Anggota DPR Dapat Uang Pensiun Seumur Hidup, Segini Besarannya

3 menit
Besaran Uang Pensiun Anggota DPR (Shutterstock).
Besaran Uang Pensiun Anggota DPR (Shutterstock).

Uang pensiun merupakan hak para pekerja yang mereka peroleh setelah bekerja sekian tahun atau memang sudah memasuki usia pensiun. Nah, uang pensiun tersebut dapat diambil setiap bulan atau diberikan secara sekaligus. Hal itu tergantung dari kebijakan setiap perusahaan.

Kalau berbicara soal uang pensiun, tak sedikit orang yang pengin tahu kisaran uang pensiun anggota DPR. Ya, sudah jadi rahasia umum kalau para anggota dewan itu memiliki kekayaan yang gak sedikit.

Gimana gak tajir melintir, gaji per bulan yang diterima anggota DPR mencapai Rp 55 juta. Jumlah tersebut merupakan penggabungan gaji dan juga tunjangan-tunjangan yang lain.

Makanya gak heran kalau banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk duduk di kursi DPR meski tahu kalau dana yang harus digelontorkan tidaklah sedikit, termasuk para seleb Tanah Air.

Contohnya saja Pemilu Legislatif 2019, diketahui terdapat 7.968 orang yang menjadi calon legislatif DPR RI, sedangkan kursi yang tersedia hanya 575 saja.

Selain gaji dan tunjangan, para anggota DPR juga mendapat uang pensiun yang diberikan seumur hidup oleh negara, meski mereka hanya menjabat selama lima tahun atau satu periode saja.

Ketentuan tersebut berdasarkan Undang-undang 12 Tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administratif Pimpinan dan Anggota Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara Serta Bekas Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Bekas Anggota Lembaga Tinggi Negara.

Nah, masa jabatan anggota DPR RI periode 2014-2019 akan segera berakhir pada September ini. Lalu berapa ya besaran uang pensiun yang akan mereka peroleh setiap bulannya seumur hidup?

Uang pensiun anggota DPR sebesar 60 persen dari gaji pokok

Uang pensiun
Para anggota dewan (Dok: DPR)

Berdasarkan Surat Menteri Keuangan No S-520/MK.02/2016 dan Surat Edaran Setjen DPR RI No KU.00/9414/DPR RI/XII/2010, para anggota DPR akan mendapat uang pensiun sebesar 60 persen dari gaji pokok yang diperolehnya setiap bulan.

Seperti yang diketahui kalau gaji pokok anggota DPR itu sebesar Rp 4,2 juta per bulan. Namun, jumlah tersebut hanya untuk anggota DPR yang tidak merangkap jabatan. Sementara untuk anggota DPR yang memiliki jabatan seperti ketua atau wakil ketua, nominalnya sudah pasti berbeda.

Berikut rinciannya:

  • Anggota DPR yang merangkap ketua akan mendapat uang pensiun sebesar Rp 3,02 juta yaitu 60 persen dari gaji pokoknya Rp 5,04 juta per bulan.
  • Anggota DPR yang menjabat sebagai wakil ketua, uang pensiun yang akan ia terima sebesar Rp 2,77 juta atau 60 persen dari gaji pokoknya sebesar Rp 4,62 juta per bulan.
  • Anggota DPR yang tidak merangkap jabatan mendapat uang pensiun sekitar Rp 2,52 juta yakni 60 persen dari gaji pokok per bulan yang mereka terima sebesar Rp 4,2 juta per bulan.

Anak anggota DPR juga dapat uang pensiun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau anggota DPR akan mendapat uang pensiun seumur hidup layaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jadi, uang pensiunan yang terima anggota DPR baru akan berhenti jika yang bersangkutan meninggal dunia atau menjadi anggota lembaga tinggi lainnya.

Namun ada ketentuan lain berdasarkan Pasal 17 UU No 12 Tahun 1980, apabila penerima pensiun meninggal dunia untuk istri atau suami sah penerima, diberikan pensiun janda/duda sebesar setengah dari uang pensiun.

Jadi, anak anggota DPR juga berhak menerima uang pensiun apabila penerima pensiun meninggal dunia atau menikah lagi.

Akan tetapi, anak anggota parlemen yang mendapatkan uang pensiun adalah mereka yang usianya belum mencapai 25 tahun, belum memiliki pekerjaan tetap dan juga belum menikah.

Itulah kisaran uang pensiun yang akan diterima para anggota DPR setiap bulan seumur hidupnya. Kamu sendiri, berminat menjadi salah satu anggota dewan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.