5 Biaya di Idul Fitri yang Mesti Kamu Persiapkan dari Sekarang

3 menit
Idul Fitri
5 Biaya di Idul Fitri yang Mesti Kamu Persiapkan dari Sekarang, (Pixabay).

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan kumpul bersama keluarga dan saudara di kampung halaman. Kurang afdol kayaknya kalau mendekati hari H kita belum belanja berbagai keperluan pribadi. Gak cuma itu, kamu juga mesti persiapkan nih biaya-biaya di Idul Fitri.

Ya kamu pasti yang udah bekerja udah menyiapkan dari jauh-jauh hari segala keperluan buat Lebaran. Tentunya udah menyiapkan bujet khusus di hari Lebaran nanti.

Uang tabungan yang telah dikumpulkan beserta THR bisa kita gunakan buat memenuhi kebutuhan selama Lebaran mulai dari yang bersifat jasmani hingga rohani. Selama kamu bisa mengaturnya kebutuhan apa yang dapat dibelanjakan hal kayak gini bukan menjadi permasalahan yang sulit.

Lain cerita bagi yang belum mahir mengatur keuangannya dengan baik. Dompet kemungkinan besar bakal bobol nih karena nafsu berbelanja kebutuhan ini itu yang sebenarnya gak penting-penting banget. Kamu pernah mengalaminya?

Nah, buat yang pernah atau pengin menghindari persoalan di atas kayak gitu ada baiknya mencatat beberapa biaya yang dikeluarkan menjelang hari Lebaran berikut ini:

Baca juga: Pulang Kampung Pakai Mobil Pribadi? Ini Biaya yang Mesti Disiapkan

1. Mudik

Idul Fitri
Biaya mudik salah satu yang mesti diperhatikan nih dari jauh-jauh hari, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Okezone, biaya yang hampir semua orang keluarkan menjelang hari raya adalah mudik atau pulang kampung. Apalagi yang asalnya jauh dari luar pulau Jawa mau gak mau mesti mengeluarkan bujet ekstra buat pulang kampung.

Ada beberapa alternatif mudik yang bisa kamu pilih seperti bus, kereta api, pesawat, kapal laut hingga kendaraan pribadi. Variasi harganya juga berbagai macam tergantung armada dan jarak yang ditempuh.

Namun, beberapa tahun belakangan pemerintah juga menyediakan program mudik gratis. Salah satu tujuannya adalah menghindari kepadatan di jalan dan mengurangi angka kecelakaan setiap tahunnya. Ini bisa jadi ide bagus buat kamu yang punya bujet terbatas.

Baca juga: Pengin Mudik dengan Mobil? Segini Harga Sewa yang Perlu Kamu Ketahui

2. Baju lebaran

Idul Fitri
Baju Lebaran udah jadi tradisi nih bagi kebanyakan orang, (Ilustrasi/Pixabay).

Udah menjadi tradisi bagi masyarakat di Indonesia setiap mendekati hari raya kebanyakan dari mereka menghabiskan uang buat berbelanja baju baru. Salah satu jenis pakaian yang sering dibeli adalah pakaian muslim buat perempuan maupun pria.

Gak cuma buat diri sendiri, belanja baju juga bisa kamu gunakan sebagai hadiah buat saudara terdekat. Ini penting buat menjalin silaturahmi ke orang lain sekaligus berbagi rezeki.

Baca juga: Kue Kering Hingga Keripik Jualan Artis Indonesia Ini Cocok Dihidangkan di Hari Raya

3. Kue lebaran

Idul Fitri
Kue kering juga mesti disiapkan nih saat Lebaran mau gak mau bujet juga ada, (Pixabay).

Kurang asyik kayaknya ketika berkumpul bersama keluarga dan kerabat gak tersedia makanan yang enak buat disantap. Ya paling gak bisa menaruh beberapa jenis kue kering di ruang tamu atau meja makan.

Kastengel, putri salju, nastar, lidah kucing dan kue sagu keju adalah nama-nama kue yang udah gak asing di kuping kamu. Nah, aneka kue kering tersebut emang udah pasti tersaji di hari raya, kebanyakan dari mereka beli jadi atau bikin sendiri.

4. Zakat fitrah

Idul Fitri
Saat Lebaran kamu juga mesti menyiapkan uang buat Zakat Fitrah, (Pixabay).

Sebagai orang muslim maupun non-muslim yang baik udah sepantasnya kita berbagi rezeki ke orang yang kurang mampu saat Lebaran. Berapapun jumlahnya gak akan jadi masalah selama kita memberinya secara ikhlas.

Tapi kalau kamu masih bingung mau memberi berapa bisa memberi sebanyak 2,5 persen dari total penghasilan kamu sesuai dengan pengelolaan uang bulanan.

Gak usah khawatir uang kamu bakal berkurang karena dengan melakukan zakat fitrah artinya udah menabung rezeki untuk masa depan yang lebih baik nantinya.

5. Biaya infal

Idul Fitri
Menyiapkan bujet buat infal juga sangat diperlukan nih saat Lebaran, (Pixabay).

Hal yang sepele tapi kadang suka bikin repot orang serumah adalah ketika asisten rumah tangga pulang kampung. Seluruh pekerjaan rumah menjadi numpuk dan bikin keteteran buat merapihkannya.

Nah, menyadari akan hal tersebut di momen Idul Fitri saat ini banyak jasa infal yang bisa kamu gunakan supaya rumah tetap bersih. Karena tarifnya hampir 2 kali lipat dari asisten rumah tangga pada umumnya maka ada baiknya kamu menganggarkan hal yang satu ini.

Nah, itu dia 5 biaya yang perlu kamu persiapkan menjelang hari Idul Fitri nanti. Gak ada salahnya buat memulai hal ini sedini mungkin supaya kamu punya waktu untuk mengatur bujetnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan