Begini Cara-Cara Bikin Bunga Tagihan Kartu Kredit Selalu 0 Persen

3 menit
Bayar tagihan kartu kredit bunga 0 persen (Shutterstock)

Hari gini masih ada yang bilang punya kartu kredit lebih banyak mudaratnya. Pandangan miring tersebut gak lepas dari asumsi orang-orang yang menganggap tagihan kartu kredit pasti ada bunganya.

Kenyataannya, tagihan kartu kredit bisa dibayarkan tanpa harus membayar bunganya lho. Kok bisa? Emang gimana caranya?

Untuk pengguna kartu kredit, informasi ini pasti bukan hal baru. Namun, buat orang-orang yang bukan pengguna, mereka pasti bertanya bagaimana bisa tagihan kartu kredit gak dikenakan bunga.

Bahkan, gak sedikit orang yang sanksi dengan informasi tersebut. Mereka tetap memertahankan asumsi kalau tagihan kartu kredit mustahil tanpa bunga.

Daripada terus menerus berasumsi, baca dulu fakta-fakta berikut yang menyatakan tagihan kartu kredit bisa dibayar tanpa bunga. Yuk, simak ulasan berikut:

1. Bayar tagihan sebelum jatuh tempo dijamin bebas bunga

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit

Ini benar lho. Buat kamu pengguna baru, coba deh bayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Dijamin gak bakalan kena bunga.

Kamu baru kena bunga kartu kredit kalau bayar tagihannya gak penuh alias dicicil-cicil. Makanya, jangan sesekali membayar tagihan dicicil-cicil ya! Sebisa mungkin bayar penuh semua tagihan. Tentu aja, bayarnya diusahakan sebelum jatuh tempo ya!

Baca juga: Jadilah Pengguna Kartu Kredit yang Cerdas dengan Terapkan Tips-Tips Ini

2. Jangan lakukan pembayaran minimum

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit

Ada opsi pembayaran minimum. Di satu sisi bisa menguntungkan, sedangkan di sisi lain bisa merugikan.

Untungnya, kamu gak perlu bayar penuh tagihan kartu kredit. Cukup bayar 10 persen dari tagihan, maka kamu udah dianggap membayar tagihan pada bulan tersebut.

Sementara itu, kerugian melakukan pembayaran minimum adalah, tagihan kartu kredit menjadi besar. Pasalnya, ada bunga yang berlaku pada sisa tagihan yang belum dilunasi.

Inilah mengapa opsi pembayaran minimum sebisa mungkin dihindari. Apalagi, kalau gak pengin kena bunga kartu kredit sama sekali, ada baiknya jangan pernah berpikir lakukan pembayaran minimum deh!

Baca juga: Perlukah Kamu Memiliki Kartu Kredit? Pertimbangkan 4 Hal Ini

3. Jangan pernah telat bayar tagihan kartu kredit

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit

Telat bayar tagihan kartu kredit selain diharuskan bayar denda sebesar 3 – 5 persen, si pengguna juga dibebani bunga kartu. Makanya, gak heran kalau punya kartu kredit malah rugi gara-gara tagihan gak pernah dibayar tepat waktu.

Sebagian besar pengguna yang telat bayar beralasan lupa membayar. Biar gak lupa, begitu terima billing statement kartu kredit, langsung deh dibayar tagihannya.

Kalau saat terima billing statement belum gajian atau uang belum mencukupi, pasan reminder di smartphone 1 – 2 hari sebelum jatuh tempo. Dengan begitu, kamu gak bakal kelupaan lagi deh!

4. Manfaatkan program cicilan kartu kredit bunga 0 persen

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit

Program cicilan kartu kredit bunga 0 persen itu sebenarnya bukan hal baru. Bisa dipastikan program ini benaran ada, dan betul-betul memberi bunga 0 persen alias tanpa bunga pada cicilan kartu kredit.

Selain itu, aturan mencicilnya itu mirip-mirip kayak KTA. Pengguna bisa memilih jangka waktu pelunasan atau tenornya. Mulai dari tiga 3 bulan, enam bulan, atau 12 bulan.

Asalkan kamu bayar cicilan sebelum atau pas jatuh tempo, selama itu cicilan kartu kredit gak kena bunga. Lain cerita kalau kamu telat bayar atau melakukan pembayaran minimum. Percuma aja deh ambil program ini!

Sayangnya, program ini gak sering diselenggarakan. Kamu harus pantau terus informasi dari penerbit kartu kredit buat mengetahui ada atau nggaknya program ini.

5. Pastikan sanggup bayar penuh tagihan dengan berutang gak lebih dari 30 persen penghasilan

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit

Utang kartu kredit bisa menumpuk dan dikenakan bunga gara-gara si pengguna menunggak pembayaran tagihan. Itu terjadi karena si pengguna gak sanggup membayar tagihan.

Di sinilah pemakaian kartu kredit boleh disebut gak bijak alias sembarangan. Idealnya, tagihan kartu sebaiknya kurang dari 30 persen penghasilan. Meski limit kartu Rp 10 juta, jangan pernah menghabiskan limit sebanyak itu kalau gak sanggup membayarnya.

Karena itu, batasilah penggunaan kartu kredit dengan menggunakan gak lebih dari 30 persen penghasilan. Makin rendah, makin bagus. Dengan begitu, bayar tagihan kartu kredit jadi enteng dan bisa penuh tanpa ada sisa.

Itu tadi cara-cara agar bayar tagihan kredit gak kena bunga. Asalkan cara-cara diterapkan benar-benar, niscaya selamanya tagihan yang kamu bayar gak ada bunganya sama sekali. (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!