Biar Pengelolaan Keuangan Oke, Jangan Ngutang untuk 5 Hal Ini

3 menit
https://lifestyle.kompas.com/read/2014/05/30/1144396/Salah.Pilih.Gantungan.Bisa.Merusak.Pakaian

Setiap orang pasti pengin kan bisa pintar dalam hal pengelolaan keuangan. Terutama pandai mengelola pengeluaran buat kebutuhan yang bisa dibayar tunai atau nyicil alias ngutang.

Nah, ngomong-ngomong soal cicil mencicil atau utang mengutang, udah tahu belum setidaknya ada lima hal yang sebaiknya gak lakukan secara ngutang? Kalau belum tahu yuk simak aja langsung.

1. Pesta pernikahan

pengelolaan komitmen
Ngadain pesta pernikahan, jangan maksain bikin yang mahal (Liputan6)

Buat yang berencana menikah dalam waktu dekat, selamat ya semoga pernikahannya lancar. Eh, tapi anggaran nikahnya gak pakai uang dari ngutang kan?

Emang kenapa kalau ngutang? Ya sebaiknya sih bujet menikah dikeluarin dari hasil tabungan atau investasi. Bukan dari pinjam sana-sini.

Soalnya, yang namanya utang kan harus dibayar. Apalagi kalau ngutang ke bank. Pasti bunganya gede tuh. Kebayang kan kalau udah pesta pernikahan digelar, bukan bahagia yang ada, tapi mikirin cicilan utang nikah.

So, sebaiknya buat ngadain pesta pernikahan mending pakai acara sederhana aja. Jangan maksain ngutang demi gengsi pesta yang meriah.

[Baca: 8 Tips Menjadi Lebih Baik dalam Mengelola Keuangan di 2018]

2. Liburan

Sekarang mau liburan ke mana pun semakin mudah. Kita bisa nyicil bujet liburan di beberapa penyedia jasa travel. Tentunya dengan syarat-syarat tertentu ya, misalnya harus punya kartu kredit dan lain-lain.

Hmm… memang sih rencana liburan dengan anggaran dicicil bisa meringankan bujet. Tapi sebaiknya untuk bujet liburan mending disiapin tunai aja. Jangan sampai ngutang.

Perencana keuangan Irshad Wicaksono mengatakan bujet untuk liburan lebih baik dianggarkan dengan menabung daripada nyicil.

“Karena bujet liburan bukan termasuk aset, tapi justru pengeluaran yang menyusut. Kalaupun mau nyicil harus dilunasi sebelum pergi liburan. Jangan sampai pulang liburang jadi malah nambah utang,” ujarnya kepada DuitPintar.

3. Gadget

pengelolaan keuangan
Ini juga jangan pernah dikredit ya (Jalantikus)

Mau nyicil gadget buat bisa main Instagram atau Facebook? Sebaiknya pikir ulang deh. Karen agadget ini termasuk barang yang cenderung konsumtif daripada produktif. Ujung-ujungnya, cicilan belum lunas, gadget yang dipake udah rusak.

Mending kalau kamu kapok nyicil setelah gadget rusak. Lah kalau kamu malah mau nyicil gadget yang lebih baru gimana? Bukannya makin bertambah tuh angsuran.

[Baca: 6 Tips agar Gak Terlilit Utang Berkali-Kali dan Berujung Bangkrut]

4. Belanja kebutuhan

Belanja kebutuhan sehari-hari sebaiknya pakai uang tunai aja ya. Gak usah gaya-gayaan gesek dengan kartu kredit, mentang-mentang limitnya masih banyak.

Belanja kebutuhan keseharian ini besarannya bisa ditakar kok. Jadi gak perlu lah ya kamu ngutang buat belanja sehari-hari seperti beli pasta gigi, shampoo, sabun mandi dan lain-lain.

Kecuali kalau memang kamu lagi bokek banget dan cuma kartu kredit yang bisa diandalkan. Itu sih ya monggo.

5. Pakaian

pengelolaan keuangan
Belanja pakaian gak perlu nyicil kali ah (Kompas)

Irshad Wicaksono menuturkan seseorang harus pandai mengelola keuangan termasuk pintar-pintar memenej utang. Setidaknya, seseorang harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Dia memberi contoh, membeli pakaian sebaiknya tidak dengan cara ngutang, tetapi dibeli secara tunai. Kalau beli pakaian hanya untuk gaya-gayaan, ya lebih baik gak usah beli dan pakai saja pakaian yang ada yang masih layak.

“Harus dibedakan mana yang namanya kebutuhan dan mana yang namanya keinginan. Jadi, pakaian dan barang konsumsi sehari-hari kalau untuk gaya saja sebaiknya jangan dicicil,” ujar Irshad.

Pada prinsipnya ngutang atau mencicil barang itu gak dilarang sejauh kita bisa melunasinya. Tapi bukan berarti karena kita mampu bayar cicilan, kita bisa seenaknya nyicil ini dan itu.

So, sebaiknya untuk lima hal di atas mending keluarin deh kebutuhan bujetnya secara tunai. Ini agar pengelolaan keuangan kita bisa lebih baik dan gak bakal bikin masalah di kemudian hari. Betul gak?

[Baca: Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan Saat Masih Memiliki Utang? Simak Ini]

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.