Ragu Investasi Saham Gara-Gara Belum Ngerti? Belajar dari Sumber Ini

3 menit
Belajar saham

Belajar saham bisa membantu kamu menghasilkan banyak untung. Sumber informasi buat belajar saham emang banyak. Namun, gak semua sumber membantu benar-benar paham mengenai investasi saham.

Apalagi, di era yang serba-online ini, belajar saham bukan lagi hal yang menyulitkan. Tinggal masukkan keyword yang pengin kamu tahu di mesin pencarian, informasi terkait bakal tersaji di hadapanmu.

Informasi-informasi soal saham dari internet boleh melimpah. Namun, bukan berarti belajar saham dari internet udah cukup bikin kamu benar-benar paham mengenai investasi pasar modal ini.

Nah, kalau kamu sangat serius ingin belajar saham, sumber-sumber berikut bisa diandalkan banget. Apa aja? Ini dia daftarnya.

1. Buku investasi saham dari The Intelligent Investor hingga Smart Trader Not Gamblers

Belajar saham dari sumber ini
Belajar saham dari sumber ini

Gak usah dipertanyakan lagi. Belajar saham dari buku yang satu ini udah paling benar deh! Rata-rata para investor yang sukses, belajar dan membaca banyak buku bertemakan investasi saham.

Misalnya, Warren Buffett. Dia bisa menjadi investor sukses seperti sekarang gak lepas dari buku-buku yang dibacanya.

Dia juga gak segan membagikan judul-judul buku yang dibacanya sebagai rekomendasi buat orang-orang yang pengin belajar saham.

Beberapa judul yang udah populer di antaranya The Intelligent Investor, dan Security Analysis karya Benjamin Graham, Common Stocks and Uncommon Profits karya Philip Fisher, hingga Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street karya John Brooks.

Nah, buat kamu yang ingin sumbernya dari dalam negeri, beberapa buku seperti Smart Trader Not Gamblers karya Ellen May, Value Investing dan The Calm Investor karya Teguh Hidayat, bisa dibaca.

2. Ikut Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia (BEI)

Belajar saham dari sumber ini
Belajar saham dari sumber ini

BEI gak cuma sebagai tempat jual beli saham. Namun, menyediakan tempat buat orang-orang yang pengin belajar saham.

BEI membuka Sekolah Pasar Modal yang berisi para pengajar yang betul-betul menjadi pelaku pasar modal dan emang expert di bidangnya.

Ada dua Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan BEI, yaitu Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS).

Nah, Sekolah Pasar Modal BEI membuka dua kelas, yaitu kelas tatap muka dan kelas online. Kelas tatap muka diselenggarakan di gedung BEI. Sementara buat kelas online, kamu bisa mendapat edukasi dari video, audio, hingga forum.

Ada dua level yang bisa dipilih orang-orang di Sekolah Pasar Modal, yaitu level 1 dan level 2. Level 1 ditujukan buat masyarakat yang belum jadi investor saham, sementara level 2 adalah workshop investasi buat yang telah jadi investor.

Buat mengikuti kelas di Sekolah Pasar Modal, kamu harus menyetor dana Rp 100 ribu. Modal tersebut nantinya digunakan untuk membuka rekening saham dan sebagai modal investasi saham.

3. Baca-baca website finansial

Belajar saham dari sumber ini
Belajar saham dari sumber ini

Kalau kamu senang mencari informasi dengan browsing, ada beberapa website finansial yang bisa diandalkan buat belajar saham. Mulai dari Investopedia, Yahoo! Finance, The Motley Fool, Wall Street Journal, MSN Money, hingga Seeking Alpha.

Dari website finansial tersebut, kamu bisa memperoleh informasi dasar seputar saham, cara-cara, tips-tips, hingga trik-trik. Website-website tersebut sering memperbarui informasinya dengan berita-berita terkini.

Di Indonesia juga ada beberapa website finansial yang bisa jadi sumber pembelajaran investasi saham. Seperti, Yuk Nabung Saham, TeguhHidayat, hingga Ellen-May.

Kamu juga bisa belajar saham di MoneySmart. Ada beberapa artikel seputar investasi yang bisa membantu kamu semakin paham soal saham. Selain itu, bahasa yang digunakan juga enteng, dan mudah dimengerti.

4. Install aplikasi belajar saham

Belajar saham dengan instal aplikasi
Belajar saham dengan instal aplikasi

Kalau selama ini kamu tahu aplikasi saham untuk jual beli saham, ternyata ada beragam aplikasi bisa menjadi sumber pengetahuanmu mengenai saham.

Contohnya, Investmate. Aplikasi saham yang satu ini dibikin dengan tujuan mengedukasi banyak orang mengerti soal saham. Bahkan, kamu masih bisa belajar saat aplikasi dalam kondisi offline.

Selain itu, kamu juga bisa dapat banyak pelajaran saham dari aplikasi Trading Game hingga Stock Trainer. Enaknya belajar di aplikasi, kamu bisa merasakan simulasi investasi saham.

Itu tadi sumber informasi yang bisa membantu kamu belajar saham. Kalau bisa, pelajari semua sumber tersebut biar makin paham. Semoga informasi ini bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!