Banner ImageBanner Image

Penting! 5 Hal yang Wajib Dilakukan Biar Utangmu Gak Mencekik Leher

3 menit
5 langkah bayar utang paling jitu. (MoneySmart.id)
Infografis 5 langkah bayar utang paling jitu. (MoneySmart.id)

Udah menjadi kewajiban debitur buat bayar utang hingga lunas. Walaupun sadar dengan kewajibannya, gak sedikit debitur yang kesulitan membayar cicilan utang tiap bulan.

Ujung-ujungnya, bukannya lunas, utang malah menggunung gara-gara tertunggak. Utang yang membengkak tersebut pada akhirnya bisa bikin debitur gagal bayar kalau terus dibiarkan.

Kebayang kan gimana rasanya terbelit utang? Udah pasti gak enak sama sekali. Pemasukan tiap bulan pun udah gak mampu lagi buat bayar utang yang tertunggak gara-gara pembayaran yang macet.

Nah, buat kamu yang punya utang berjalan, kamu perlu menanganinya secara khusus nih biar jangan sampai jadi masalah baru. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya tiap bulannya bisa bayar utang tanpa macet sama sekali. Apa aja? Yuk disimak.

Infografis 5 langkah bayar utang paling jitu. (MoneySmart.id)
Infografis 5 langkah bayar utang paling jitu. (MoneySmart.id)

1. Hitung berapa banyak utang yang ditanggung

Berutang pun juga ada takarannya lho. Hindari kebiasaan mengandalkan utang buat menyelesaikan masalah-masalah keuangan yang dialami.

Selain bisa bikin keuanganmu terganggu, kebanyakan utang juga bisa menambah beban pikiranmu. Emangnya kamu mau setiap hari dihantui utang terus?

Karena itu, di sinilah kenapa menghitung besaran utang itu perlu. Kamu harus tahu berapa banyak sebenarnya uang yang kamu keluarkan buat bayar utang.

2. Batasi cicilan utang kurang dari 30 persen gaji

Batasi cicilan 30% dari gaji. (Shutterstock)
Batasi cicilan 30% dari gaji. (Shutterstock)

Asal tahu aja nih, besaran cicilan utang yang dibayarkan itu idealnya sebesar 30 persen dari gaji. Kalau lebih dari angka 30 persen, itu berarti kesehatan keuanganmu udah gak beres.

Nah, seandainya aja masih kurang dari presentase tersebut, tetap pertahankan jangan menambah lagi utang. Satu lagi yang paling penting, kamu harus disiplin dalam pembayaran cicilan. Jangan pernah telat, jangan sekali-kali menunda pembayaran.

Gimana kalau besaran cicilannya lebih dari 30 persen gaji? Buat menjawab pertanyaan ini, cari tahu tipsnya dalam poin berikutnya.

3. Prioritaskan pembayaran cicilan setiap terima gaji

Menyambung pertanyaan gimana tipsnya mengatasi cicilan yang lebih dari 30 persen gaji, jawabannya adalah kamu harus prioritaskan pembayaran cicilan.

Begitu kamu udah terima gaji tiap bulannya, buru-buru alokasikan bagian dari penghasilanmu buat bayar utang. Sebenarnya, prioritaskan pembayaran cicilan utang bakal menjadi keharusan yang berat buat kamu jalani. Sebab sebagian besar gaji terkuras buat bayar utang.

Mau gak mau ada beberapa pengeluaran yang mesti ditiadakan atau disetop sementara selama bayar utang. Ya, mau gimana lagi? Kalau gak gitu, pembayaran cicilan utang bisa tersendat nantiya.

Dari yang awalnya suka terlambat, lama-kelamaan jadi macet, hingga akhirnya gak terbayar. Jadi, selalu disiplin ya dalam membayar utang.

4. Hemat atau tambah penghasilan agar utang cepat lunas

Karena utang, kamu jadi terbatas dalam menggunakan penghasilanmu. Uang yang bisa digunakan buat belanja atau memenuhi kebutuhan yang lain habis cuma buat bayar utang.

Jalan keluar buat persoalannya simpel. Kamu harus memilih antara menghemat pengeluaran atau menambah penghasilan.

Dengan berhemat, itu berarti ada beberapa pengeluaran yang harus kamu minimalkan. Sementara itu, dengan menambah penghasilan, kamu gak perlu menyetop atau membatasi pengeluaran.

Konsekuensinya, kamu harus bekerja ekstra, entah itu malam hari atau menggunakan waktu weekend-mu. Kedua pilihan di atas emang punya konsekuensi yang gak enak, tapi dijamin efektif buat melunasi utang.

5. Setop pakai kartu kredit buat sementara waktu

Biar bayar utang lancar, stop gunakan kartu kredit dulu. (Shutterstock)
Biar bayar utang lancar, stop gunakan kartu kredit dulu. (Shutterstock)

Memiliki kartu kredit? Kamu sebaiknya setop penggunaannya untuk sementara waktu. Soalnya kalau kamu masih tetap menggunakannya, dikhawatirkan kamu kebablasan dan bikin besaran utang meningkat.

Buat menghindari hal-hal tersebut, kamu disarankan gak menggunakan kartu kredit dulu buat transaksi sampai utang benar-benar lunas. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kartu debit buat transaksi.

Jadi, kamu udah tahu kan sekarang tips-tips agar bayar utang tetap lancar dan gak tertunggak? Intinya, dalam membayar cicilan utang, hal yang paling penting adalah kedisiplinan. Dengan disiplin, utang niscaya bakal cepat lunas. (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong