Ini Keuntungan-keuntungannya Bayar Cicilan Kartu Kredit Tepat Waktu

3 menit
Bayar cicilan kartu kredit tepat waktu
Bayar cicilan kartu kredit tepat waktu (Shutterstock)

Apapun cicilannya, bayarlah tepat pada waktunya. Begitu juga dengan cicilan kartu kredit, sebaiknya dibayar tepat waktu. Dengan gak pernah telat bayar, kamu sebagai pengguna akan terhindar denda keterlambatan.

Emangnya mau bayar cicilan kartu kredit ditambah denda dan bunganya? Siapapun pasti gak akan mau kalau sampai mengalami hal tersebut.

Itulah mengapa pengguna kartu diimbau jangan pernah telat bayar cicilan kartu kredit. Kalau bisa, pembayaran dilakukan setelah menerima billing statement.

Selain diwajibkan membayar denda keterlambatan, ada beberapa alasan penting lainnya mengapa pengguna kartu wajib disiplin membayar cicilan kartu kredit. Berikut, alasan-alasannya:

1. iDeb SLIK OJK jadi bagus

iDeb bagus
iDeb bagus

Menjaga skor kredit dalam iDEB SLIK OJK tetap bagus sama pentingnya dengan menjaga kredibilitas di mata bank.

Seperti yang pernah MoneySmart singgung sebelumnya, pengajuan KTA tergantung pada seberapa baiknya skor kredit si calon debitur.

Karena itu, kalau punya rencana mengajukan pinjaman KTA, jaga baik-baik deh skor kredit kamu. Pasalnya, bank lebih percaya pada orang-orang yang punya skor kredit yang bagus.

Salah satu cara menjaga skor kredit ini adalah, membayar cicilan kartu kredit tepat waktu atau sebelum jatuh tempo. Namun, jangan pernah sekali-sekali berpikir buat gak gunakan kartu kredit ya. Pasalnya, nanti bisa gak bagus buat skor kredit.

Sekadar ditahui, skor kredit itu perlu diperbarui atau di-update. Menggunakan kartu kredit secara rutin setiap bulan adalah cara supaya skor kredit tetap baru. Selain skor kredit yang bagus, bank bakal makin percaya kalau melihat skor kredit yang selalu baru.

Baca juga: Begini Caranya Bikin Tagihan Kartu Kredit Selalu 0 Persen

2. Limit kartu kredit cepat kembali normal

Limit kartu kredit
Limit kartu kredit

Karena limit kartu kurang, terpaksa deh menunda pembelian. Padahal, hal ini gak harus terjadi kalau cicilan kartu kredit dibayar sebelum jatuh tempo.

Semakin cepat dibayar, semakin cepat pula kembalinya limit kartu kredit. Apalagi, pembayaran cicilan dilakukan setelah keluarnya billing statement. Itu lebih baik lagi.

Satu hal yang perlu diperhatikan, bukan berarti cepatnya pembayaran dilakukan selamanya baik ya. Misalnya, kamu pengin bayar cicilan sebelum keluarnya billing statement.

Sebaiknya, hal tersebut dihindari karena bank bakal memasukkan transaksi tersebut di bulan sebelumnya. Gak menutup kemungkinan hal tersebut bisa menyebabkan over limit.

Baca juga: Jadilah Pengguna Kartu Kredit yang Cerdas dengan Terapkan Tips-Tips Ini

3. Program cicilan bunga 0 persen tetap terus berjalan

Kartu kredit
Kartu kredit

Percuma aja ikut program cicilan bunga 0 persen kalau masih terlambat bayar cicilan kartu kredit. Secara otomatis, cicilan bakal dikenakan bunga begitu si pengguna bayar cicilan lewat jatuh tempo.

Sialnya nih, seperti yang disebutkan sebelumnya, bukan cuma bayar bunga, si pengguna juga diharuskan bayar biaya keterlambatan. Jadinya dobel kan biaya yang dibayarkan?

4. Terhindar kemungkinan menumpuknya utang

Terhindar menumpuknya utang (Shutterstock)
Terhindar menumpuknya utang (Shutterstock)

Rata-rata orang yang terjerat utang kartu kredit awalnya karena keseringan telat bayar cicilan kartu kredit. Mulai dari keseringan itu, lama-lama perilaku tersebut menjadi kebiasaan.

Tentu aja kebiasaan telat bayar itu membawa dampak negatif. Paling fatal kalau sampai dampaknya bikin utang kartu kredit menumpuk. Syukur kalau masih bisa dibayar sedikit-sedikit. Gimana kalau gak? Si pengguna udah alami gagal bayar tuh!

Nah, itu tadi alasan-alasan mengapa cicilan kartu kredit harus dibayar tepat waktu.

Dengan memerhatikan benar-benar hal-hal yang udah disampaikan tadi, kamu nantinya bisa dengan bijak menggunakan kartu kredit dan tentunya merasakan benar-benar manfaat kartu itu. (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan