Ternyata, Ini 5 Komponen yang Bikin Biaya Hidup di Jepang Jadi Mahal

5 menit

Buat yang pengin kuliah atau kerja di Jepang, penting banget buat cari tahu seberapa besar biaya hidup di sana. Soalnya, perkiraan biaya hidup di Jepang nanti bakal jadi landasan kamu buat siapin bujet.

Jepang emang punya inflasi yang rendah. Namun, inflasi yang rendah itu sepertinya gak memengaruhi beberapa biaya kebutuhan di sana. Malahan, ada biaya yang besarnya bakal bikin kamu keheranan.

Contohnya aja tempat tinggal. Karena begitu mahalnya tempat tinggal di sana, gak sedikit orang Jepang yang memilih warnet sebagai tempat tinggalnya. Lho, emangnya mahal banget ya?

Menyewa apartemen ukuran 45 meter persegi aja di sana sebulannya memerlukan dana hingga lebih dari 88 ribu yen atau lebih dari Rp 11 juta. Itu belum termasuk pemanas, listrik, dan gas yang besarannya mencapai lebih dari 13 ribu yen atau Rp 1,69 juta per bulan.

Di setiap kota, angka tersebut tentunya gak sama. Asal tahu aja nih. Ada lima kota yang di Jepang yang punya biaya hidup paling mahal.

Di urutan pertama adalah Kota Tokyo. Urutan kedua adalah Kota Yokohama. Kemudian Miyazaki di posisi ketiga, Nerima di urutan keempat, dan Osaka di urutan kelima.

Biar makin jelas seberapa besar biaya hidup di Jepang, kita ambil contoh aja biaya hidup di Tokyo sebagai ibu kota Jepang. Dikutip dari expatistan, nih ulasannya.

1. Makanan

biaya hidup di Jepang
Suhsi (groupon)

Biaya makan di Jepang terbilang mahal. Kalau kamu pengin makan siang di distrik bisnis Kota Tokyo, kamu perlu menyiapkan uang sebesar 1.057 yen atau Rp 137 ribuan. Beda banget kan misalnya kamu makan di Jakarta. Modal Rp 15 ribu aja udah bisa bikin perut kenyang.

Sebagai gambaran gimana mahalnya makanan di Kota Tokyo, berikut ini rincian harga-harganya.

  • Menu makan siang, termasuk minum: 1.057 yen atau Rp 137 ribu
  • Burger ukuran besar: 669 yen atau Rp 86 ribu
  • Ayam tanpa tulang 500 gr: 488 yen atau Rp 63 ribu
  • Susu 1 liter: 205 yen atau Rp 26 ribu
  • Telur 12 butir: 301 yen atau Rp 39 ribu
  • Tomat 1 kg: 805 yen atau Rp 104 ribu
  • Keju lokal: 1.035 yen atau Rp 134 ribu
  • Apel 1 kg: 757 yen atau Rp 98 ribu
  • Kentang 1 kg: 427 yen atau Rp 55 ribu
  • Anggur kualitas baik 1 botol: 1.706 yen atau Rp 221 ribu
  • Coca cola 2 liter: 200 yen atau Rp 26 ribu
  • Roti buat dua orang selama satu hari: 203 yen atau Rp 26 ribu

2. Rumah

biaya hidup di jepang
Rumah di Jepang (booking)

Ini tadi yang udah disinggung sebelumnya. Biaya buat tempat tinggal merupakan salah satu biaya hidup di Jepang yang paling mahal.

Gak jauh beda dengan di sini, besar atau kecilnya biaya tempat tinggal dipengaruhi tiga faktor, yaitu lokasi (pusat kota atau pinggiran), jarak ke stasiun, dan usia bangunan.

Pengin tahu seberapa mahalnya biaya tempat tinggal di sana, khususnya Kota Tokyo? Berikut ini rinciannya.

  • Sewa bulanan ukuran 85 meter persegi di lokasi strategis: 250 ribu yen atau Rp 32 juta
  • Sewa bulanan ukuran 85 meter persegi di lokasi normal: 141 ribu yen atau Rp 18 juta
  • Sewa pemanas, listrik, gas buat rumah ukuran 85 meter persegi: 19 ribu yen atau Rp 2,47 juta
  • Sewa bulanan ukuran 45 meter persegi di lokasi strategis: 129 ribu yen atau Rp 16,86 juta
  • Sewa bulanan ukuran 45 meter persegi di lokasi normal: 88 ribu yen atau Rp 11,45 juta
  • Sewa pemanas, listrik, gas buat rumah ukuran 45 meter persegi: 13 ribu yen atau Rp 1,69 juta
  • Sewa bulanan internet 8 Mbps: 4.177 yen atau Rp 542 ribu
  • Sewa jasa bersih-bersih per jam: 2.575 yen atau Rp 334 ribu

3. Pakaian

biaya hidup di jepang
Belanja di Jepang (halaltrip)

Biaya hidup di Jepang selanjutnya yang juga mahal adalah pakaian. Kalau di sini kamu modal gak sampai Rp 500 ribu udah dapat celana jeans, di Jepang mengeluarkan uang segitu gak cukup deh. Di sana, celana jeans dijual dengan harga Rp 1,1 juta.

Pengin tahu kisaran harga pakaian di sana? Berikut ini rinciannya.

  • Celana jeans semisal Levis 501 atau sejenisnya: 8.514 yen atau Rp 1,1 juta
  • Pakaian musim panas merek Zara, H&M, atau sejenisnya: 4.244 yen atau Rp 551 ribu
  • Sepatu sepasang merek Nike, Adidas, atau sejenisnya: 8.036 yen atau Rp 1,04 juta
  • Sepatu pantofel sepasang: 13 ribu yen atau Rp 1,8 juta

4. Transportasi

biaya hidup di jepang
Transportasi (jnto)

Gimana dengan biaya transportasi di sana? Di Jepang, mobil yang dijual harganya mirip-mirip dengan harga mobil di Indonesia. Dengan menyiapkan modal lebih dari Rp 300 jutaan, kamu udah bisa mendapatkan mobil dengan spesifikasi yang mumpuni.

Nih rincian biaya transportasi di Kota Tokyo, Jepang:

  • Volkswagen Golf 1.4 TSI 150 CV: 2,42 juta yen atau Rp 314 juta
  • Bahan bakar 1 liter: 138 yen atau Rp 17 ribu
  • Tiket berlangganan transportasi umum sebulan: 9.995 yen atau Rp 1,29 juta

5. Kesehatan dan perawatan diri

biaya hidup di jepang
Rumah sakit di Jepang (phnompenhpost)

Karena kesehatan mahal harganya, gimana dengan biaya kesehatan di Jepang? Kamu bisa menghabiskan uang Rp 159 ribuan buat beli obat yang diminum selama enam hari. Lumayan mahal ya?

Nih rincian-rincian biaya kesehatan dan perawatan diri di Jepang.

  • Obat demam 6 hari (Tylenol, Frenadol, atau sejenisnya): 1.229 yen atau Rp 159 ribu
  • Obat antibiotik 1 boks: 998 yen atau Rp 129 ribu
  • Kunjungan singkat ke dokter (15 menit): 4.043 yen atau Rp 525 ribu
  • Tampon sebanyak 32 buah: 491 yen atau Rp 63 ribu
  • Deodoran roll-on 50 ml: 659 yen atau Rp 85 ribu
  • Shampoo rambut 400 ml: 499 yen atau Rp 64 ribu
  • Kertas tisu 4 rol: 124 yen atau Rp 16 ribu
  • Pasta gigi: 248 yen atau Rp 32 ribu
  • Potong rambut standar: 3.401 yen atau Rp 441 ribu

5. Entertainment

biaya hidup di Jepang
Entertainment (hubjapan)

Mau nikmati hiburan-hiburan yang ada di Jepang? Ini juga termasuk biaya hidup di Jepang yang juga mahal. Gak percaya? Nih rinciannya.

  • Makan malam biasa buat dua orang: 4.543 yen atau Rp 590 ribu
  • Tiket nonton film (2 tiket): 3.386 yen atau Rp 439 ribu
  • Tiket nonton teater (2 tiket): 10.226 yen atau Rp 1,32 juta
  • Makan malam di restoran Italia: 7.804 yen atau Rp 1,01 juta
  • Cocktail 1 minuman: 918 yen atau Rp 119 ribu
  • Cappuccino: 479 yen atau Rp 62 ribu
  • Bir 500 ml: 573 yen atau Rp 74 ribu
  • Tarif telepon prabayar: 44 yen atau Rp 5.725
  • Keanggotaan gym sebulan: 11.808 yen atau Rp 1,53 juta
  • Rokok Marlboro 1 bungkus: 546 yen atau Rp 70 ribu

Itu tadi besaran biaya hidup di Jepang. Ternyata gimana pun juga, biaya hidup di Indonesia masih lebih murah ya daripada di Jepang. Namun, bukan berarti kamu mesti mengurungkan niat lho buat ke sana.

Gak ada salahnya kuliah atau bekerja di Jepang. Hitung-hitung jadi pengalaman berharga. Yuk siapin bujet dan nabung dari sekarang!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong