4 Jurus Hemat Biaya Makan dan Jajan Saat Traveling yang Gak Bikin Kantong Jebol

3 menit
Jurus Hemat Biaya Jajan Saat Traveling (Shutterstock).
Jurus Hemat Biaya Jajan Saat Traveling (Shutterstock).

Biaya jajan pas liburan emang umumnya selalu bengkak. Maklum saja, jajanan yang ada di kota maupun negara lain memang sangat menggoda iman.

Padahal nih, tujuan kamu jalan-jalan kan bukan cuma makan dong. Kecuali kamu adalah seorang food blogger yang memang disponsori oleh perusahaan tertentu untuk mengulas makanan-makanan di kota atau negara lain.

Buat kamu yang pengin hemat biaya jajan saat liburan, ada baiknya melakukan beberapa tips di bawah.

Baca juga: Pelesiran ke Korea Selatan Jangan Lupa Kunjungi Objek Wisata Gratis Ini

1. Bawa air minum

Biaya Jajan
Bawa air minum sendiri (Pixabay).

Dalam satu hari kamu setidaknya minum delapan gelas sehari bukan? Nah, untuk meminimalisir pengeluaran beli minuman, ikuti saja cara Anak TK yaitu bawa tempat minum besar.

Kalau bisa di atas 1 liter malah lebih bagus. Namun, pertimbangkan juga bobotnya ya.

Bawa botol minum besar juga pastinya berat dan makan tempat. Kalau memang kamu punya ransel besar, mungkin hal itu bisa menolongmu.

2. Sarapan di hotel

Biaya Jajan
Sarapan di hotel (Pixabay)

Sarapan di hotel tentunya bisa jadi salah satu cara untuk menghemat biaya jajan saat traveling. Hal itu disebabkan karena, restoran di hotel sistemnya adalah buffett alias bisa makan sepuasnya. 

Emang sih, banyak sekali jajanan yang cukup beragam yang bisa kamu temukan di pinggiran kota saat pagi hari. Tapi harganya pun belum tentu terjangkau.

Ingat lho, di malam hari juga ada street food. Kalau pagi jajan, siang jajan, dan malam jajan, maka pengeluarannya juga makin besar. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera Terbaik untuk Sempurnakan Aktivitas Pelesiranmu, Gak Sampai Rp 20 Juta!

3. Kalau mau beli jajanan, cari di pasar

Biaya Jajan
Kalau mau jajan di pasar atau street food saja (Pixabay).

Beli makanan atau jajanan di pasar tentu lebih murah ketimbang di mall atau pusat perbelanjaan. Walaupun memang tempatnya kurang nyaman.

Tapi gak apa-apa dong, kamu bisa merasakan jajanan atau pengalaman belanja dengan kearifan lokal di sana. Pastinya liburanmu juga bakal lebih berkesan.

Namun pastikan, apa yang kamu beli di pasar adalah makanan yang memang gak membahayakan kesehatan. 

Dengan membeli jajanan di pasar, kamu bisa membeli kudapan yang bisa kamu bawa saat jalan-jalan. Kalau tiba-tiba pengin ngunyah atau lapar, ngemil jajanan yang kamu beli juga boleh.

4. Bawa makanan sumber karbohidrat dari rumah

Biaya Jajan
Bawa makanan sumber karbo (Pixabay).

Sebagai orang Indonesia, kalau belum makan nasi pasti gak berasa makan. Hayo ngaku…

Nasi itu sejatinya adalah karbohidrat, dan bukan berarti kalau dianjurkan bawa makanan sumber karbohidrat berarti harus bawa beras saat liburan. 

Ada baiknya untuk membawa makanan seperti oatmeals yang bisa dimakan dengan praktis hanya dengan diseduh. Jadi, sewaktu-waktu memang pengin makan tapi malas keluar, mending makan itu saja daripada order makanan yang mahal.

Baca juga: 7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Gimana dengan mie instan? Mie yang ada di gelas kan enak banget tuh. 

Boleh saja, tapi ya jangan kebanyakan. Mending pilih oatmeals karena lebih sehat.

Itulah empat cara menekan biaya jajan ketika liburan keluar kota maupun keluar negeri. Selamat mencoba. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!