Categories: Budgeting

Berkat Tips Pintar Ini, Mapan di Usia 30 Tahun Bukan Lagi Sekadar Mimpi

Menjadi mapan di usia 30 tahun, kenapa enggak? Banyak yang bilang hal ini mustahil bisa terjadi. Namun, faktanya nih ada beberapa orang yang udah membuktikan dirinya bisa. Buat mencapai tujuan tersebut, ada tips pintar yang bisa kamu lakukan lho.

Tips-tips pintar ini bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan finansial secara bijaksana. Asal tahu aja nih, orang yang pintar mengelola keuangan dan tepat mengambil keputusan finansial berpotensi menjadi orang kaya dalam waktu cepat.

Ada yang bilang jadi orang harus realistis, termasuk dalam menentukan tujuan finansial. Ya, realistis sih boleh-boleh aja. Namun, jangan lantas pesimis gitu dengan tujuan yang pengin dicapai terus gak yakin bisa meraihnya.

Asalkan udah berada di arah yang benar, pastinya menjadi mapan di usia 30 tahun bisa terwujud kok. Nah, seperti yang udah disebutkan tadi, ada tips-tips pintar yang bisa kamu lakukan begitu udah pertama kali bekerja. Apa aja? Yuk, disimak.

Baca juga: Pengin Sukses di Usia Muda? Begini Cara Efektif Meniti Karier yang Patut Kamu Coba

1. Miliki alokasi bujet pengeluaran yang jelas

Seimbangkan pengeluaran (Shutterstock).

Jangan asal-asalan bikin bujet pengeluaran. Harus jelas persentase alokasinya. Gunakan rumus 50/30/20 buat menyusun bujet pengeluaran selama sebulan.

Rumus bujet tersebut bertujuan buat membantu kamu mengalokasikan 50 persen dari gaji untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk kredit kalau ada atau kebutuhan pribadimu, dan 20 persen buat investasi serta asuransi.

Misalnya aja gaji kamu per bulannya Rp 6 juta. Itu berarti sekitar Rp 3 juta buat kebutuhan pokok, Rp 1,8 juta buat bayar kredit atau pemenuhan kebutuhan pribadi, dan Rp 1,2 juta buat dana darurat, investasi, dan asuransi.

Dengan menerapkan tips pintar ini, kamu jadi punya dana darurat, investasi, dan proteksi buat menjamin kondisi finansial tetap baik.

2. Lakukan investasi sejak awal bekerja

Investasi Saham (Shutterstock).

Masih banyak yang merasa belum siap lalu menunda diri buat lakukan investasi. Padahal, semakin cepat melakukan investasi justru semakin baik.

Investasi itu butuh waktu yang cukup lama buat mencetak untung yang besar. Karena itu, kesabaran adalah salah satu kunci apakah kamu bisa untung banyak atau enggak.

Namun, bayangkan deh kalau kamu lakukan di usia 23 tahun. Ketika hendak masuk usia 30 tahun, bukan hal yang mustahil bisa mendapat keuntungan investasi yang bikin kamu bisa membeli rumah dan mobil. Malahan bisa membiayai pernikahan sendiri.

Sebagai informasi aja nih, investasi semisal saham bisa memberi keuntungan atau return sebesar 10 persen per tahun. Bahkan, kamu bisa dapat bunga hingga 20 persen per tahun. Sementara deposito bisa memberi kamu bunga hingga 6 persen.

Lagi pula tips pintar yang satu ini jelas lebih memberi untung ketimbang menyimpan dana di rekening bank. Asal tahu aja nih, nominal uang kamu gak bakal pernah berlipat kalau cuma menyimpan uang di rekening tabungan. Sebab bunganya kecil dan ada biaya administrasi.

Baca juga: Kamu Sering Kehabisan Uang, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Menyesal!

