Ogah Bokek Usai Liburan? Begini Trik Mudah yang Patut Kamu Coba

4 menit
Tips liburan anti bokek yang patut banget kamu coba (Shutterstock).
Tips liburan anti bokek yang patut banget kamu coba (Shutterstock).

Liburan merupakan kegiatan paling menyenangkan di dunia ini. Tetapi kalau salah mensiasatinya, liburanmu pasti gak bakalan menyenangkan alias mendadak miskin karena pengeluaran yang gak bermanfaat. Tips liburan kali ini bakal kasih tau kamu gimana caranya agar tetap punya uang meski sudah liburan ke tempat-tempat jauh sekalipun.

Berlibur adalah salah satu cara kamu untuk bisa mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan, belajar bagaimana kebudayaan daerah setempat. Mencoba kuliner khas, mempelajari sejarah atau bahkan berbaur langsung dengan masyarakat adat. Dan juga bisa menikmati keindahan lukisan Tuhan dalam bentuk pemandangan alamnya.

Dibalik itu semua, tentu ada harga yang harus dibayar olehmu kan? Pasti kamu sudah menabung dari jauh-jauh hari supaya liburan yang sempurna bisa kamu dapatkan. Tetapi nyatanya ada saja pengeluaran yang membuat tekadmu untuk menyiapkan dana liburan terganggu.

Melansir laman The Street, berikut ini cara mudah untuk mengatur uang untuk liburan yang menyenangkan dan gak bikin bokek setelahnya. Penasaran seperti apa, kita langsung simak aja yuk.

Baca juga: Gak Cuma Punya Bunaken, Ini Alasan Sulawesi Utara Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Cek lokasi

Tips Liburan
Cek lokasi sebelum liburan (Shutterstock).

Mudah kok, dengan sudah mengetahui tujuan berlibur, kamu bisa cek lokasi tersebut dari internet. Misalnya kamu ingin menghabiskan waktu di pedesaan seperti Ubud, Bali. Pilih lokasi penginapan yang memang dekat dengan tujuan liburanmu. Seperti dekat dengan objek wisata, tempat makan, atau bahkan pusat hiburan lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya transportasi. Pasalnya dengan berjalan kaki saja, kamu sudah bisa mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan. Ini tentunya akan menghemat pengeluaran selama disana, dan juga gak perlu ada tambahan biaya dong. Sekalipun kamu membawa kendaraan, cara ini ampuh untuk meminimalisir biaya bensin atau ongkos. Mudah bukan?

Pesan tiket di pertengahan minggu

Tips Liburan
Pesan tiket di pertengahan minggu (Shutterstock).

Ada cara tersendiri nih kalau kamu pengin mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Kamu bisa pesan secara online atau melalui aplikasi maskapai penerbangannya langsung. Untuk hari nya juga mesti kamu perhatikan.

Di pertengahan minggu seperti hari Rabu atau Kamis dianggap waktu yang tepat untuk memesan tiket hotel dan pesawat. Manfaatkan aplikasi seperti Skyscanner untuk memastikan tanggal yang kamu pilih tersedia.

Baca juga: Pengin Liburan Tapi Ogah Jauh? Ke Tangerang Yuk! Banyak Tempat Wisata Keren

Jangan gunakan kartu kredit

Tips Liburan
Jangan gunakan kartu kredit untuk liburan (Shutterstock).

Kartu kredit memang praktis dan dapat diterima di seluruh dunia. Apalagi kalau saat liburan tiba-tiba kamu kehabisan cash. Eits tunggu dulu! Tagihan kamu bisa membengkak karena pajak dan biaya lain dalam penarikan kartu kredit tiap negara itu berbeda-beda.

Lebih baik, dana yang telah kamu kumpulkan, itu yang dipakai selama liburan. Kalau memang dirasa ada pengeluaran mendadak dan sangat penting, baru pilihan terakhir menggunakan kartu kredit. Tapi ingat ya, hanya untuk keperluan mendadak saja.

Jangan makan di lokasi wisata

Tips Liburan
Jangan makan di lokasi wisata (Shutterstock).

Hampir di semua tempat wisata, baik dalam maupun luar negeri harga makanan cukup tinggi. Kalau mau lebih hemat carilah makanan murah yang agak jauh dari sana. Tapi masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Jangan juga makan di dalam restoran kalau gak mau kena harga fantastis. Banyak kok makanan pinggir jalan atau street food enak yang ramah di kantong. Kamu juga jadi bisa mencicipi hidangan lokal masyarakat sana bukan?

Baca juga: 7 Tipe Traveler Indonesia, Si Eksis dan Si Selow, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

Gunakan transportasi umum

Tips Liburan
Naik transportasi umum saat liburan (Shutterstock).

Jika memungkinkan dan ada, gak ada salahnya kamu mencoba menggunakan transportasi umum seperti kereta bawah tanah atau bus. Kalau kamu pelesiran ke Jepang atau Korea Selatan, dua moda transportasi tersebut mudah ditemui.

Ingat jangan coba-coba naik taksi kalau gak mau boncos ya. Harga dengan rute pendek taksi di Jepang bisa untuk biaya makanmu seharian itu lho. Toh dengan naik kendaraan umum kamu bisa melihat pemandangan yang gak ada di negaramu. Selain itu, kamu juga jadi bisa berinteraksi dengan warga setempat jika kebingungan mencari alamat.

Tetapi jika kamu bepergian ke dalam negeri, transportasi umum memang hanya ada di kota besar. Opsi terbaik memang masih menggunakan kendaraan pribadi atau sewa harian. Cari yang memang cocok di kantongmu ya. Opsi lainnya, manfaatkan fitur ride sharing dari aplikasi ojek online. Tapi itu juga kalau kamu berlibur ke pusat kota.

Nah itu tadi trik mensiasati biaya liburan supaya gak membengkak. Dengan kamu disiplin mentaatinya, dijamin banget usai liburan gak bakalan ada tuh tagihan kartu kredit atau berkecil hati karena tabungan dana darurat lainnya ludes gara-gara terpakai. Be a smart traveller ya guys! (editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be