Gak Mau Terjerat Utang? Lakukan Cara-cara Ini Biar Kaya

3 menit
Bebas utang
Gak Mau Terjerat Utang? Lakukan Cara-cara Ini Biar Kaya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak cara lho agar kamu bebas utang dan gak terjerat oleh masalah ini. Nah, biar gak terjerat alias bebas utang, kamu mesti ketahui cara-cara berikut ini.

Banyak sih cara-cara agar kamu merasa bebas utang. Lagian gak enak lho, kamu udah kerja capek-capek tapi gaji mu cuma buat bayar utang.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Senin, (1/4/2019), ada beberapa cara agar kamu gak terjerat yang namanya utang. Ya, meskipun gaji mu pas-pasan ya ada baiknya sih gak mengutang sana-sini.

Kalau udah banyak utang nanti udahannya kamu susah banget buat bayar, bahkan jadi bahan omongan teman-teman sekeliling mu. Kalau udah gini citra kamu di depan lingkungan sekeliling jelek lho.

Pengin tahu gak cara-cara apa aja sih yang bisa kamu bebas utang? Yuk, kita simak di bawah ini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id dari Okezone.com.

Baca juga: 6 Cara Lepas dari Utang yang Kayaknya Mustahil Dilunasin

1. Stop! Gali lubang tutup lubang

Bebas utang
Jangan sekali-kali melakukan gali lubang tutup lubang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, mungkin kamu udah sering banget nih mendengar istilah “berhenti gali lubang tutup lubang”. Cara ini emang sering banget terjadi di kebanyakan orang. Biasanya nih orang bakal sering banget buat berutang, padahal hal ini bikin kebanyakan orang jatuh di lingkaran setan alias utang piutang.

Baca juga: Mau Cari Pinjaman Online Cepat Cair? Baca Ini Dulu

2. Punya rencana yang matang buat keuangan pribadi

Bebas utang
Lakukan cara-cara ini agar kamu gak terjerat utang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biar kamu bebas dari utang, cara lainnya adalah coba bikin rencana keuangan pribadi. Dengan cara menbuat rencana keuangan pribadi, dijamin kondisi keuangan mu bisa tetap aman.

Misalkan, kamu udah mulai pengalokasian dana ke pos-pos yang semestinya kamu bayar. Misalkan di tanggal sekian kamu udah mesti bayar cicilan motor, nah kalau bisa dirimu udah menyisihkan uang buat membayar cicilan.

Baca juga: Bentuknya Sumpit! Perhiasan Emas Ini Dibanderol Rp 1,9 Miliar

3. Kencangkan ikat pinggang

Bebas utang
Kencangkan ikat pinggang atau sabuk kamu agar gak terjerat utang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara ini juga bisa kamu lakukan agar gak terjerat yang namanya utang piutang. Gak apa-apa deh kamu dibilan hidup biasa aja, atau gak bisa kumpul sama teman-teman mu nongkrong. Yang penting keadaan keuangan pribadi mu aman.

Jangan sampai kamu terlihat “wah” tapi hasil dari ngutang. Kalau bisa kencangkan ikat pinggang jangan sampai tergiur buat beli ini itu.

4. Cari penghasilan tambahan

Bebas utang
Kerja sampinga dijamin bisa menambah uang mu dan jauh dari kata mengutang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu berpenghasilan pas-pasan, bisa lho mencari penghasilan tambahan dengan kerja sampingan. Cara ini juga lumayan jitu nih buat menambah pundi-pundi mu di dalam rekening.

Kalau udah punya pekerjaan tambahan, mau gak mau kamu bakal mikir dua kali buat menghambur-hamburkan uang mu dari kerja sampingan yang dilakukan.

Nah, itu dia beberapa cara agar uang kamu tetap banyak dan bebas utang. Ya, mengutang emang paling enak di awalnya tapi udahannya kamu bakal dibikin pusing sendiri. Bunga yang menumpuk dan cicilan utang yang semakin banyak mau gak mau bikin pusing kepala.

Kerja mati-matian tapi hasilnya cuma buat bayar utang. Gak mau kayak gini kan? Nah, maka dari itu coba deh lakukan cara-cara di atas agar bebas utang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...