Pengin Berangkatkan Orangtua Naik Haji? Begini Cara Mewujudkannya Meski Gaji UMR!

4 menit
Meski masih UMR, tapi keinginan berangkatkan orangtua naik haji bukan angan-angan jika kamu ikuti trik simpel menabung ini (Shutterstock).

Biaya haji 2019 (ONH 2019) diisukan akan mengalami kenaikan sebesar US$ 43 atau sekitar Rp 600 ribu per jemaah. Jadi, dari biaya haji 2018 akan ditambah US$ 43 di tahun 2019 ini.

Terdapat dua program ibadah haji yang ditawarkan oleh pemerintah yaitu ONH reguler dan ONH Plus. keduanya memiliki fasilitas dan biaya yang berbeda. Selain itu, biaya haji untuk setiap wilayah atau embarkasi juga berbeda-beda.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Reguler tahun 1439H/2018M, seperti yang dikutip dari situs resmi Kemenag. Berikut biaya haji reguler dan Plus yang paling rendah dan paling mahal.

Untuk ONH reguler, biaya yang paling rendah adalah embarkasi Aceh yaitu Rp 31.090.010 per jemaah. Sedangkan yang termahal yaitu embarkasi Makassar sebesar Rp 39.507.741 per jemaah.

Sementara ONH Plus, termurah masih dari embarkasi Aceh yaitu Rp 58.796.855 dan termahal embarkasi Makassar sebesar Rp 67.214.586 per jemaah.

Kita ambil contoh biaya haji reguler untuk embarkasi DKI Jakarta ya yang di 2018 sebesar Rp 34.532.190 dan jika mengalami kenaikan sebesar US$ 43, maka biaya haji 2019 di embarkasi DKI Jakarta yaitu Rp 35.132.190 atau biar lebih gampang kita genapkan menjadi Rp 35 juta.

Jika, ingin memberangkatkan orangtua naik haji. Setidaknya kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp 70 juta, dengan perhitungan Rp 35 juta x 2 orang.

Dengan gaji yang masih UMR tapi harus menyiapkan uang sebesar Rp 70 juta. Memangnya bisa? Bisa banget kok. Penasaran gimana caranya?

Yuk, langsung aja simak tips menyiapkan biaya haji untuk memberangkatkan kedua orangtua ke Tanah Suci meski gaji masih UMR, seperti yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

1. Mengetahui nominal uang yang bisa disisihkan

Uang gaji (Ilustrasi).

Hal pertama yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu adalah mengetahui berapa jumlah uang yang bisa kamu sisihkan untuk mencapai tujuanmu itu.

Seperti yang diketahui gaji UMR untuk wilayah DKI Jakarta sebesar Rp 3,9 juta. 50 persen gaji dialihkan untuk keperluan sehari-hari selama satu bulan yaitu Rp 1.950.000. Berarti sisa uang yang kamu miliki yaitu sebesar Rp 1.950.000.

Karena target uang yang harus kamu dapatkan cukup besar. Kamu harus sangat menekan pengeluaran, terutama kebutuhan gaya hidupmu. Kamu bisa menyisihkan uang setiap bulan sekitar Rp 1,5 juta untuk dialokasikan ke tabungan.

2. Membuka tabungan haji

Tabungan haji Mandiri. (inicontoh.com)
Tabungan haji Mandiri. (inicontoh.com)

Membuka tabungan haji menjadi pilihan yang tepat agar tujuanmu memberangkatkan kedua orangtua ke Tanah Suci dapat terwujud.

Jadi rencana menabung kamu juga akan lebih terarah dan terencana. Hal itulah mengapa tabungan haji menjadi salah satu sarana yang bisa memudahkan seseorang untuk naik haji.

Intinya, kamu yang berencana membuka rekening tabungan ini bisa dengan mudah mengumpulkan dana untuk keberangkatannya di kemudian hari.

Terlebih lagi kini udah banyak sekali bank di Indonesia yang menawarkan program tabungan haji dengan berbagai fasilitas menarik. Cara mendaftarnya pun juga sangat mudah kok, salah satu contohnya adalah Bank BRI.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, jika ingin membuka tabungan haji di Bank BRI, yaitu:

  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Melampirkan fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor.
  • Memberikan setoran awal Rp 50 ribu.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp 25 ribu.
  • Saldo minimal di tabungan minimal Rp 50 ribu.

Keuntungan yang ditawarkan adalah:

  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Dapat asuransi jiwa dan kecelakaan diri dengan nilai tanggungan 120 persen dari saldo rekening tabungan haji.
  • Gratis perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan diri.
  • Terkoneksi secara online dengan SISKOHAT DEPAG.
  • Penyetoran dapat dilakukan melalui transfer maupun di Kantor Bank BRI seluruh Indonesia.

3. Konsisten

Konsisten menabung (Shutterstock).

Dengan uang Rp 1,5 juta. Berarti kamu perlu rutin atau konsisten menabung selama empat tahun sehingga bisa mengumpulkan uang sekitar Rp 72 juta.

Nah, agar niat mulia kamu itu terwujud dan demi menjaga kedisiplinan menabung haji. Maka kamu harus membuang pos pengeluaran yang tidak diperlukan. Misalnya aja jalan-jalan setiap akhir pekan, meski hanya window shopping ke mal.

Bukannya gak boleh dilakukan, tapi kamu bisa ubah menjadi dua pekan atau bahkan sebulan sekali. Kamu juga bisa lebih banyak memasak di rumah ketimbang jajan di luar.

Jadi, kamu memang perlu mengetahui apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas dan dananya bisa dialokasikan ke tabungan haji. Satu hal yang perlu diingat dalam merencanakan biaya haji adalah kedisiplinan menabung dan mempersiapkan keberangkatan.

4. Investasi saham

Investasi saham
Investasi saham

Jangan bergantung pada tabungan saja, kamu bisa menyisihkan sekitar Rp 500 ribu untuk dialokasikan ke investasi saham.

Pilihlah saham yang blue chip atau BUMN karena lebih stabil dan likuid. Jadi, risiko kerugiannya pun lebih kecil. Lakukanlah top up secara rutin setiap bulan. Karena semakin besar, uang yang tanamkan, maka semakin besar pula pundi-pundi rupiah yang masuk ke rekeningmu.

Dengan begitu, uang yang terkumpul akan lebih cepat dibanding hanya berpasrah dengan menabung saja. Setuju?

Itu dia empat cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan keinginan memberangkatkan kedua orangtua naik haji. Meski gaji masih UMR, tapi selalu ada jalan untuk mengumpulkan biaya haji tersebut. Mudah bukan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan