7 Bencana Alam Terbesar dan Termahal Sejagat dengan Biaya Pemulihan Rp 4.239 T!

4 menit
bencana alam
Gempa sichuan salah satu bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Bencana alam selalu menjadi momok menakutkan bagi siapapun yang terkena dampaknya. Entah tu dari korban langsung, hingga pemerintah yang bertanggung jawab menanggulanginya sampai beres.

Sebagai manusia biasa, kita gak bisa menghindari musibah satu ini gimanapun caranya. Udah terdapat ratusan ribu bahkan jutaan korban jiwa yang disebabkan.

Bukan cuma kerugian secara moral serta psikis, tetapi juga menimbulkan biaya penanggulangan yang tergolong banyak mulai dari infrastruktur, aktivitas ekonomi sampai kehidupan sosial masyarakat.  

Ditambah lagi, semua itu membutuhkan proses yang lama dan sulit tergantung skala keparahan yang terjadi.

Baru-baru ini, Indonesia juga mengalami kejadian serupa, tepatnya di kota Palu, Sulawesi Tengah. Pemerintah membutuhkan uang sekitar Rp 30 miliaran guna biaya rehabilitasi dan rekonstruksi.

Jika dibandingkan dengan bencana alam tersebut, paling gak ada tujuh peristiwa lainnya yang memakan biaya paling besar di dunia. 

Penasaran apa aja? Mending kita langsung lihat aja yuk daftar lengkapnya di sini:

7. Badai Sandy – Rp 1.000 triliunan

Bencana alam
Badai sandy bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Mengutip dari Business Pundit, bencana alam yang memakan biaya termahal nomor tujuh di dunia adalah badai Sandy yang terjadi di Benua Amerika tahun 2012 lalu. Tercatat, ada delapan negara yang merasakan dampak dahsyat dari angin ini.

Bahkan, kecepatan pusarannya sampai 185 kilometer per jam, cukup untuk memporak pondakan seluruh isi kota karena termasuk dalam badai kategori tiga. Di Jamaika, paling gak 70 persen kepala keluarga terkena imbasnya.

Dana yang dibutuhkan merestrukturisasi semua wilayah yang terkena badai Sandy mencapai US$ 75 miliar atau setara Rp 1.000 triliunan rupiah.

Baca juga: Nih 5 Cara Buat Pastikan Donasi Tersalurkan ke Tangan yang Membutuhkan

6. Badai Irma – Rp 1.130 triliunan

bencana alam
Badai irma bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Menduduki peringkat keenam, ada badai Irma pada tahun 2017 yang merupakan badai paling kuat di Samudra Atlantik semenjak 2005 lalu.

Dalam data terekam bahwa kecepatan badai Irma mencapai puncaknya di angka 297 kilometer per jam dan masuk dalam kategori 5. Kejadian ini terjadi di wilayah kepulaian Virgin, Barbuda dan beberapa kepulauan kecil di laut Karibia. Jumlah korban yang meninggal adalah 102 jiwa.

Total kerugian ekonomi yang disebabkan oleh angin tersebut mencapai US$ 80 miliar atau setara Rp 1.130 triliunan.

5. Bencana alam gempa Sichuan – Rp 2.092 triliunan

bencana alam
Gempa sichuan bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Berada di dataran China pada tahun 2008 tepatnya di kota Sichuan terjadi gempa hebat yang kekuatannya delapan skala richter. Saking dahsyatnya, getaran gempa itu terasa sampai Kota Shanghai yang jauhnya 2.600-an kilometer.

Dengan dampak seperti itu, udah dipastikan banyak gedung dan rumah di Kota Sichuan yang hancur berkeping-keping. 374 ribu orang luka-luka dan 100 ribu korban jiwa.

Pemerintah China dengan segera mengeluarkan dana sampai US$ 148 miliar atau sama dengan Rp 2.092 triliunan.  Hampir setara dengan jumlah APBN negara Indonesia.

4. Badai Katrina – Rp 2.473 triliunan

bencana alam
Badai katrina bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Nama badai Katrina mungkin udah gak asing lagi sama kamu. Pasalnya, pada tahun 2005 lalu bencana alam ini menjadi salah satu yang paling parah di Amerika Serikat.

Kecepatan anginnya menembus kategori lima karena sampai 280 kilometer per jam ketika itu. Wilayah yang merasakan dampak paling parah adalah New Orleans, Alabama dan Mississippi. Sedikitnya ada 1.836 korban jiwa yang nyawanya direnggut.

Pihak pemerintah menyiapkan dana sekitar US$ 175 miliar atau setara Rp 2.473 triliun untuk membangun lagi kota yang rusak.

3. Badai Harvey – Rp 2.684 triliunan

bencana alam
Badai harvey bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Beberapa waktu sebelum badai Irma menerjang, wilayah Amerika Serikat sempat diterjang badai Harvey yang kecepatannnya menyentuh 209 kilometer per jam.

Kehancuran yang dibawa Harvey sangat parah karena lokasinya sempat memasuki wilayah padat penduduk di Texas. Gak hanya kehancuran, tapi badai ini juga mengakibatkan banjir yang parah di pusat kota dan memaksa sekitar 30 ribu jiwa mengungsi.

Biaya yang harus dikeluarkan sekitar US$ 190 miliar atau setara Rp 2.684 triliunan.

2. Gempa bumi Hanshin – Rp 2.827 triliunan

bencana alam
Gempa bumi hanshin bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Bencana alam paling merusak nomor dua adalah gempa bumi yang terjadi tahun 1995 di Kota Hanshin, Jepang. Beberapa orang mengenalnya dengan gempa Kobe karena kota itu lebih dikenal masyarakat dunia.

Kekuatan gempanya hanya 6,9 skala richter namun karena lokasinya dekat dengan daratan menjadikan angka itu sangat menghancurkan seisi kota. 6.434 orang meninggal dunia dan 43.792 cedera.

Untuk biaya rehabilitasi dan infrastruktur pemerintah menyediakan anggaran mencapai US$ 200 miliar atau setara Rp 2.827 triliunan.

1.   Gempa bumi dan tsunami Tohoku – Rp 4.239 triliun

bencana alam
Gempa bumi dan tsunami Tohoku bencana alam terbesar dan termahal di dunia (businesspundit.com)

Musibah paling menghancurkan di seluruh dunia dialami oleh Jepang yang terjadi tahun 2011 lalu. Gak cuma satu fenomena alam aja, melainkan dua sekaligus.

Setelah terjadi gempa yang berkekuatan 9 skala richter, muncul tsunami besar melanda kota di perfektur Miyagi. 15.894 orang tercatat meninggal dunia dan 6.152 lainnya luka-luka.

Kocek yang harus dikeluarkan pemerintah Jepang sangat fantastis mencapai US$ 300 miliar atau Rp 4.239 triliunan.

Itulah tujuh bencana alam paling merusak sekaligus mahal yang pernah terekam. Semoga ke depannya gak ada lagi musibah seperti itu yang menimpa dunia ya, guys! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!