Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

11 menit
Biaya kuliah dari tahun ke tahun pasti selalu naik. Baik itu universitas negeri maupun swasta sekalipun.

Biaya kuliah dari tahun ke tahun pasti selalu naik. Baik itu universitas negeri maupun swasta sekalipun. Bahkan, per jurusan kuliah memiliki tarif yang berbeda-beda. Terlebih jika kamu memilih jurusan kedokteran, uang ratusan juta rupiah disinyalir bakal keluar selama menempuh pendidikan di sini.

Tetapi gak hanya jurusan-jurusan seperti itu aja yang memiliki biaya cukup besar. Ada beberapa universitas yang khusus di satu bidang ilmu dan mematok biaya cukup fantastis. Meski demikian, biasanya sekolah seperti itu menetapkan tarif yang sama hingga lulus kuliah, berbeda dengan beberapa universitas pada umumnya.

Tetapi meski demikian, kamu tetap membutuhkan kocek lebih dalam untuk bisa sekolah disana. Penasaran, kira-kira berapa sih biaya masuk universitas ternama di sekitar Jakarta? kita simak ulasan berikut ini yuk mulai dari yang paling mahal dulu ya.

Baca juga: 10 Wisata Gratis yang Bisa Kamu Kunjungi di Malaysia, Jangan Kelewat Ya!

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran (Shutterstock).

Menjadi seorang dokter banyak dicita-citakan oleh setiap orang. Kalau kamu salah satunya, wah mesti ekstra belajar ya agar bisa masuk ke jurusan super mahal ini. tetapi hasil atau ilmu yang kamu dapat akan sebanding kok dengan pengeluaran.

Kalau kamu gak merasa memiliki banyak uang, gak ada salahnya menempuh jalur beasiswa. Tentu didukung dengan nilai cukup mumpuni ya. Jangan sampai malah mimpi mu tersebut terkubur gara-gara gak memiliki nilai yang baik. Berikut referensi biaya kuliah di jurusan kedokteran.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) memiliki beberapa jalur masuk untuk bisa berkuliah di sana. Salah satunya jika kamu tertarik ingin masuk ke jurusan kedokteran.

UI telah menetapkan mekanisme Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa, atau dikenal dengan BOP-Berkeadilan (BOP-B). Calon mahasiswa baru mempunyai hak buat bisa mengajukan BOP-B.

Terdapat berkas pendukung yang harus dilengkapi untuk mengajukan BOP-B. Berkas tersebut bakal memberikan gambaran kondisi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa.

UI nantinya akan melakukan verifikasi dan penilaian terlebih dahulu sebelum menetapkan biaya pendidikan yang dibayarkan calon mahasiswa. Dengan demikian, gak semua besaran biaya yang diajukan bakal diterima karena disesuaikan dengan kemampuan finansial penanggung biaya.

Selain itu, terdapat mekanisme lainnya yang disebut BOP-Pilihan (BOP-P). Calon mahasiswa yang mengajukan BOP-P dapat menentukan sendiri biaya pendidikan yang akan dibayarkan.

Dengan memilih BOP-P, calon mahasiswa mempunyai pilihan buat berkontribusi lebih kepada pendidikan. Besaran BOP-P lebih besar dari batas maksimal yang ditetapkan untuk BOP-B.

Jurusan ini terletak di kampus Salemba, terpisah dari kampus utama yang ada di Depok ya. So kamu jangan sampai salah berkunjung. Rincian biaya fakultas kedokteran UI.

FAKULTAS KEDOKTERAN UI
BOP/TF (biaya yang dibayarkan tiap semester) UP/AF (uang pangkal)
Program Sarjana (S1) Reguler
Pendidikan Dokter Reguler Rp 40.000.000 Rp 100.000.000
Program Sarjana Kelas Khusus Internasional (KKI)
Pendidikan Dokter Reguler Rp 40.250.000 Rp 86.250.000
Warga Negara Asing (WNA) Rp 46.000.000 Rp 115.000.000

 

Jadi biaya yang akan kamu keluarkan selama empat tahun kuliah di jurusan kedokteran sampai lulus untuk biaya perkuliahan saja berkisar Rp 500 jutaan. Itu belum termasuk biaya praktik dan segala macam kebutuhan lain selama perkuliahan berlangsung.

2. Universitas Atma Jaya

Tanggal 27 Desember 1967 dikeluarkan Surat Keputusan Yayasan Atma Jaya tentang pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Katolik (UNIKA) Atma Jaya. Kuliah dimulai pada bulan Maret 1968 di kompleks Rumah Sakit St. Carolus.

Mulai tahun akademik 1991/1992 seluruh proses belajar mengajar diadakan di Kampus Pluit, yang terpisah lebih kurang 12 km dari kampus Semanggi dan berada satu lokasi dengan Rumah Sakit Atma Jaya. Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya telah meluluskan dokter-dokter pertamanya pada tahun 1976 dan hingga akhir 2018 telah meluluskan lebih dari 4.700 orang dokter.

Biaya kuliah sendiri, Unika Atma Jaya udah menggunakan sistem grade seperti tahun-tahun sebelumnya. Semua sama rata dan gak ada perbedaan. Total Biaya Kuliah Semester 1 Rp 371.268.000. Berikut rinciannya:

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIKA ATMA JAYA
Kedokteran SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) BKP (Biaya Kuliah Pokok) Harga per SKS Biaya per Semester Pengenalan Kampus Total Biaya Semester 1
Rp 330.000.000 Rp 9.293.000 Rp 30.000.000 Rp 40.018.000 Rp 1.250.000 Rp 371.268.000
Biaya Pendaftaran + Iuran Kegiatan Mahasiswa (IKM) Rp 725.000

 

Jadi biaya yang akan kamu keluarkan selama empat tahun kuliah di jurusan kedokteran sampai lulus untuk biaya perkuliahan saja berkisar Rp 700 jutaan. Itu belum termasuk biaya praktik dan segala macam kebutuhan lain selama perkuliahan berlangsung tapi ya guys.

3. Universitas Yarsi

Yayasan YARSI didirikan buat memenuhi persyaratan pendirian sebuah perguruan tinggi, sebagaimana diamanatkan oleh UU no. 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi. Ide pendirian Fakultas Kedokteran dicetuskan oleh empat dosen Fakultas Kedokteran UI.

Gak cuma Atma Jaya aja nih. Kalau kamu berminat universitas swasta lain ada juga Universitas Yarsi yang gak kalah bekennya kok dengan jurusan kedokteran lainnya. Tapi untuk biayanya eits, bisa bikin geleng kepala banget. Universitas Yarsi terletak di Cempaka Putih. Gampang banget kok buat menemukan kampus ini.

FAKULTAS KEDOKTERAN YARSI
Kedokteran Biaya Pendaftaran Biaya Pengenalan Kampus
Rp 750.000 Rp 900.000
Biaya Pendidikan Semester 1 Semester 2 Semester 3 hingga 8
Rp 300.000.000 Rp 250.000.000 Rp 35.000.000

 

Biaya yang akan kamu keluarkan selama empat tahun kuliah di jurusan kedokteran sampai lulus untuk biaya perkuliahan saja berkisar Rp 800 jutaan. Itu belum termasuk biaya praktik dan segala macam kebutuhan lain selama perkuliahan berlangsung.

4. Universitas Tarumanegara (Untar)

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK UNTAR) ini lahir pada 1 Oktober 1965. Program Studi Profesi dokter berlangsung selama 4 (empat) semester yang merupakan praktek klinik.

Terletak di jalan Letjen S Parman, berikut rincian biaya jurusan kedokteran di kampus ini.

