Kamu Hobi Beli Oleh-Oleh? Ini Dia 7 Tempat Belanja Murah di Kuala Lumpur

5 menit
Tempat belanja murah selalu menjadi idaman setiap wisatawan asing yang datang ke sebuah negara.

Melakukan perjalanan wisata dengan biaya minim bukan berarti gak membeli oleh-oleh dong ya? Bujet untuk hal itu bahkan dipisahkan sendiri dari anggaran kebutuhan sehari-hari selama liburan. Apalagi kalau liburannya ke luar negeri, sayang banget kalau sampai pulang dengan tangan kosong.

Malah ada yang sengaja khusus belanja jika bepergian ke sebuah negara lho. Uang untuk belanja tersebut sudah terpisah dari biaya lain-lain termasuk dana darurat. Kamu kah salah satunya? Kalau ya, disarankan sebelum melakukan perjalanan ada baiknya mencari tahu dulu dimana saja lokasi belanja tersebut.

Bagaimana cara kesana, perbandingan harga di tempat lain pun harus kamu pahami. Agar gak zonk begitu tiba disana. Nah, kalau kamu kebetulan lagi atau ada planning ke Malaysia, gak ada salahnya dong cari tahu lokasi wisata belanja populer apa saja.  

Dimana aja sih tempat-tempat yang bisa kamu datangi dan menawarkan harga barang jauh dari pasaran. Kita simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Enam Langkah Strategis Dongkrak Devisa Pariwisata

1. Sungei Wang Plaza

Sungei Wang Plaza (Shutterstock).

Sudah terkenal sejak tahun 1977, Sungei Wang Plaza merupakan pusat oleh-oleh yang terletak di kawasan Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia. Nampak luar, bangunan ini memang betul-betul gak menarik. Tapi siapa sangka di dalamnya banyak produk fashion berkualitas tinggi.

Jadi, jangan anggap sebelah mata mal yang satu ini ya. Meski penampilan luarnya kurang menarik, kamu bakalan terkesima dengan isi di dalamnya. Untuk satu setel pakaian kekinian aja kamu bisa beli di harga mulai dari RM7 atau setara Rp 25 ribu saja.

2. Central Market

Central Market (Shutterstock).

Dilansir laman Malaysia.travel, Central Market yang terletak di jantung Kuala Lumpur dan berjarak tempuh beberapa menit dari Petaling Street merupakan tenggara budaya dan warisan Malaysia yang terkenal. Bangunan ini dibangun tahun 1888 dan awalnya berfungsi sebagai pasar basah. Sejak itu tempat dianggap sebagai bangunan bersejarah.

Wisatawan berbondong-bondong ke Central Market karena beragam kerajinan tangan, seni, kebaya, songket, dan souvenir asli Malaysia. Batik Emporium menjual berbagai label desainer ternama, dengan barang batik buatan Malaysia yang terbaik, mulai dari pakaian, sepatu, tas, hingga perlengkapan rumah.

Panggung terbuka Central Market adalah tempat pengunjung dapat menikmati acara seni dan budaya yang penuh warna. Selama hari raya utama negara, area ini akan semarak dalam tema yang merefleksikan keragaman etnis di Malaysia.

Biasanya, banyak wisatawan berkunjung ke lokasi ini untuk membeli oleh-oleh dengan harga murah meriah. Yang lebih menyenangkan lagi penjual disana semuanya ramah dan sangat terbuka untuk urusan tawar-menawar. Enak kan?

Baca juga: Keunikan Budaya Dayak Jadi Daya Tarik dan Kekuatan Festival Budaya Isen Mulang

3. Jalan Petaling

Jalan Petaling (Shutterstock).

Petaling Street yang merupakan pusat Pecinan terletak di tengah Kuala Lumpur. Masih alami dengan suasana tradisionalnya, terutama di malam hari saat penjual menggelar dagangan di sepanjang jalan.

Kamu dapat berbelanja apa saja mulai dari batu mulia dan dupa, sampai mainan dan kaos oblong. Daya tarik sesungguhnya dari pasar malam ini adalah berjalan-jalan dan menikmati pemandangan, suara dan suasananya.

