parang saat bertemu Megawati di kediaman Mega di Menteng, Jakarta Pusat (TEMPO/Muhammad Hidayat)

Aksi Prabowo Subianto memakai batik parang saat bertemu Megawati Soekarno Putri di kediaman Mega, Rabu 24 Juli 2019 masih menjadi sorotan. Pasalnya, di salah satu online shop, harga batik tulis yang nyaris mirip dengan milik Prabowo dibanderol Rp 49 juta. 

Deskripsinya adalah Batik Tulis Halus Special Order Lux. Ada juga batik tulis lainnya yang harganya senilai Rp 24 juta dengan deskripsi adalah Batik Tulis Special Order IR.

Batik parang berukuran besar warna putih, hijau dan hitam yang dikenakan Prabowo saat bertemu Ketua Umum PDI tersebut hingga saat ini memang memiliki makna tersendiri, khususnya dalam diplomasi dua pemimpin partai besar di Indonesia.

Sekadar diketahui, motif parang merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia yang diciptakan pendiri Keraton Mataram. Motif ini dulunya menentukan derajat bangsawan seseorang sehingga hanya boleh digunakan oleh raja dan keturunannya. 

Ada banyak jenis motif batik parang yang memiliki arti berbeda-beda. Dikutip dari berbagai sumber, secara simbol, motif batik parang memiliki makna filosofis manusia yang tidak pernah menyerah dalam mengarungi kehidupan. Layaknya ombak yang tak pernah berhenti bergulung.

Diplomasi batik parang yang dikenakan Prabowo mencuri perhatian. Pasalnya, outfit yang dikenakan mantan calon presiden nomor urut 02 itu disebut-sebut bisa mencapai harga hingga Rp 50 juta.

Mengapa batik parang yang dikenakan ayah Didit Prabowo tersebut begitu istimewa? Yuk, simak alasannya di sini:

Dibuat dengan canting khusus

batik parang
Prabowo memakai batik parang saat bertemu Megawati (Instagram/@puanmaharaniri)

Menurut COO Alleira Batik, Zakaria Hamzah batik parang yang dikenakan Prabowo disebut-sebut memiliki harga mencapai hampir Rp 50 juta karena proses pembuatannya yang sangat khusus.

“Kalau batik seharga itu biasanya batik tulis dengan warna alam dan proses batik halus dengan canting khusus,” jelas Zakaria Hamzah kepada MoneySmart.

Baca juga: Prabowo Punya Rumah 4,8 Hektare di Hambalang, Begini Penampakannya

Proses pembuatan setahun

batik parang
Prabowo memakai batik parang saat bertemu Megawati (Instagram/@puanmaharaniri)

Salah satu pendiri batik ready to wear yang digandrungi kalangan high end itu mengungkapkan, batik tersebut berharga mahal karena proses pembuatannya pun bisa memakan waktu lama.

“Proses pembuatan bisa sampai satu tahun per potong,” imbuhnya.

Diburu kolektor

Batik parang
Batik parang (Shutterstock)

Batik tulis motif parang dengan pewarna alami berbahan kain sutera semakin diminati penggemar dan kolektor busana kendati harganya mahal. 

Karena itu, tak heran kalau Prabowo, salah seorang tokoh terkemuka di Indonesia memilih batik tersebut untuk dikenakannya saat bertemu presiden ke-5 RI.

“Biasanya memang bahan yang dipakai Sutra ATBM, untuk harga tersebut biasanya yang suka kolektor,” papar pria berkacamata itu.

“Dan, menurut saya (Prabowo) seperti itu (kolektor batik)” tandasnya.

Selain Prabowo, Megawati juga memakai batik parang dalam pertemuan yang disebut-sebut diinisiasi Kepala BIN  Komjen Pol Budi Gunawan.

Saat itu, Mega juga menggunakan motif batik bernuansa peranakan dengan tambahan motif parang dalam ‘piring’ berukuran kecil. Ibunda Puan Maharani itu tampil lebih berwarna dengan paduan merah dan kuning.

Tertarik memiliki batik parang seperti yang dipakai Prabowo?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.