FAKULTAS KEDOKTERAN TARUMANEGARA
Kedokteran Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Biaya per SKS/Blok SKS Total Biaya Semester 1
Rp 350.000.000 Rp 25.000.000 Rp 3.000.000 3 Rp 34.000.000

 

Estimasi total biaya kuliah FK Untar berkisar Rp 700 jutaan jika di total keseluruhan sudah dengan SPP. Tentu ini bergantung pada jumlah blok dan lama kuliah yang ditempuh setiap mahasiswa.

2. Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi (Shutterstock).

Kalau kamu merasa jurusan kedokteran cukup mahal, bisa juga beralih ke jurusan yang juga memiliki minat tinggi seperti Psikologi ini. Untuk biayanya jelas berbeda jauh ya dan jenjang karier cukup menjanjikan.

Lulusan jurusan ini rata-rata akan bekerja di posisi Human Resources Department, menjadi seorang konselor atau bahkan psikolog. Enak kan, kamu bisa membantu orang-orang memecahkan masalah yang terjadi pada diri mereka. Berikut rincian biaya jika ingin menempuh kuliah di jurusan ini.

1. Universitas Indonesia

Sarjana psikologi banyak bergelut dan bekerja di bidang penelitian, SDM, pemasaran, jurnalis, periklanan, LSM, humas, pendidikan, sosial dan sebagainya. Di Fakultas Psikologi UI, jenjang pendidikan S1 bisa ditempuh dalam empat tahun dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi). Untuk menjadi psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Program Magister.

Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp. 100.000-5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per-sks.

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.

FAKULTAS PSIKOLOGI UI
BOP/TF (biaya yang dibayarkan tiap semester) UP/AF (uang pangkal)
Program Sarjana (S1) Reguler
Psikologi Reguler Rp 20.000.000 Rp 25.000.000
Program Sarjana Kelas Khusus Internasional (KKI)
Psikologi Reguler Rp 28.000.000 Rp 17.500.000
Warga Negara Asing (WNA) Rp 28.750.000 Rp 20.000.000

 

Estimasi total biaya kuliah di fakultas ini berkisar Rp 200 jutaan jika di total keseluruhan sudah dengan SPP selama empat tahun. Tentu ini bergantung pada jumlah sks dan lama kuliah yang ditempuh setiap mahasiswa.

2. Unika Atma Jaya

Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya secara resmi didirikan pada 08 Juni 2012 sesuai Surat Keputusan Dirjen DIKTI tentang Pemberian Status, dengan nomor: 267/DIKTI/Kep/1992. Sejak awal berdirinya hingga tahun 2005, kegiatan pendidikan hanya dikonsentrasikan pada Program Studi S-1 Psikologi. Program studi ini mendapat akreditasi A melalui Surat Keputusan No. 004/BAN-PT/Ak-XIII/S1/V/2010.

Mulai tahun 2005, kegiatan pendidikan mulai berkembang dengan didirikannya Program Studi Magister Profesi Psikologi dengan dua jurusan, yaitu Psikologi Industri/Organisasi dan Psikologi Klinis. Pada tahun 2010, program studi ini dilengkapi lagi dengan jurusan Psikologi Pendidikan Anak dan Remaja.

Pada usia ke-20 tahunnya, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya kembali mengembangkan kegiatan pendidikannya dengan mendirikan Program Studi Magister Sains Psikologi.

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIKA ATMA JAYA
Psikologi SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) BKP (Biaya Kuliah Pokok) Harga per SKS Biaya per Semester Pengenalan Kampus Total Biaya Semester 1
Rp 30.000.000 Rp 6.900.000 Rp 635.000 Rp 19.690.000 Rp 1.250.000 Rp 50.940.000
Biaya Pendaftaran + Iuran Kegiatan Mahasiswa (IKM) Rp 725.000

 

Total biaya kuliah hingga selesai di jurusan ini berkisar Rp 200 jutaan. Tetapi estimasi ini belum termasuk biaya praktik atau kebutuhan lain selama perkuliahan berlangsung. Wah lumayan mahal juga ya.

