Begini Cara Pakai Kartu Kredit yang Benar agar iDeb Tetap Bagus

3 menit
Pemakaian kartu kredit harus sesuai batas (Shutterstock).

Skor kredit yang buruk menjadi momok bagi banyak orang yang berencana ajukan pinjaman. Supaya skor kredit di Informasi Debitur atau iDeb tetap bagus, kamu bisa pastikan hal tersebut lewat pemakaian kartu kredit lho.

Memangnya pakai kartu kredit bisa bikin skor kredit jadi bagus ya? Tentu aja bisa dong. Asal tahu aja nih, salah satu keuntungan dari penggunaan alat pembayaran nontunai ini adalah bikin skor kredit selalu terbarui dan selalu bagus tiap bulannya.

Namun, pemakaian buat menjaga skor kredit gak bisa asal-asalan lho. Agar benar-benar memberi efek yang diharapkan, tips-tips berikut ini bisa membantumu buat menggunakan kartu tersebut secara bijak dan tepat guna.

Apa aja? Dikutip dari Discover, inilah tips-tips pemakaian kartu kredit buat menjaga skor kredit tetap baik.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

1. Bayar penuh tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo

Kartu kredit hadir sebagai solusi dalam bertransaksi. Namun, gara-gara salah pakai, banyak pengguna yang tekor jadinya.

Tagihan kartu kredit sebaiknya dibayar penuh. Jangan dikurang-kurangi atau memilih opsi pembayaran minimum. Selain terkena bunga, gak membayar penuh tagihan bisa bikin kamu terbebani dengan utang plus bunga.

Makanya disarankan daripada membayar lebih besar di akhir, lebih baik membayar sedikit besar di awal. Rutin bayar tagihan dengan jumlah penuh bikin skor kredit tetap terjaga dengan baik.

Satu lagi yang perlu diingat, bayar penuh tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Kalau bisa, pembayaran tagihan dilakukan setelah tanggal cetak billing.

2. Biasakan besaran tagihan kartu kurang dari 30 persen gaji

Mengelola uang gaji (Shutterstock).

Pengin keuangan tetap terjaga dengan baik? Pastikan besaran tagihan kartu kredit kurang dari 30 persen gaji. Ini adalah rasio umum yang sering disampaikan financial advisor buat orang-orang yang pengin keuangannya tetap sehat.

Dengan besaran tagihan kurang dari 30 persen gaji, kamu gak bakal merasa sangat terbebani utang tiap bulannya. Sekalipun limit kartu yang kamu miliki besar, ada baiknya hindari bertransaksi hingga limit habis.

Tetap selalu berpegang bahwa tagihan kartu harus kurang dari 30 persen gaji. Dengan begitu, skor kredit bakal selalu kinclong.

Baca juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Murah Terbaik yang Bisa Dipilih

3. Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan

Kartu kredit (Shutterstock).

Gak sedikit orang yang merasa gak untung memiliki kartu kredit. Bisa jadi orang tersebut memilih kartu yang salah.

Makanya keuntungan yang selama ini diharapkan gak kunjung dinikmati karena kartu yang dimiliki gak sesuai dengan kebutuhan. Ujung-ujungnya kartu jarang dipakai buat transaksi deh.

Itulah kenapa disarankan banget dalam memilih kartu kredit wajib pertimbangkan lebih dulu kebutuhan mana yang pemenuhannya bisa dilakukan gunakan alat pembayaran ini. Simpelnya nih pilih aja kartu yang cocok buat memenuhi kebutuhan belanja bulanan.

Sebab belanja bulanan adalah kegiatan rutin yang selalu dilakukan tiap bulan. Dengan begitu, transaksi dengan kartu tiap bulannya bisa dilakukan.

4. Manfaatkan program cicilan bunga 0 persen

Dalam penetapan bunga kredit, tiap bank punya keputusan yang berbeda-beda.

Inilah keuntungan kartu kredit yang selain bisa menghemat pengeluaran juga dapat bantu kamu menjaga skor kredit. Biasanya program cicilan bunga 0 persen ini disediakan buat mereka yang pengin memiliki smartphone.

Dengan manfaatkan program cicilan bunga 0 persen, kamu bisa membayar tagihan tiap bulannya dengan tenor hingga 24 bulan alias 2 tahun. Jangka waktu pelunasan cicilan yang terbilang lama, bukan?

Terus nih karena tenor cicilannya yang lama, itu berarti tiap bulannya kamu harus bayar tagihan. Pembayaran rutin ini yang bikin skor kredit tetap bagus. Sebab tiap bulannya skor kredit di iDeb selalu diperbarui.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

Makin bagus lagi kalau pembayarannya gak pernah nunggak. Skor kredit bakal bagus terus alias jarang banget buruk.

Nah, udah tahu kan sekarang gimana caranya bikin skor kredit tetap bagus di iDeb dengan kartu kredit? Semoga informasi di atas membantu ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!