Di ujung Petaling Street, kamu dapat menjelajah lebih jauh ke Kuil Chan See Shu Yuen yang didirikan tahun 1906. Bagian dalam bangunan ini menampilkan paviliun dengan halaman terbuka, pahatan dan lukisan yang rumit. Dari luar, kuil ini menampakkan patung keramik berglasir yang menaungi fasad dan beratap pegunungan.

4. Bricksfield Little India

Bricksfield Little India (Shutterstock).

Nah kalau kamu ingin merasakan atmosfer India, ini menjadi pilihan yang tepat. Berbeda dengan Petaling, di sini semua pedagangnya pun adalah orang asli India yang sudah mahir bahasa Melayu.

Kalau kamu mencari oleh-oleh khas India juga banyak tersedia di sini. Namun, kamu perlu hati-hati juga ya. Jangan sampai sudah menawar kamu malah gak jadi beli, mereka bakal marah besar lho! Jangan bawa kebiasaan buruk itu kalau di luar negeri.

Baca juga: Visit the Heart of Borneo Menjadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Kalimantan

5. Kasturi Walk

kasturi walk Kuala Lumpur (Shutterstock).

Gak jauh dari Central Market, Kasturi Walk membuat pandanganmu gak lepas menoleh ke kanan dan kiri. Di sepanjang lorong hampir lima meter ini kamu bakalan melihat berbagai macam pernak-pernik yang menarik.

Di pagi hari, di lokasi ini banyak yang menjual sarapan praktis. Sementara memasuki waktu siang, banyak penjaja pernak-pernik murah seperti dompet, sepatu, tas dan lainnya mulai bermunculan.

Di sore hari, pedagang gorengan khas Malaysia mulai bermunculan. Mereka menjual fish cake, durian goreng, dan buah potong. Sambil belanja, gak ada salahnya juga kan kulineran.

6. Bukit Bintang

Bukit bintang, Malaysia (Shutterstock).

Nah, kalau ke Malaysia pasti kamu bakalan sering dengar nama ini direkomendasikan. Kawasan yang satu ini memang gak pernah sepi dari wisatawan. Bahkan di sini ada pavilion yang menjual brand fesyen Eropa dan Amerika dengan harga cukup terjangkau.

Gak sampai 500 meter, kamu sudah bisa menemukan Sephora yang mana merupakan surganya kosmetik. Menarik banget kan? Gak cuma dapat pakaian, kosmetik dan aksesoris juga bisa kamu bawa pulang sekaligus. Jadi gak perlu capek-capek pindah lokasi.

Lot 10 juga menjadi pusat belanja di Bukit Bintang seperti brand Zara, H&M, atau Topshop. Terakhir, ada Low Yat Plaza yang menjadi pusat belanja gadget maupun teknologi paling lengkap dan murah. Mulai dari kamera, handphone, laptop, televisi, dsb. Konon semua produk yang ada di Low Yat Plaza belum tentu dapat dijumpai si cabang store lainnya lho.

7. Jalan Alor

Jalan Alor (Shutterstock).

Mulai buka dari pukul lima sore, di sepanjang jalan ini kamu bakal melihat pusat kuliner terbesar di Malaysia. Mulai dari makanan Melayu, Timur Tengah, Indonesia, Korea hingga Jepang semua ada di satu lokasi ini.

Gak heran, banyak wisatawan kebingungan sangking pengin mencicipi semua hidangan yang ada di sini. Mulai dari pecinta beer, snack, maupun hidangan ayam bisa kamu temui di sini. Bergeser sedikit ke belakang, kamu bisa menemukan mini pub atau pijat refleksi yang mampu mengobati lelah di kakimu.

Nah itu tadi tempat belanja murah yang ada di Kuala Lumpur. Usahakan belanja dengan bujet yang sudah disiapkan. Jangan sampai kamu kalap dan malah menghabiskan semua tabunganmu.  Kalau begini jadinya kamu bakalan jatuh miskin dan sakit kepala usai berlibur. Gak mau kan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan