Berapa Rupiah Gaji Ideal untuk Beli Jeep Wrangler Milik Gading Marten?

3 menit
Selain Gisel, Gading juga menjual mobil mewah Jeep Wrangler miliknya di showroom yang sama. Yuk ketahui harganya dan minimal gaji kalau mau nyicil (Instagram).

Gak mau kalah dengan Gisel, Gading Marten juga menjual salah satu mobil mewahnya yaitu Jeep Wrangler Sahara 3.6. Dan asal kamu tahu nih, dia juga menjual di showroom yang sama yaitu Auto Point, Sunter.

Selain punya banyak moge, Gading juga memiliki mobil mewah. Yang saat ini dijual adalah mobil SUV buatan Amerika Serikat yang keren abis.

Walau keren, mobil ini memang dikenal sebagai mobilnya crazy rich lantaran kapasitas mesinnya sampai 3,6 liter! Kebayang gak tuh biaya BBMnya habis berapa ya untuk tiap minggu? Apalagi kalau sering dipakai.

Selain itu, mobil ini juga dijual masih lumayan tinggi alias Rp 700 juta. Tapi kalau dipikir-pikir, harga Jeep Wrangler Sahara bekas tahun 2012 ya segitu. Bahkan ada yang Rp 800 jutaan, tergantung kondisi juga.

Penasaran dengan simulasi cicilan dan minimal gaji untuk bawa pulang mobil ini? Simak ulasannya yuk.

Baca juga: Milenial, Jangan Pernah Lakukan 4 Kesalahan Pengelolaan Uang Ini Kalau Gak Mau Bokek

1. Simulasi kredit Jeep Wrangler Sahara eks Gading Marten

Jeep Wrangler Sahara (shutterstock).

Sama seperti mobil Gisel, berhubung ini kondisinya bekas alias second maka kamu disarankan ambil tenor kredit 36 bulan atau tiga tahun saja. Tentunya mobil ini bakal banyak jajan, dan biar pengeluaranmu gak gede, ya lebih baik nyicilnya gak kelamaan.

Kurang lebih beginilah simulasi kredit Jeep Wrangler Sahara dengan tenor 36 bulan.

Harga mobil: Rp 700 juta

DP: Rp 700 juta x 20 persen = Rp 140 juta

Jumlah pinjaman: Rp 700 juta – Rp 140 juta = Rp 560 juta

Tenor: 36 bulan (tiga tahun)

Bunga: 6,95 persen per tahun

Cicilan perbulannya Rp 18.789.889 lho, dan di awal kamu harus membayar uang Rp 158.798.889 yang merupakan uang dp dan cicilan pertama. Dan pastinya ada biaya lain-lain juga di luar Rp 158 juta ini ya, so siap-siap saja.

2. Gaji ideal membawa pulang mobil ini

Kalau gitu kenyataannya, mereka yang bergaji Rp 63 juta yang ideal membeli mobil ini secara kredit! (Shutterstock).

Jelas banget cicilannya adalah Rp 18 jutaan per bulan. So, agar finansial sehat tentunya cicilan gak boleh melewati 30 persen dari gaji ya.

Kalau gitu kenyataannya, mereka yang bergaji Rp 63 juta yang ideal membeli mobil ini secara kredit! Wah kalau gajinya sudah segitu biasanya sih jabatan di kantornya sudah Country Manager atau General Manager kali ya.

Baca juga: Hadapi 4 Situasi Ini, Sewa Bisa Jadi Pilihan Terbaik Ketimbang Beli Rumah

3. Keunggulan dan kekurangan Jeep Wrangler Sahara 3,6

Jeep Wrangler Sahara 3,6 (Shutterstock).

Ini dulu menjadi kuda besi favoritnya Gading, apakah kiranya bakal ada nilai plus buat yang beli? Ada tapi mungkin gak akan spesial Mini Cooper yang jadi hadiah pernikahan Gading dan Gisel yang lebih punya nilai sejarah.

Selain itu, ada beberapa hal juga yang harus kamu ketahui seputar Wrangler Sahara ini. Berikut ulasannya.

1. Tampang klasik tapi gak jadul

Mobil ini memang memiliki desain dan tampang yang klasik, gak jauh beda dengan nenek moyangnya dulu yaitu Jeep CJ 7. Tapi, justru desain seperti itulah yang dianggap abadi dan gak lekang waktu.

Selain itu, Wrangler juga menggunakan material plat yang tebal untuk bodi mobil. Jelas jangan disamakan dengan bodi mobil Jepang ya.

Gak perlu repot-repot untuk cari part modifikasi, dengan wajah seperti itu dan kondisi standar ting-ting, mobil itu sudah sangat keren. Pengendaranya pun bakal jadi pusat perhatian ketika nyetir ini di tengah kota.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Ini Dilihat dari Cara Memperlakukan Uang, Kamu yang Mana?

2. Interior sudah pasti mewah

Luarnya klasik tapi interiornya sangat modern.  Sistem entertainment berupa touch screen juga ada, dan sistem itu bisa digunakan untuk mengoperasikan beberapa fitur mobil sampai dihubungkan dengan smartphone, sehingga bisa berfungsi sebagai GPS.

Ada boks untuk tempat makanan sehingga terjaga kesegarannya (tetap dingin), dan pada bagian tengah terdapat tempat menyimpan minuman ringan. Alhasil mobil ini pun makin terasa nyaman.

3. Mesin boros BBM

Jeep Wrangler Sahara milik Gading menggendong mesin V6 3,6 Liter Pentastar. Pentastar yang bertenaga 283 PS memang disebut sebagai mesin yang cukup tangguh. Dan sejatinya, Pentastar V6 juga disematkan di Grand Cherokee 2011.

Kapasitasnya yang cukup besar membuat mobil ini bakal banyak mengonsumsi BBM. Apalagi kalau sering dipakai untuk operasional di Jakarta. Waduh, bisa jebol pasti kantongnya.

Lain halnya jika dipakai akhir pekan, tapi apa iya mau dipakai weekend saja? Kasian juga gak pernah keluar kandang.

Itulah mobil Jeep Wrangler bekas Gading Marten yang saat ini dijual. Mesinnya tangguh, dan enak buat diajak offroad, tapi konsumsi BBMnya cukup brutal.

Akan tetapi, mobil ini punya banyak penggemar. Walaupun depresiasi harganya juga besar, setidaknya masih lebih terkontrol deh.  Atau mau beli yang baru saja? Boleh kok. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong