Gandeng SMF, Grab Bakal Sediakan Rumah Buat Para Pengemudi

2 menit
Grab Kasih Rumah Buat Pengemudi (Shutterstock)
Grab Kasih Rumah Buat Pengemudi (Shutterstock)

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan Grab Indonesia hari ini mengumumkan kerja sama strategis untuk memberikan akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi para mitra pengemudi GrabCar melalui Program KPR SMF-Grab. 

Kerja sama ini diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan hunian yang layak dan terjangkau untuk masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan tidak tetap. 

Program ini merupakan realisasi dari nota kesepahaman kedua belah pihak yang telah ditandatangani sebelumnya oleh SMF dan Grab.

Program KPR SMF-Grab merupakan produk yang ditujukan untuk meningkatkan akses mitra Grab terhadap Kredit Pemilikan Rumah, yang akan disalurkan melalui multifinance bekerjasama dengan SMF. 

Suku Bunga Tetap

KPR SMF Grab menawarkan produk KPR yang memiliki suku bunga tetap sepanjang tenor. Sehingga nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan dan tidak terpengaruh oleh gejolak kenaikan suku bunga. Disamping dapat memberikan kepastian dalam mengangsur.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari misi SMF sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan. Perusahaan mengemban tugas dari Pemerintah sebagai Special Mission Vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan di Indonesia. 

Ananta mengatakan, program ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mitra Grab Indonesia memperoleh hunian yang layak dan terjangkau. Sekaligus membuka potensi baru bagi Penyalur KPR.

“Kita semua tahu, selama ini mewujudkan kepemilikan rumah bagi mereka yang tidak memiliki slip gaji atau berpenghasilan tidak tetap adalah tantangan tersendiri. Kerjasama antara SMF, Grab dan Multifinance ini adalah bagian dari komitmen dan keberpihakan SMF kepada masyarakat Indonesia.

Terutama untuk memperoleh haknya dalam mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau. Khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan  rumah dan selama ini belum terfasilitasi,” ungkap Ananta di Jakarta.

Ananta optimis produk ini akan berjalan lancar serta mendapat sambutan yang hangat dari para kapten. Ke depannya dapat lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai program yang tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan rumah.

“Kami optimis kerja sama ini dapat berjalan lancar dan ke depannya dapat lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai program yang tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan rumah,” ucap Ananta.

Rumah Kebutuhan Penting

Senada dengan hal tersebut, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi,  mengatakan, Grab memahami bahwa rumah merupakan bagian dari kebutuhan pokok setiap orang, termasuk mitra pengemudi Grab. 

“Sejalan dengan inisiatif Grab Mitra Sejahtera, kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan sumber penghasilan yang berkesinambungan bagi para mitra pengemudi. Namun juga kesempatan bagi mereka untuk memiliki rumah impiannya. Oleh karena itu, Grab menyambut baik kerja sama dengan SMF. Dimana perusahaan tersebut telah memiliki rekam jejak yang sangat baik pada bidangnya.” paparnya.

Grab percaya bahwa mitra pengemudi merupakan hal terpenting dalam mendukung pertumbuhan operasional perusahaan yang pesat. 

Melalui pemberian fasilitas cicilan rumah yang terjangkau untuk menolong mitra pengemudi Grab mendapatkan rumah idaman dan meningkatkan kesejahteraan. Grab senantiasa ingin memberikan dampak positif secara berkelanjutan. Seiring membentuk kemitraan yang lebih bermakna dan melampaui bisnis kepada seluruh mitra pengemudi di wilayah Jabodetabek bahkan di seluruh 224 kota di Indonesia dimana Grab beroperasi.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.