Bekerja di Kantor Baru? Jangan Sampai Terjebak Sifat Buruk Ini

3 menit
Kamu bukan hanya akan menghadapi pekerjaan baru, tetapi juga kultur yang ada di perusahaan tersebut.

Kamu baru saja diterima bekerja di perusahaan baru? Wah selamat ya. Apalagi kalau posisimu naik dari jabatan sebelumnya. Itu tentunya baik untuk perkembangan kariermu ke depan.

Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan nih. Kamu bukan hanya akan menghadapi pekerjaan baru, tetapi juga kultur yang ada di perusahaan tersebut. Serta beberapa peraturan yang barangkali belum pernah kamu hadapi sebelumnya.

Hal ini perlu diketahui bagi kamu sebagai karyawan baru di perusahaan tersebut. Apalagi kalau ternyata kamu baru merasakan dunia kerja. Riset menunjukkan pegawai baru cenderung tidak tahu bagaimana seharusnya bersikap di hari pertama kerja.

Jika kamu ingin bekerja semaksimal mungkin di perusahaan baru ini, derikut beberapa sifat yang harus kamu hindari saat mulai bekerja ya. Simak yuk.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Ini Dilihat dari Cara Memperlakukan Uang, Kamu yang Mana?

1. Enggan berinisiatif

Jika kamu pegawai baru, ada baiknya sering buat inisiatif (Shutterstock).

Jika kamu pegawai baru, ada baiknya sering buat inisiatif. Misalnya menawarkan bantuan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan tim. Lingkungan baru cenderung membuat kamu salah dalam melakukan tindakan.

Its ok! Tapi perusahaan sekarang ini lebih tertarik dengan pegawai yang suka melakukan inisiatif lebih dulu.

Jadi jangan merasa canggung atau takut ya. Selama hal itu baik untuk kemajuan perusahaan, lakukanlah.

2. Tidak fokus

Fokus dalam bekerja adalah hal wajib untuk dilakukan (Shutterstock).

Fokus dalam bekerja adalah hal wajib untuk dilakukan. Jika kamu gak memiliki ini, sudah dipastikan pekerjaanmu tidak berjalan lancar.

Seringkali karyawan baru memiliki masalah dengan hal ini, mereka akan cenderung bosan dan fokusnya terganggu dengan hal lain seperti bermain games atau melihat media sosial.

Jangan lakukan hal ini kalau kamu mau bekerja dalam waktu lama di perusahaan tersebut ya. Selain produktivitasmu bakalan turun, kamu juga dinilai buruk oleh atasan. Ada baiknya hindari penggunaan gadget saat jam kerja atau hal-hal lainnya.

Baca juga: Hadapi 4 Situasi Ini, Sewa Bisa Jadi Pilihan Terbaik Ketimbang Beli Rumah

3. Kebanyakan ngobrol

Jangan kebanyakan ngobrol di jam kerja (Shutterstock).

Ini masalah yang hampir dialami semua pegawai baru. Niatnya memang baik meladeni jika ada rekan yang mengajakmu berbicara. Tetapi ingat, jika terlalu sering atasan akan menilaimu sebagai pegawai yang gemar mengobrol.

Apalagi kalau mengobrolnya di luar jam kerja dan membahas hal-hal di luar pekerjaan. Ingat, segala sesuatu ada porsi dan tempatnya masing-masing lho. Mengobrol dengan rekan kantor ada baiknya di jam istirahat saja.

4. Tidak mampu menilai diri sendiri

Mampu menilai diri sendiri (Shutterstock).

Ini juga kerap dilakukan oleh para pegawai baru. Mereka tidak tahu bagaimana cara menilai kemampuan bekerja dan sudah sejauh apa kualitas dirinya sendiri. Berapa banyak yang mampu dikerjakan dan apa yang tidak bisa diselesaikan.

Dengan mengetahui kemampuan diri membuat kamu lebih mudah beradaptasi dan dapat menentukan nominal gaji lho. Tetapi jangan sampai menilai diri kamu sendiri terlalu tinggi atau merendahkan ya.

Baca juga: Gak Pengin Bangkrut Selama Liburan, Yuk Hindari 5 Hal Receh Ini

5. Boros

Jangan sampai terlalu senang baru gajian, lupa dan dihabiskan untuk traktir sana sini (Shutterstock).

Ini poin yang gak kalah penting dari lainnya. Selain kamu wajib memiliki etika dan sopan santun, menghemat gaji di awal bulan juga penting dilakukan lho.

Jangan sampai terlalu senang baru gajian, lupa dan dihabiskan untuk traktir sana sini. Buang kebiasaan aneh tersebut, sudah bukan zamannya lagi bangga foya-foya, tetapi investasi.

Mandiri bukan hanya kamu bisa menghasilkan uang sendiri, tetapi juga bagaimana kamu bisa memanfaatkannya. Gunakan uangmu itu untuk berinvestasi, membayar cicilan, atau bahkan memberikannya kepada orangtua. Hindari sifat boros mulai sekarang ya.

Kelima hal tadi umum terjadi pada karyawan baru. Nah kalau kamu gak mau terjebak dengan sifat tersebut, coba disiplin dalam bekerja ya. Jangan mudah terdistraksi dengan hal-hal yang gak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Jadilah pegawai yang baik, bekerja dengan benar, jangan suka gosip! Selamat memulai pekerjaan yang baru! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be