3. Tingkatkan penghasilan kamu per bulan

Pahami total penghasilan dan perincian pengeluaran

Jangan cuma mengandalkan gaji yang diterima setiap bulan. Kalau pengin cepat mapan di usia 30 tahun, kamu juga perlu memiliki penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan ini bisa kamu peroleh dengan ambil pekerjaan freelance atau menjalankan bisnis kecil-kecilan. Apalagi sekarang ini memperoleh penghasilan tambahan cukup terbantu berkat adanya internet.

Kamu bisa mendapatkan pekerjaan freelance dari beberapa portal online freelancer. Mulai dari Fastwork, Freelancer, Sribulancer, StudentJob, Ruangguru, hingga iWriter.

Sementara buat bisnis kecil-kecilan, kamu terbantu berkat banyaknya ecommerce yang bermunculan. Kamu bisa belanja barang-barang di Alibaba lalu menjualnya dengan buka toko online di Shopee, JD, Blibli, Bukalapak, Tokopedia, hingga Lazada.

4. Belanja hemat dengan promo yang tersedia

Ilustrasi Promo Belanja (Shutterstock)

Siapa sih yang gak pengin belanja dengan harga yang udah diskon? Semua juga mau. Nah, promo-promo belanja tersebut kini udah banyak dan bisa didapat dari beragam platform. Apalagi buat kamu pengguna kartu kredit, pastinya kamu udah akrab dengan promo ini.

Selain kartu kredit, kamu juga bisa mendapat promo dengan install aplikasi-aplikasi online. Misalnya aja promo transportasi. Kamu bisa mendapatkannya dengan menggunakan Go-Jek atau Grab.

Gak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan promo makanan dan minuman dengan membayar pakai aplikasi, seperti Go-Pay, Ovo, Jenius, Digibank, ataupun TCash. Kebayang dong untungnya makan seharusnya bayar Rp 20 ribu jadi Rp 10 ribu?

Baca juga: Sering Merasa Gagal Fokus Saat Bekerja, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kantor

Gimana, simpel dan gak ribet kan tips-tips pintar di atas? Walaupun melakukan tips-tips di atas gak langsung bikin kamu jadi orang tajir, seenggaknya kamu jadi mandiri alias mapan secara finansial. Terus gak ada lagi deh cerita-cerita, kalau kerja, hasilnya cuma gitu-gitu aja. Setuju? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Share

Artikel Terkait

Masih Hasilkan Rp 1,4 Miliar Walau Sudah Tiada, Ini Fakta Kurt Cobain

Kurt Cobain mungkin udah familiar banget di telingamu. Yuk, simak fakta menarik dari pentolan Nirvana sekaligus legenda musik Grunge yang…

9 jam ago

E-Commerce Menggila, Indonesia Ketiban 3 “Durian Runtuh” Sekaligus

Kehadiran dan perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia membuat perekonomian Indonesia terangkat. Apa saja efeknya? Simak ulasan lengkapnya berikut.

10 jam ago

Kata-kata Motivasi Tokoh Top Dunia yang Bikin Kamu Semangat Cari Kerja

Mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah di zaman sekarang ini. Tapi biar kamu gak mudah menyerah, coba resapi kata-kata motivasi tokoh…

11 jam ago

Dibanding Prabowo, Berapa Luas Tanah Milik Capres dan Cawapres Lainnya?

Prabowo disebut-sebut punya luas tanah melebihi luas Jakarta. Gimana dengan Jokowi, Sandiaga, dan Ma’ruf Amin? Apakah sama?

12 jam ago

Berkekayaan Rp 4,2 Triliun, Ini 5 Fakta Karl Lagerfeld yang Jarang Diketahui

Desainer kondang Karl Lagerfeld baru saja mengembuskan nafas terakhirnya. Yuk cari tahu fakta-fakta unik beliau yang jarang orang tahu!

13 jam ago

5 Tips Jitu Buat Event Organizer, Dijamin Acaramu Bakal Sukses!

Bisnis event organizer di kota-kota besar sudah mulai berkembang. Kalau kamu sedang menyelaminya, simak 5 tips sukses ala EO kelas…

14 jam ago