Biaya Kuliah Kedokteran di 5 PTN Terbaik di Indonesia

5 menit

Kabar mahalnya biaya kuliah kedokteran tak menyurutkan mimpi banyak calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan tersebut. Faktanya, Fakultas Kedokteran tetap menjadi salah satu fakultas yang paling banyak diminati hingga saat ini.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menjadi jurusan paling diminati peserta Saintel SBMPTN 2018.

Apakah kamu salah satunya? Kamu yang saat ini baru mau mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa, penasaran dong berapa besaran biaya kuliah kedokteran yang dibutuhkan? Emang benar yah selalu mahal?

Hampir setiap universitas negeri di Indonesia telah mengadopsi sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sejak 2013 lalu. Dengan sistem ini, kamu gak perlu lagi mikirin dana pangkal dan dana sumbangan lain karena hanya perlu membayar UKT setiap semester.

UKT ditentukan berdasarkan kemampuan penanggung biaya kuliah atau orang tua calon mahasiswa. Besarannya akan berbeda dan dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebijakan universitas yang bersangkutan..

Biar kamu punya bayangan, MoneySmart punya daftar biaya kuliah kedokteran dari lima kampus terkemuka di Indonesia nih. Lima universitas ini punya akreditasi A untuk Fakultas Kedokterannya. Berikut daftarnya.

1. Universitas Indonesia (UI)

Menempati posisi ke dua sebagai universitas terbaik di Indonesia versi UniRank 2018, gak sedikit calon mahasiswa yang pengin kuliah di sini. Pencapaian FKUI gak hanya di kancah nasional, tapi juga internasional. Pada 2009 lalu, FKUI pernah menempati peringkat 201 dunia, peringkat 50 se-Asia, dan peringkat ke-5 se-Asia Tenggara.

Pengajuan tarif UKT di UI disesuaikan berdasarkan BOP penanggung biaya. Saat ini ada dua jenis BOP di UI, yakni BOP-Berkeadilan (BOP-B) dan BOP-Pilihan (BOP-P). BOP-B adalah pengajuan tarif UKT berdasarkan kemampuan penanggung biaya, sementara BOP-P adalah pengajuan tarif UKT yang ditentukan sendiri oleh penanggung biaya.

BOP-P ditujukan untuk penanggung biaya yang ingin berpartisipasi membantu biaya operasional pendidikan sarjana reguler di UI sehingga trif UKT BOP-P lebih besar dari BOP-B.

Sarjana Reguler – BOP-B

biaya kuliah kedokteran
(Image: SK Rektor 006 Tahun 2018)

Sarjana Reguler – BOP-P

biaya kuliah kedokteran
(Image: SK Rektor 006 Tahun 2018)

Sarjana Non Reguler

biaya kuliah kedokteran
(Image: SK Rektor 006 Tahun 2018)

Keterangan:

TF = Tuition Fee

AF = Admission Fee

Berdasarkan tabel di atas, sebagai mahasiswa reguler, kamu perlu menyiapkan maksimal Rp 7,5 juta setiap semester ( mengacu pada angka maksimal di kelas 6). Biasanya mahasiswa kedokteran akan lulus dalam waktu 5-6 tahun (termasuk koas) sehingga kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp 7,5 x 12 semester = Rp 90 juta.

2. Universitas Negeri Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Kedokteran UGM merupakan fakultas tertua di Indonesia, lho. Seperti UI, UGM juga masuk dalam universitas terbaik di Indonesia versi UniRank 2018, menempati posisi pertama.

Sebagai informasi, Fakultas Kedokteran UGM kini telah menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK). Nah, kamu yang berminat menjadi anak FKKMK, berikut rincian dana yang perlu kamu siapkan.

Uang kuliah tunggal di UGM untuk jalur penerimaan SNMPTN, SBMPTN, PBU, dan UTUL Tahun 2018  ditentukan berdasarkan jumlah total penghasilan kotor dan penghasilan tambahan ayah dan ibu.