3. Universitas Yarsi

Program pendidikan Psikologi yang dilaksanakan di Universitas YARSI merupakan pendidikan untuk menghasilkan Sarjana Psikologi (S1). Universitas YARSI bekerjasama dengan Universitas Padjajaran Bandung, menyelenggarakan program pendidikan Psikologi dengan titik berat ke arah Psikologi Kesehatan, sejalan dengan pendidikan pada Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.

Untuk menyelesaikan program Pendidikan Psikologi, mahasiswa harus menyelesaikan beban studi kumulatif sejumlah 146 SKS.

FAKULTAS PSIKOLOGI YARSI
Psikologi Biaya Pendaftaran Biaya Pengenalan Kampus
Rp 750.000 Rp 900.000
Biaya Pendidikan Semester 1 hingga 8
Rp 15.000.000

 

Total biaya kuliah hingga selesai di jurusan ini berkisar Rp 150 jutaan. Tetapi estimasi ini belum termasuk biaya praktik atau kebutuhan lain selama perkuliahan berlangsung.

4. Universitas Tarumanagara

Fakultas Psikologi adalah fakultas kelima yang dimiliki Universitas Tarumanagara yang didirikan pada tahun 1994. Setelah melalui serangkaian studi banding ke berbagai universitas swasta di Indonesia, akhirnya pada tanggal 7 Juli 1994 Fakultas Psikologi resmi menjadi bagian Universitas Tarumanagara dan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 048/D/O/1994.

FAKULTAS PSIKOLOGI TARUMANAGARA
Psikologi Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Biaya per SKS/Blok SKS Total Biaya Semester 1
Rp 25.000.000 Rp 6.500.000 Rp 300.000 19 Rp 12.200.000

 

Total biaya kuliah hingga selesai di jurusan ini berkisar Rp 100  jutaan. Tetapi estimasi ini belum termasuk biaya praktik atau kebutuhan lain selama perkuliahan berlangsung. Wah lumayan mahal juga ya.

3. Jurusan Hukum

Jurusan Hukum (Shutterstock).

Kalau kamu merasa tertarik dengan hukum di Indonesia, dan ingin mengubahnya, gak ada salahnya menempuh pendidikan di jurusan ini. Sempat menjadi favorit di SBMPTN tahun 2018 lalu, dengan berkuliah di jurusan ini kamu bisa menjadi seorang pengacara, notaris, atau hakim. Selain itu kamu juga bisa menjadi seorang staf legal maupun diplomat.

Kalau beruntung kamu bisa sebeken pengacara kondang Hotman Paris. Gak cuma terkenal aja kan, dia juga menjadi kaya raya berkat profesi tersebut.

1. Universitas Indonesia

Didirikan pada awal abad ke-20 pada 1909, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) adalah sekolah hukum tertua di Indonesia. Semenjak itu, FHUI menjadi kawah penggodokan ahli-ahli hukum yang memainkan peranan menentukan, tidak hanya dalam membangun sistem hukum, tetapi juga dalam mengukir sejarah bangsa.

Dari FHUI pula kecendekiawanan hukum di Indonesia lahir. Sebagai sekolah hukum tertua milik bangsa, sumbangsih FHUI bagi kelahiran dan tumbuh-kembangnya sistem hukum dan peradilan bangsa tidak lagi diragukan. Belajar sistem hukum dan peradilan Indonesia di FHUI akan terasa seperti mengalami sendiri bagaimana sistem-sistem itu dibuat.

Banyak lulusan FHUI telah meninggalkan jejak mereka pada taraf regional dan internasional. Beribu-ribu lainnya mengisi jabatan-jabatan di dunia peradilan Indonesia, profesi hukum dan akademisi hukum sepanjang masa. Sebagai satu-satunya sekolah hukum dan universitas yang menyandang nama bangsa, menjadi bagian dari sejarah bangsa telah menjadi tradisi bagi lulusan FHUI. Lebih dari sekadar sekolah hukum, FHUI adalah sebuah tradisi.

