Selama Ramadan Warganet Habiskan Uang Rp 1,2 Juta buat Belanja Online

2 menit
Belanja Online Kebutuhan Lebaran (Shutterstock)
Selama Ramadan Warganet Habiskan Uang Rp 1,2 Juta buat Belanja Online, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bulan Ramadan emang menjadi momentum bagi semua orang buat belanja online. Entah buat Lebaran atau emang mau stok barang aja. Nah, sebuah hasil riset menunjukkan selama bulan Ramadan, warganet habiskan uang Rp 1,2 juta buat belanja online.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Minggu, (12/5/2019), riset dari agregator e-commerce ShopBack menunjukkan rata-rata orang kebanyakan belanja saat bulan Ramadan itu menghabiskan uang Rp 1,2 juta buat belanja online.

“Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditunjukkan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp 1,2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya,” ujar Kepala Pengembangan Bisnis ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha seperti dikutip dari Okezone.com.

Belum lama ini ShopBack melakukan survei lebih dari 6.500 koresponden di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Tahu gak kalau seperempat dari mereka itu mengalokasikan uang THR-nya buat dibelanjakan online entah itu membeli pakaian maupun barang-barang lainnya.

Baca juga: Ini Dia 10 Mal Termewah di Dunia, Ada Theme Park Sampai Hotel!

Banyak promo dan cashback menjadi salah satu pemicu orang banyak belanja online saat Ramadan

belanja online
Banyaknya promo dan cashback pemicu orang banyak belanja di bulan Ramadan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ya, kemudahan dalam belanja online emang sangat dirasakan oleh kebanyakan orang di Indonesia, terutama yang tinggal di kota besar seperti Jakarta ini. Praktis dan cepat menjadi salah satu kunci orang memilih buat belanja online.

ShopBack melihat banyak warganet yang bijak mengalokasikan THR mereka buat berbelanja online sejak tahun 2017. Banyak responden yang menghabiskan hanya seperempat dari THR buat memutuskan belanja lewat e-commerce naik menjadi 53,5 persen dari 38 persen di tahun 2017.

Banyaknya promo diskon dan cashback menjadi hal paling menggoda nih bagi warganet buat berbelanja online di bulan Ramadan. Gimana gak menggiurkan, banyak banget aneka promo dan diskon yang diberikan oleh e-commerce ke pelanggannya.

Saat bulan Ramadan, persentasenya orang belanja online itu mencapai 79,4 persen. Sedangkan lainnya lebih memilih mempertimbangkan harga murah yakni sebanyak 8,4 persen dan 4,5 persen lainnya memilih karena efisiensi.

Nah, itu dia sedikit cerita banyaknya orang belanja online di bulan Ramadan. Boleh belanja asalkan kamu pintar-pintar ya dalam mengelola uang, jangan sampai mengalami tongpes udah gitu bikin utang bertambah. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!