Kategorisasi golongan UKT terdiri dari:

biaya kuliah kedokteran
(Image: um.ugm.ac)

 

biaya kuliah kedokteran
(Image: Akademik UGM)

Berdasarkan tabel UKT di atas, calon mahasiswa kedokteran perlu menyiapkan dana maksimal hinggal Rp 26 juta tiap semesternya. Untuk masa kuliah S1 kedokteran selama sekitar 3,5 tahu,  dilanjutkan dengan masa koas sekitar 2 tahun sehingga masa studi bisa mencapai 5,5 hingga 6 tahun. Untuk biaya UKTnya saja kamu perlu menyiapkan sekitar Rp 26 juta x 12 = Rp 312 juta.

Bukan nominal yang sedikit yah.

[Baca: Cara Bayar Kuliah Sendiri tanpa Tergantung Duit Orang Tua]

3. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Fakultas Kedokteran (FK) UNPAD memiliki dua falsafah utama, yakni kemaslahatan bagi masyarakat dan kebersamaan dalam kesejawatan. Buat kamu yang ingin menetap di Bandung dan belajar di kampus berkualitas di Jawa Barat, UNPAD bisa jadi pilihanmu.

Universitas Padjadjaran menerapkan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada mahasiswa program strata-1 (S1).

Biaya kuliah merupakan dasar penetapan biaya yang dibebankan pada mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah. Sementara uang kuliah adalah sebagian biaya kuliah yang ditanggung oleh tiap mahasiswa. Dengan demikian UKT adalah BKT yang telah dikurangi biaya yang ditanggung pemerintah.

biaya kuliah kedokteran
(Image: Unpad)

Berdasarkan tabel di atas, dengan masa studi selama 6 tahun (termasuk koas), kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp 13 juta x 12 = Rp 150 juta. Kamu juga bisa mencoba jalur bidik misi untuk mendapatkan biaya kuliah kedokteran yang jauh lebih murah.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FKUA) punya visi untuk jadi fakultas kedokteran terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional. Kampus yang berlokasi di wilayah strategis Surabaya ini juga punya akreditas A untuk Fakultas Kedokterannya.

Kamu yang mau jadi arek Suroboyo, berikut rincian dana kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

biaya kuliah kedokteran
(Image: ppmb.unair)

Jika kamu menempuh pendidikan selama kurang lebih 6 tahun (dengan masa koas), dana yang perlu kamu siapkan adalah sebesar maksimal Rp 21,5 ribu x 12 = Rp 258 juta.

[Baca: Ini Dia 4 Jurusan Kuliah yang Biayanya Mahal. Yuk Disiapkan agar Masa Depan Anak Cerah!]

5. Universitas Sumatera Utara (USU)

Beranjak ke Sumatera Utara, ada USU yang sempat masuk dalam 100 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Kemenristek Dikti 2017. USU juga merupakan universitas pertama di Pulau Sumatera yang punya Fakultas Kedokteran nih.

Universitas Sumetera Utara membagi kelompok UKT ke dalam 7 kriteria dengan biaya paling rendah Rp 500 ribu hingga Rp 6,2 juta per semester.  Sistem pembayaran UKT ini berlaku bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur SBMPTN.

biaya kuliah kedokteran
(Image: dtm.usu.ac)

Untuk kuliah kedokteran di USU dengan masa studi 6 tahun (dengan koas), siapkan hingga Rp 6,2 juta x 12 = Rp 74,4 juta.

Itulah kisaran biaya kuliah kedokteran lima perguruan negeri terbaik di Indonesia. Dari kelima universitas di atas, USU adalah universitas dengan biaya pendidikan paling terjangkau. Sementara UGM ternyata punya angka yang paling fantastis dibandingkan empat kampus lainnya.

[Baca: Anak Keterima di Fakultas Kedokteran, Ajuin KTA Buat Biaya Kuliah]

Meski begitu, besaran biaya ini tidak bersifat pasti, kamu tentu bisa mendapatkan biaya yang lebih murah disesuaikan dengan kemampuan keuangan orang tua atau penanggung biaya kuliahmu. Mau lebih murah lagi? Gak ada salahnya untuk mencoba beasiswa dari sekarang.

Jadi udah tahu belum mau kuliah di mana?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.