Berani Terima Kritik, Salah Satu Kunci Sukses Taylor Swift yang Wajib Diterapkan

5 menit
Aksi Taylor Swift saat tur ke pelbagai negara (Instagram).

Kamu sebagai generasi milenial pasti tahu atau setidaknya pernah dengar tentang Taylor Swift. Bernama lengkap Taylor Alison Swift, adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat yang baru berusia 28 tahun.

Melansir laman Wikipedia, penyanyi muda berbakat yang dibesarkan di Pennsylvania ini menandatangani kontrak dengan label independen Big Machine Records dan menjadi penulis lagu termuda yang pernah dipekerjakan oleh Sony/ATV Music publishing house.

Album debut yang berjudul sama seperti namanya pada tahun 2006 berada dinomor lima di Billboard 200. Single ketiga album, “Our Song”, menjadikannya sebagai orang termuda yang sendirian menulis dan membawakan sebuah lagu nomor satu di tangga lagu Hot Country Songs. Album kedua Swift, Fearless, dirilis pada tahun 2008.

Didukung oleh keberhasilan single “Love Story” dan “You Belong with Me”, Fearless menjadi album terlaris tahun 2009 di Amerika Serikat. Album ini memenangkan empat Grammy Awards, membuat Swift menjadi pemenang termuda Album of the Year.

Swift merupakan penulis tunggal di albumnya tahun 2010, Speak Now. Album ini debut dinomor satu di Amerika Serikat dan single “Mean” memenangkan dua Grammy Awards. Album keempatnya, Red (2012), menghasilkan single sukses “We Are Never Ever Getting Back Together” dan “I Knew You Were Trouble”.

Untuk album kelimanya, yang berfokus ke pop 1989 (2014), dia mendapatkan tiga Grammy, dan menjadi wanita pertama dan kelima keseluruhan yang memenangkan Album of the Year dua kali. Single-single dari album seperti “Shake It Off”, “Blank Space”, dan “Bad Blood” berada di nomor satu di AS, Australia, dan Kanada.

Album keenam Swift, Reputation (2017) dan single utamanya “Look What You Made Me Do” memuncaki tangga lagu Amerika Serikat dan Britania Raya; dengan album ini, dia menjadi orang pertama yang mempunyai empat album terjual satu juta kopi dalam seminggu di Amerika Serikat.

Swift merupakan salah satu dari artis musik terlaris sepanjang sejarah. Dia telah menjual lebih dari 40 juta album—termasuk 27.8 juta di AS—dan 130 juta single unggahan. Sebagai seorang penulis lagu, dia telah menerima penghargaan dari Nashville Songwriters Association dan Songwriters Hall of Fame, dan masuk kedalam 100 Penulis Lagu Terbaik Yang Pernah Ada oleh majalah Rolling Stone pada tahun 2015.

Dia juga merupakan pemenang dari 10 Grammy, satu Emmy, 23 Billboard Music Awards, dan 12 Country Music Association Awards, dan dia memegang enam Guinness World Records. Dia pernah masuk dalam 100 orang paling berpengaruh di dunia (2010 dan 2015) oleh majalah Time dan daftar wanita berpenghasilan tertinggi dalam bidang musik (2011–2015) oleh majalah Forbes, 100 most powerful women (2015), dan Celebrity 100 (2016). Kemunculannya untuk ketiga kali di daftar ini menjadi wanita termuda dalam daftar, dan dia berada di nomor satu di Celebrity 100.

Fantastis bukan? Di usia yang masih sangat muda membuat Swift mendapatkan penghargaan segitu banyaknya. Nah, kali ini Swift membagikan tips sukses seperti dirinya. Pengin tau, simak yuk artikel berikut.

1. Sadar diri

Kesadaran diri menurut Swift sangat dibutuhkan selama berkarier (Instagram).

Kesadaran diri menurut Swift sangat dibutuhkan selama berkarier. Sesukses apapun kariernya saat ini, dia tetaplah manusia. Itu artinya dia tahu kapan harus merasakan rendah hati, tidak selalu merasa hebat berkat kemampuan yang dimiliki.

Menurut dia, kadang banyak artis ketika sudah berada di posisi tertinggi, menjadi besar kepala dan menganggap dirinya paling hebat, itu yang sangat berbahaya. Cukup dengan menjadi diri sendiri meski telah sukses dan memiliki banyak uang. Saling tolong menolong antar sesama agar ketentraman hati bisa diraih, begitu menurut penyanyi berbakat ini.

“Jadi buat kamu yang saat ini sedang merasakan hal buruk di tempat kerja, jangan terlalu diambil pusing. Apalagi jika kamu tidak melakukan hal buruk tersebut. Anggap saja itu fase kehidupan dan akan berlalu dengan seketika. Dan jika kamu saat ini sedang berada di posisi tinggi, tetaplah membumi, jangan angkuh apalagi menindas,” papar Swift.

2. Berteman baik

Swift selalu menyeimbangkan hidup dengan membuat dirinya dikelilingi oleh teman-teman (Instagram).

