4 Kiat Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit Jelang Lebaran

2 menit
Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit (Shutterstock)
Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit (Shutterstock)

Menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya kebutuhan keluarga dan pribadi meningkat. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan lainnya seperti pakaian, makanan, hingga souvenir lebaran.

Peningkatan konsumsi inilah yang mengakibatkan meningkatnya intensistas belanja dibandingkan dengan hari-hari biasa. Apalagi jika telah memiliki kartu kredit dengan limit yang besar.

Nafsu konsumtif akan semakin meningkat seiring dnegan berbagai penawaran diskon hingga promosi menarik.

Bagi pengguna kartu kredit mungkin akan merasa dana dalam limit kartu kredit bisa menambal kebutuhan jelang hari raya. Namun harus diingat bahwa ada tagihan setiap bulan yang harus dibayarkan bila menggunakan kartu kredit.

1. Perhatikan Kondisi Finansial

Sebelum terjebak dengan lilitan tagihan kartu kredit setiap bulan. Ada baiknya memperhatikan kondisi finansial dalam beberapa bulan terkahir, hal ini penting guna mengetahui kemampuan finansial apakah sudah bijak atau malah boros menggunakan anggaran.

Dengan memerhatikan kondisi finansial juga bisa mengukur kemampuan daya beli menjelang hari raya. Selain juga menentukan skala prioritas dalam menggunakan dana dengan bijak.

Sebaiknya tidak menjadikan kartu kredit sebagai sumber utama dana untuk hari raya. Meskipun dana tersebut dapat digunakan saat berbelanja, gunakanlah sebagai dana cadangan atau dana darurat.

2. Jangan Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit

Saat ini beberapa bank penyedia kartu kredit telah mengeluarkan fasilitas penarikan dana secara tunai layaknya kartu debit. Akan tetapi hal ini perlu dihindari agar pengeluaran tidak membengkak jelang hari raya.

Sebab, penarikan dana tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya tambahan. Dengan adnaya biaya tambahan inilah yang membuat pengeluaran akan semakin membesar jika dilakukan secara berulang-ulang.

3. Perhatikan Promo dan Program Cashback

Saat ini program promosi berupa potongan harga hingga cashback gencar dilakukan jelang lebaran. Sebaiknya sebelum terjebak dengan promosi abal-abal ini sebaiknya lebih teliti dan cermat dalam memperhatikan syarat dan ketentuan promosi.

Bisa saja promo tersebut membuat kita semakin bernafsu untuk berbelanja dengan banyak secara tidak sadar. Berakibat pada pengeluaran yang membengkak.

Sebab, umumnya program diskon tersebut karena yang terjadi kadang pedagang mematok harga lebih mahal. Mereka sengaja memancing agar konsumen lebih boros. Dengan ini konsumen tidak terlalu terbuai dalam menyikapi berbagai tawaran diskon dan promosi jelang Lebaran.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Pemilik kartu kredit tentu memiliki kewajiban membayarkan tagihan setiap bulan atas penggunaan pengeluaran setiap bulannya.

Bijaknya bayarkan tagihan setiap bulan tepat waktu agar tidak menunggak dan mendapatkan pinalti denda yang terus meningkat jika tidak dibayarkan.

Saat momen lebaran tentu menjadi waktu yang sangat padat, mudik ke kampung halaman, silaturahmi kepada orang tua. Selain kerabat, dan saudara, hingga liburan, dengan kesibukan yang begitu padat ada baiknya jangan lupa dengan kewajiban membayar tagihan kartu kredit setiap bulan.

Jika ingin nyaman berlebaran, lunasi seluruh tagihan yang menunggu pembayaran. Jangan sampai sesaat lebaran tiba berbagai tagihan menumpuk dan membuat beban keuangan meningkat.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.