Kalau Kartu Kredit Bisa Kasih Cicilan Tanpa Bunga, Gimana dengan Paylater?

3 menit
Kartu kredit sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini (Shutterstock).
Kartu kredit sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini (Shutterstock).

Kampanye penggunaan paylater kian gencar seiring kegunaannya yang mirip-mirip dengan kartu kredit. Bedanya, hanya di medianya, kartu dan aplikasi. 

Paylater sendiri muncul sebagai solusi buat siapa pun yang pengin ambil cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit. Rata-rata orang yang gagal mendapat kartu tersebut bakal beralih ke paylater supaya bisa mencicil pembayaran barang yang diinginkan.

Belakangan nih inovasi paylater berkembang sebagai solusi buat meminjam uang lho. Makin mirip-mirip dengan credit card, kan? Nah, kira-kira dari kedua solusi pembayaran ini, manakah yang menguntungkan? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Bunga Terkini OVO PayLater, Traveloka PayLater, Gojek PayLater, hingga Kredivo

Antara bunga kartu kredit dan paylater, lebih rendah mana?

Kartu Kredit
Penggunaan kartu kredit di merchan (Shutterstock).

Di sinilah letak perbedaannya. Walaupun ada kesamaan di beberapa paylater, bunga kartu kredit jelas berbeda dengan paylater.

Bank Indonesia (BI) dalam aturannya menetapkan bunga kartu kredit maksimal 2,25 persen. Itu berarti bank gak boleh menetapkan bunga cicilan lebih dari 2,25 persen.

Menariknya nih kamu bisa menikmati bunga 0 persen lho dalam setiap cicilan yang kamu ambil. Keuntungan ini bisa dinikmati asalkan merchant di mana kamu membeli barang emang bekerja sama dengan bank dalam rangka program cicilan bunga 0 persen.

Terus nih bunga 0 persen ini tetap berlaku selama cicilan dibayarkan sebelum atau pas jatuh tempo. Kalau lewat dari jatuh tempo, cicilan kamu bakal dikenakan bunga 2,25 persen plus denda keterlambatan.

Lalu, gimana dengan bunga paylater? Sebagai gambaran, berikut ini tersaji tabel dari beberapa aplikasi penyedia paylater serta besaran bunga yang dipatok.

Fitur Paylater Bunga per bulan
OVO PayLater 2,9 %
Traveloka PayLater 2,14 – 4,78 %
Gojek PayLater Rp 25 ribu
Kredivo 0 – 2,95 %

 

Sama seperti kartu kredit, beberapa paylater juga mengenakan bunga 0 persen lho. Syaratnya, cicilan bisa bebas bunga asalkan dicicil selama satu bulan.

Tenor cicilan dibanding paylater, lebih lama mana?

Kartu Kredit
Paylater (Shutetrstock)

Soal tenor, banyak orang yang pengin cicilan dalam waktu yang panjang. Gak sedikit juga yang pengin cicilan dalam waktu yang singkat. 

Alasannya sih kalau tenor lama, nilai cicilannya lebih kecil. Sementara orang-orang yang ambil tenor singkat beralasan gak pengin berlama-lama punya utang.

Terus berapa lama tenor cicilan kartu kredit dan paylater? Kalau kartu kredit sendiri, umumnya nih mengenakan tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan. Ada juga yang kasih tenor 18 bulan hingga 24 bulan lho.

Begitu juga dengan tenor paylater yang kasih waktu cicilan maksimal selama 12 bulan. Bedanya cuma tersedianya tenor 1 bulan pada paylater. Kalau pun mau, kamu bisa ambil tenor 3 bulan ataupun 6 bulan di paylater.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Pinjaman Pendidikan

Soal biaya-biaya, banyakan kartu kredit atau paylater?

Kartu Kredit
Menghitung biaya besaran paylater (Shutterstock).

Ini juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan mau pilih kartu kredit atau paylater. Soalnya, dihitung-hitung gak untung juga kalau banyak biaya yang dikenakan sekalipun bunganya kecil.

Di kartu kredit ada biaya tahunan (annual fee) yang rutin dibayarkan pengguna alat pembayaran nontunai ini tiap tahunnya. Besaran biaya tahunan ini beda-beda di setiap bank. Sebagai gambaran, berikut ini besaran biaya tahunan (annual fee) beberapa bank di Indonesia.

Jenis kartu kredit Biaya tahunan (kartu kredit utama)
BCA Everyday Card Rp 125.000
BCA Card Platinum Rp 250.000
BCA Card Indomaret Rp 125.000
BCA Mastercard Platinum Rp 450.000
BCA Mastercard Matahari Rp 125.000
BCA Visa Batman Rp 125.000
BCA Visa Black Rp 450.000
BCA Visa Platinum Rp 450.000
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature Rp 500.000
BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Rp 1.000.000
BRI Easy Card Rp 250.000
BRI Platinum Rp 600.000
BRI JCB Platinum Rp 300.000
BRI Wonderful Indonesia Rp 600.000
BRI World Access Rp 1.000.000
BRI Touch Gratis (kalau aktifkan kartu BRI lain)
BRI Business Card Gratis
BRI Infinite Rp 2.400.000
Mandiri Signature Rp 900.000
Mandiri JCB Precious Rp 500.000
Mandiri Skyz Card Rp 300.000
Mandiri Pertamina Card Rp 400.000
Mandiri Hypermart Card Rp 200.000
CIMB Niaga Classic Rp 125.000
CIMB Niaga Platinum Rp 600.000

 

Sementara biaya paylater, berikut ini besarannya yang berbeda-beda di setiap penyedia.

Fitur paylater Biaya
OVO PayLater 5 % dari nilai transaksi
Traveloka PayLater
Gojek PayLater
Kredivo 1 persen dari nilai transaksi atau lebih

 

Nah, itu tadi perbandingan antara keduanya. Oh, iya. Soal biaya, ada yang namanya denda keterlambatan kalau kamu telat bayar. Besarannya pun beda-beda di setiap penyedia. 

Nah, kira-kira berdasarkan informasi di atas, mana yang kira-kira menguntungkan? Belanja pakai kartu kredit atau paylater? (Editor: Winda Destiana Putri). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!