Jangan pernah hidup untuk mencari musuh, tapi carilah teman sebanyak-banyaknya, meski gak semua temanmu baik. Swift selalu menyeimbangkan hidup dengan membuat dirinya dikelilingi oleh teman-teman. Tentu teman yang memberikan dia energi positif, bukan seseorang yang memanfaatkan ketenaran namanya.

Carilah seseorang, baik di kantor atau di lingkungan pergaulan yang ketika berada dekatnya, kamu merasa hangat, aman, dan bisa menjadi diri sendiri. Waktu bersama orang itu pasti akan cepat berlalu, tetapi dengan energi positif yang kamu dapat, hidupmu tentu lebih berguna.

Jangan pernah menjadi diri sendiri seperti orang lain. Berteman boleh dengan siapapun, tapi tetap kamu harus hati-hati, karena meskipun sudah berbuat baik, kebaikan tersebut belum tentu diterima oleh mereka. Dan tetap, jangan kapok berbuat baik meski kamu tidak mendapatkan yang sebaliknya.

3. Berani menerima kritik

Orang sukses adalah mereka yang berani menerima kritik (Instagram).

Orang sukses adalah mereka yang berani menerima kritik. Itu juga yang dilakukan oleh Swift selama memulai kariernya di dunia tarik suara.

“Ketika saya mengeluarkan lagu untuk single, dan temanku tidak setuju, mereka langsung mengatakannya. Dan itu tidak membuat saya buruk sama sekali. Saya menghargai opini mereka, kejujuran adalah tanda untuk sukses. Dan kuncinya adalah berani menerima kejujuran atau kritikan itu dengan rendah hati,” papar Swift.

Menurut dia, banyak orang yang bermasalah dengan kritik. Selalu menganggap diri mereka benar. Memiliki kepercayaan diri tinggi berbeda dengan tidak bisa menerima kritikan. Coba dengarkan masukan dari orang lain untuk membangun kepribadianmu. Tersinggung sedikit wajar, asalkan bisa lebih baik ke depannya.

4. Tahu kapan harus berhenti

Meskipun lagu-lagu Swift selama ini diputar dimana-mana, dia tahu kapan waktu orang jenuh dengannya (Instagram).

Meskipun lagu-lagu Swift selama ini diputar dimana-mana, dia tahu kapan waktu orang jenuh dengannya. Ketika waktu itu tiba, dia akan menjaga jarak dari dunia hiburan, dan menentukan kapan akan meluncurkan karya kembali.

Bagi Swift, melakukan sesuatu secara terus menerus tanpa tahu kapan waktu untuk rehat bukan membawanya pada kesuksesan. Secara garis besar, itu memang menambah pundi-pundi keuangannya, tetapi tidak untuk kebahagiaannya.

“Adakala kamu harus istirahat sejenak, ambil waktumu untuk melakukan hal lain yang diinginkan. Berhentilah sesekali dari rutinitas harianmu, jangan terlalu keras bekerja.”

5. Ingat fokus dari apa yang kamu kerjakan

Ia menjalani serangkaian kegiatan tur dengan senang hati tanpa mengeluh sedikitpun (Instagram).

Tur keliling dunia, tampil dari panggung ke panggung, tentu membuat Swift kelelahan. Tapi dengan mengingat fokus dan tujuan karier, Swift mengubah lelah tersebut menjadi perspektif yang berbeda. Ia menjalani serangkaian kegiatan tur dengan senang hati tanpa mengeluh sedikitpun.

Sama halnya ketika ia mendapat respon keras dari haters. Dia akan mengingat kembali apa alasannya melakukan hal itu, dan kembali bersemangat membangun kariernya tanpa memedulikan ocehan haters yang hanya ingin membuat kariernya jatuh.

Ketika kamu berfikir untuk menyerah pada pekerjaan yang saat ini dijalani, ingat kembali apa tujuan utamamu. Apa alasanmu memilih pekerjaan tersebut, kalau memang lelah, istirahat, jangan malah berfikir untuk mundur.

“If you’re tired, learn to rest, not to quit.”

6. Berdamai dengan diri sendiri

If you’re tired, learn to rest, not to quit (instagram).

Artis papan atas seperti Taylor Swift yang namanya sudah dikenal dimana-mana mengaku adalah orang yang suka berfikir berlebihan. Ketika apa yang dikerjakan tidak berhasil, dia menganggap telah melakukan kesalahan. Itu yang membuatnya rentan badmood.

Nah, kalau kamu dimarahi atasan, gak disukai teman kantor, atau mengalami kejadian buruk lain selama bekerja, itu adalah hal yang wajar. Karena kamu gak bisa memaksakan semua orang untuk menyukaimu, kan?

Kalau memang kamu melakukan kesalahan, perbaiki, jadikan acuan dan pembelajaran agar ke depan gak terulang. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk berdamai.

Enam hal tadi adalah tips dari Taylor Swift untuk bisa sukses seperti dirinya saat ini. Meski kamu bukan seorang entertain, tapi gak ada salahnya menerapkan tips tersebut di kehidupan sehari-hari.

Karena apa yang disampaikan olehnya, cocok untuk siapapun dengan pekerjaan apapun. Jangan pernah menyerah dengan keadaan sekalipun saat itu sulit untuk kamu terima. Semangat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be