Pajak THR Gede! Main Saham di Bulan Puasa Biar Untung dan Ini 4 Triknya

3 menit
Pajak THR Gede! Main Saham di Bulan Puasa Biar Untung dan Ini 4 Triknya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bermain saham saat Ramadan justru sangat berguna, pasalnya keuntungan dari investasi ini pasti seru buat nambahin uang tunjangan hari raya (THR). Apalagi kalau potongan THR gede banget ya kan? Ada baiknya bermain saham nih saat puasa.

Bukan rahasia lagi bahwasanya THR pun ada potongan pajaknya. Semakin gede THR kamu ya semakin gede juga potongannya. Nah, biar untung coba deh main saham nih, momennya pas lagi bulan puasa.

Intinya, THR pegawai swasta juga berpatokan pada aturan penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Berdasarkan aturan, besaran pendapatan yang bebas kena pajak sebesar Rp 4,5 juta per bulan atau Rp 54 juta per tahun. Di atas itu pasti kena pajak lho ya.

Belum lagi, di hari pertama puasa IHSG anjlok karena sentimen buruk tentang perang dagang Amerika Serikat dan China. Alhasil, beberapa saham didiskon gede-gedean.

Buat kamu yang pengin bermain saham di bulan Ramadan ini, ada baiknya buat mengikuti tips dan trik berikut. Yuk, simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Tertarik Bermain di Investasi Saham? Ini Lho 6 Biang Kerok yang Bikin Miskin

1. Saham Unilever menarik

Bermain saham
Biar untung saat membeli saham di bulan puasa, coba deh kamu pilih Unilever, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saham sektor consumer goods memang sering naik menjelang lebaran, sebut aja seperti Unilever (UNVR). Walaupun harganya agak mahal, tapi fundamental perusahaannya bagus banget.

Produk mereka juga ada di mana-mana. Gak cuma makanan melainkan juga pasta gigi, parfum, sabun, dan lain sebagainya.

So, gak usah ragu buat beli saham yang satu ini. Walaupun mahal, tapi ingat deh semakin kecil modal investasimu maka makin kecil juga keuntungannya. Kalau untungnya saja kecil, gak akan berasa juga kan, setuju gak?

Baca juga: Dijamin Paham, Ini 6 Cara Bermain Saham yang Pas Buat Investor Pemula

2. Jangan buru-buru beli saham perbankan

bermain saham
Jangan terburu-buru saat main saham di bulan puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat yang sering main saham perbankan, sentimen-sentimen negatif seperti pernyataan Donald Trump emang berdampak negatif buat saham-saham bank. Oleh karena itu, jangan buru-buru beli saham ini.

Saham perbankan emang menarik, apalagi bank pemerintah yang likuiditasnya tinggi. Ketika kita melihat harganya yang diskon 3 persen saat awal bulan, tentu hal itu sangat menggoda.

Bahkan gak sedikit dari kita yang akhirnya menggunakan seluruh uang buat membeli saham bank.

Hati-hati deh, jangan keburu nafsu juga. Bisa jadi hari ini minus 3 persen dan besoknya bakal minus lagi. Kalau pakai semua uang di tabungan yang ada kamu sendiri pusing.

Baca juga: Tertarik Bermain di Investasi Saham? Ini Lho 6 Biang Kerok yang Bikin Miskin

3. Mau beli saham rokok? Coba Gudang Garam

Bermain saham
Saham Gudang Garam bisa kamu beli dan mainkan nih saat bulan Ramadan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Baiklah, saham yang satu ini emang mahal. Buat membelinya butuh uang Rp 8 jutaan, selain itu Gudang Garam alias GGRM juga bukan saham syariah.  

Tapi jangan salah, saham ini pas banget dibeli oleh mereka yang suka swing trade. Karena dalam satu hari, naik turunnya bisa 1 persen.

Performa GGRM juga lagi positif, mereka mencatatkan kenaikan laba yang cukup signifikan. Beda sama Sampoerna (HMSP).

Belum lagi secara fundamental perusahaan ini juga cukup baik kok. Mereka punya anak usaha yang ada di mana-mana.

4. Beli pelan-pelan alias dicicil

Bermain saham
Dicicil gak ada salahnya main saham saat bulan puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bermain saham yang paling ideal buat jangka pendek adalah dengan cara trading. Cara termudahnya adalah membeli di harga murah dan menjualnya di harga tertinggi.

Akan tetapi, kadang kita sulit buat melakukan hal tersebut. Seringkali kita nunggu sampai turun banget tapi kenyataannya, harga langsung naik tiba-tiba. Akhirnya kita gak dapat sahamnya sama sekali.

Buat mewaspadai hal tersebut ada baiknya membeli dengan cara mencicil.

Ketika harga minus 2 persen dari harga kemarin, beli saja tapi jangan diborong. Ketika turun 3 persen, beli lagi. Dan ketika jatuh lima persen, mungkin inilah sinyal buatmu buat memborong.

Sebelum memborong, kamu harus ingat bahwasannya kamu harus bijak juga soal pengeluaran. Jangan pakai semua uangmu ya.

Itulah empat trik ampuh investasi saham di Bulan Ramadan. Sudah siap mau bermain saham yang mana? Pas puasa kayak gini nih pas banget buat kamu yang pengin meraup untung. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.