Investasi Saham Belum Afdol Kalau Gak Beli Emas, Kenapa? Ini Alasannya

4 menit
Emas batangan
Emas batangan (Shutterstock)

Belakangan ini harga emas, termasuk emas batangan lagi menjadi perhatian. Pasalnya, harganya merangkak naik sejak beberapa hari yang lalu. Tentu saja kondisi menggembirakan buat mereka yang berinvestasi emas.

Saat ini harga emas batangan Antam per gramnya seperti yang dikutip dari Harga Emas Hari Ini berada di level Rp 716 ribu. Padahal, sebelumnya di bulan Mei, harga emas berada di kisaran Rp 660 ribuan.

Dengan adanya fenomena kenaikan harga ini, pastinya investasi emas batangan semakin menarik di mata banyak orang. Pasalnya, investasi emas dinilai aman dan cukup menguntungkan meski gak lebih dari keuntungan saham.

Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa kamu mesti investasi emas batangan. Dikutip dari Investopedia, berikut alasan-alasannya:

1. Nilainya dari dulu hingga sekarang tetap berharga

Emas batangan
Nilai emas batangan dari dulu sampai sekarang tetap berharga

Sejak zaman dulu emas telah digunakan orang-orang sebagai alat tukar. Dipilihnya logam mulia ini gak mudah korosi dan bisa dibentuk karena bisa dilelehkan panas api.

Terus warnanya yang kemilau dan indah menjadikan emas begitu menarik. Dengan karakteristik tersebut, emas kemudian punya nilai sehingga dimanfaatkan orang-orang mempertahankan kekayaaan yang bisa diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga: Mau Beli Emas? Jangan Lupa Cek Harga Terbarunya di Sini Per Hari Ini

2. Investasi yang menguntungkan pada saat nilai dolar turun

Emas batangan
Emas batangan investasi yang menguntungkan saat harga dolar turun

Setelah bank sentral Amerika Serikat The Fed menurunkan suku bunga acuan, harga jual emas batangan beranjak naik. Pada saat yang sama pula, nilai tukar dolar terhadap mata uang lainnya melemah alias nilai dolar menurun.

Diturunkannya suku bunga The Fed bikin dolar jadi gak menarik di mata investor. Dana investasi pun kemudian dialihkan dengan membeli emas. Harga emas pun kemudian naik karena tingginya permintaan.

3. Melindungi kekayaan dari inflasi

Emas batangan
Emas batangan melindungi kekayaan inflasi

Inflasi yang berlebihan emang gak baik buat banyak orang. Sebab, dampaknya bikin nilai uang atau kekayaan orang tergerus. Itulah kenapa pentingnya investasi agar terhindar dari dampak inflasi ini.

Berinvestasi emas batangan menjadi cara yang membantu buat terhindar dari dampak buruk inflasi. Saat inflasi bertambah tinggi, emas tetap stabil dan gak terkena dampak negatif dari inflasi.

4. Cocok sebagai pilihan investasi saat situasi gak pasti

Emas batangan
Emas batangan cocok untuk investasi saat situasi gak pasti

Ketidakpastian mendorong peningkatan harga emas. Seperti yang terjadi sekarang ini, perang dagang masih berlanjut memunculkan ketidakpastian mengenai kondisi ekonomi ke depannya.

Investor pun ragu-ragu berinvestasi saham dan sebagai gantinya, memilih emas batangan buat mengamankan kekayaannya. Gak heran, emas disebut sebagai safe haven, yaitu pilihan investasi yang minim risiko.

5. Ketersediaan emas terbatas

Emas batangan
Ketersediaan emas batangan terbatas

Terbatasnya ketersediaan emas bikin harganya cenderung naik. Apalagi kalau permintaan terhadap logam mulia ini sedang tinggi-tingginya.

Sekadar diketahui, sebagian besar persediaan emas di seluruh dunia berasal dari bank sentral sejak 1990-an. Menariknya, produksi emas batangan yang berasal dari pertambangan cenderung menurun sejak tahun 2000.

Sejauh ini ada dua versi yang memperkirakan ketersediaan emas di dunia. Versi pertama dari Thomson Reuters GFMS yang menyebut angka totalnya 171.300 ton. Sementara versi kedua dari James Turk, pendiri Gold Money, yang memperkirakan jumlahnya 155.244 ton.

6. Selalu ada permintaan terhadap emas

Emas batangan
Selalu ada permintaan terhadap emas batangan

Alasan lainnya mengapa berinvestasi emas batangan karena permintaan terhadap logam mulia ini jarang sepi. Faktor inilah yang kemudian mendorong naiknya harga emas.

Di beberapa negara emas sendiri telah menjadi bagian dari kebudayaan sehingga membuat keberadaan logam mulia ini dibutuhkan. Contohnya aja di India. Emas dimanfaatkan sebagai perhiasan yang harus dihadirkan dalam perayaan pernikahan.

Contoh lainnya di China. Emas dimanfaatkan sebagai bentuk tabungan tradisional. Di Indonesia pun juga demikian. Emas gak cuma dipandang sebagai perhiasan, tapi juga pilihan tabungan yang pas.

7. Sebagai bentuk diversifikasi portofolio investasi

Emas batangan
Emas batangan sebagai bentuk diversifikasi portofolio investasi

Dalam berinvestasi, penting sekali melakukan diversifikasi portofolio agar meminimalkan kerugian berinvestasi di satu pilihan. Kunci dari diversifikasi adalah menemukan investasi yang gak berkorelasi erat satu sama lain.

Menariknya nih investasi emas batangan punya korelasi negatif dengan investasi saham. Makanya emas dibeli para investor ketika harganya murah supaya memperkecil kerugian dari investasi saham kalau harga saham turun.

Itulah beberapa alasan kenapa memiliki emas batangan penting banget buat investasi. Kamu sendiri yang udah investasi saham, udah memiliki emas belum sebagai bagian diversifikasi? (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!