FAKULTAS HUKUM UI
BOP/TF (biaya yang dibayarkan tiap semester) UP/AF (uang pangkal)
Program Sarjana (S1) Reguler
Hukum Reguler Rp 40.000.000 Rp 30.000.000
Program Sarjana Kelas Khusus Internasional (KKI)
Hukum Reguler Rp 10.000.000 Rp 12.000.000
Warga Negara Asing (WNA) Rp 40.000.000 Rp 30.000.000

 

Untuk total biaya kuliah jurusan hukum di universitas ini berkisar antara Rp 95 jutaan. Tapi ingat nih guys, biaya tersebut hanya uang perkuliahan saja ya. Belum ditambah biaya praktik dan lain-lain selama kurang lebih empat tahun.

2. UNIKA Atma Jaya

Fakultas Hukum didirikan pada tanggal 3 Juli 1965 dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 141 orang. Kuliah dimulai pada awal September 1965 menggunakan gedung SMP St. Theresia, Jakarta Pusat.

Fakultas Hukum Unika Atma Jaya juga mengembangkan Program Academic Venture : certified Human Resources Program (CHRP) yang telah menghasilkan lebih dari 1.000 alumni. Selain itu Fakultas Hukum juga membuka kerjasama dengan berbagai lembaga antara lain : LPSK (Lembaga Perlindungan Sanksi dan Korban), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), RRI (Radio Republik Indonesia), PERADI (Persatuan Advokat Indonesia), dll.

FAKULTAS HUKUM UNIKA ATMA JAYA
Hukum SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) BKP (Biaya Kuliah Pokok) Harga per SKS Biaya per Semester Pengenalan Kampus Total Biaya
Rp 29.000.000 Rp 8.038.000 Rp 450.000 Rp 17.763.000 Rp 1.250.000 Rp 48.013.000
Biaya Pendaftaran + Iuran Kegiatan Mahasiswa (IKM) Rp 725.000

 

Untuk total biaya kuliah jurusan hukum di universitas ini berkisar antara Rp 190-an juta. Tapi ingat nih guys, biaya tersebut hanya uang perkuliahan saja ya. Belum ditambah biaya praktik dan lain-lain selama kurang lebih empat tahun.

3. Universitas Yarsi

Program Studi Ilmu Hukum pada tahun akademik 2007/2008 selain menyelenggarakan Kelas Reguler/pagi juga menyelenggarakan Kelas Karyawan/sore yang dapat diikuti oleh karyawan yang berminat melanjutkan studinya di Fakultas Hukum Universitas YARSI dengan biaya dan kualitas yang bersaing serta waktu yang fleksibel.

FAKULTAS HUKUM YARSI
Hukum Biaya Pendaftaran Biaya Pengenalan Kampus
Rp 750.000 Rp 900.000
Biaya Pendidikan Semester 1 hingga 8
Rp 8.000.000

 

Untuk total biaya kuliah jurusan hukum di universitas ini berkisar antara Rp 70 jutaan. Tapi ingat nih guys, biaya tersebut hanya uang perkuliahan saja ya. Belum ditambah biaya praktik dan lain-lain selama kurang lebih empat tahun.

4. Universitas Tarumanagara

Fakultas Hukum adalah Fakultas tertua kedua yang bernaung di Universitas Tarumanagara yang berdiri sejak 1 Oktober 1962. FH Untar telah meluluskan lebih dari 3200 lulusan yang handal dan profesional.

Lulusan FH Untar telah berhasil berkarir di berbagai bidang profesi hukum sebagai Asisten Notaris, Asisten Pengacara, Asisten Konsultan hukum, Asisten Penasihat Hukum Perusahaan (in-house lawyer), dan Pegawai pemerintahan.

FH Untar telah dan terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, pemerintah, maupun profesi dari dalam maupun dari luar negeri yang sangat menunjang keberhasilan dan keberlanjutan Program S-1 FH Untar.

FAKULTAS HUKUM TARUMANEGARA
Hukum Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Biaya per SKS/Blok SKS Total Biaya Semester 1
Rp 25.000.000 Rp 6.500.000 Rp 300.000 19 Rp 12.200.000

 

Untuk total biaya kuliah jurusan hukum di universitas ini berkisar antara Rp 130-an juta. Tapi ingat nih guys, biaya tersebut hanya uang perkuliahan saja ya. Belum ditambah biaya praktik dan lain-lain selama kurang lebih empat tahun.

Tips memilih universitas yang sesuai

Dunia campus (Shutterstock).

Sebelum kamu memilih mana universitas yang sesuai, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal seperti kredibilitas, akses dari tempat tinggal dan bagaimana lingkungan sekitarnya.

Pasalnya itu akan memengaruhi sebagian besar kehidupan sosial dan profesional kamu di masa depan. Jangan salah ambil keputusan, ada baiknya memang dipikirkan matang-matang. Dilansir laman Telegraph berikut beberapa tips sebelum memilih universitas.

1. Kegiatan

Ingatlah bahwa kuliah gak selalu soal kegiatan belajar saja. Ada beberapa kegiatan yang juga akan kamu ikuti. Ikuti yang benar-benar kamu minati. Jangan hanya karena ikut-ikutan teman. Jika tak menyukai lingkungan tempat tersebut, maka berpikirlah ulang karena kamu bakal menghabiskan waktu cukup lama disana.

Selain itu beberapa fasilitas akademis juga wajib menjadi perhatianmu. Ada universitas dengan fasilitas akomodasi, akademis, dan hiburan yang berada di satu area. Ini akan membuatmu fokus dengan tugas sebagai mahasiswa yang sesungguhnya.

2. Jarak universitas dari tempat tinggal

Jangan lupa, jarak juga menjadi aspek penting ketika kamu memilih kampus. Jangan karena pilihanmu bagus tetapi jaraknya berpuluh puluh kilometer dari rumah. Kalaupun memang alasannya tidak dapat diganggu gugat, ada baiknya cari kost atau kontrakan. Jarak bukanlah hal yang bisa menghancurkan masa depanmu. Jangan karena kejauhan kamu jadi malas-malasan kuliah.

3. Masa studi

Setiap jurusan memiliki masa studi yang berbeda-beda tentunya. Ini yang harus kamu perhatikan, berapa lama kamu akan lulus, berapa durasi maksimal untuk bisa lulus dari jurusan tersebut. Banyak universitas yang menawarkan studi akselerasi. Gelar sarjana bisa diambil hanya dalam waktu 3 tahun.

4. Kenali baik-baik pilihanmu

Sekali lagi, jangan asal pilih universitas ya! Karena ini menyangkut masa depanmu kelak. Jangan kau rusak masa depan yang gak bisa terulang itu dengan salah pilih kampus atau jurusan. Kuliah bukan tempat bermain, disini posisimu sudah semakin tinggi sebagai pelajar, jadi ikutilah rules yang ada dengan baik.

Kalau bingung, kamu bisa membaca beberapa rekomendasi yang ada di internet. Bagaimana akreditasi jurusan yang kamu minati. Kamu juga bisa langsung datang ke bagian konsultasi universitas tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya ya.

Nah itu tadi beberapa rincian biaya kuliah lengkap dengan tips yang bisa membantumu menentukan pilihan. Ingat ya, jurusan apapun, selama menempuh pendidikan dengan baik, saat bekerjapun kamu tidak akan mengalami kendala berarti. Jangan kuliah hanya untuk pamer, tetapi pakailah ilmu itu untuk mengubah nasibmu di masa depan. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan