Biaya Nikah Sederhana Bujet Rp 50 Juta, Ini Cara Wujudkannya

4 menit

Berapa sih idealnya biaya nikah sederhana yang kita butuhkan tanpa mengurangi kesakralan acara? Sebetulnya gak ada aturan baku soal berapa besar kamu harus keluarkan biaya buat pernikahan.

Sebagai masyarakat Indonesia, emang sih kita terbiasa melihat pesta pernikahan yang megah dan meriah. Resepsi ala ratu dan raja semalam. Ditambah lagi jika kita menggunakan adat istiadat tertentu yang menguras kocek cukup banyak.

Biaya nikah jadi momok yang bikin calon pasangan pengantin galau tak berkesudahan. Pernikahan di gedung apalagi pakai jasa wedding orginizer biasanya gak cukup Rp 100 juta. Padahal, bujet yang kamu punya cuma Rp 50 juta. Waduh, jadi nikah gak nih?

Pernikahan yang sakral dan bermakna gak harus habiskan ratusan juta. Sah-sah saja jika kamu punya cukup uang untuk bikin pesta pernikahan yang megah dan meriah dengan bujet tinggi. Tapi, kalau bujetmu saat ini sebesar Rp 50 juta, pesta pernikahan yang eksklusif juga bisa kamu wujudkan kok.

Nah, biar gak galau lagi, ini rincian biaya pernikahan sederhana bujet Rp 50 juta yang bisa jadi referensimu.

1. Tempat dan dekorasi

biaya nikah sederhana
(Image: pinterest)

Alokasikan sekitar 30 persen untuk venue dan dekorasi pernikahan atau sekitar Rp 15 juta.

Jika mau hemat, kamu bisa memilih balai pertemuan warga, balai serbaguna, atau aula sekolah. Tempat-tempat tersebut bertarif maksimal Rp 5 juta.

Nah untuk dekorasi, carilah yang minimalis namun tetap elegan. Sebagai survey awal, kamu bisa mencari melalui akun Instagram seperti akun Kimikaya decoration atau Rona Pagi

2. Katering

biaya nikah sederhana
(Image: lifestyle Okezone)

Bujet katering sangat tergantung dengan jumlah tamu yang kamu undang. Untuk bisa tetap on budget alokasikan maksimal 30 persen atau Rp 15 juta khusus untuk katering.

Sebagai gambaran, jika kamu mengundang 200-300 tamu undangan, cari katering yang menawarkan paket sekitar Rp 40.000-50.000/pax seperti di Sakinah Wedding.

Kualitas katering bukan dari jumlah atau jenisnya tapi yang terpenting rasanya. Lebih baik pilih sedikit menu tapi rasanya terjamin enak, daripada beragam tapi dengan rasa biasa aja.

Untuk memangkas biaya tempat pernikahan, kamu juga bisa memilih venue yang menyediakan paket dengan catering, hiburan, MC, bahkan kue pengantin sekaligus.

3. Busana dan tata rias

biaya nikah sederhana
(Image: Tribun)

Busana pengantin hanya akan kamu pakai sekali seumur hidup, jadi pangkas biaya dengan menyewa aja. Pilih sanggar atau tempat penyewaan baju pengantin yang terjangkau dengan estimasi biaya maksimal Rp 5 juta meliputi 2 baju untuk masing-masing mempelai, 4 seragam orangtua, rias pengantin, rias orang tua dan keluarga, dan seragam saudara.

4. Undangan dan suvenir

Sebagus apa pun undangan pernikahan, tak jarang akan berakhir di tempat sampah. Biar gak sayang dan makin hemat, kamu bisa membuat undangan berbasis digital melalui layanan situs perencana seperti wedivite, evite,dan lainnya.  Dengan begini, biaya undanganmu jadi nol rupiah.

Kalaupun ingin tetap membuat undangan fisik, kamu bisa membuat sendiri diengan aplikasi editing yang praktis seperti Canva.

Buat suvenirnya, selain lebih hemat akan lebih bermakna jika kamu buat secara homemade. Contohnya kaya yang di bawah ini nih:

biaya nikah sederhana
(Image: pinterest)

Alokasikan anggaran sekitar Rp 2 juta untuk undangan dan suvenir.

5. Biaya KUA atau berkas lainnya

Kalau gak mau mengeluarkan sepeser pun untuk KUA, menikahlah langsung di KUA pada hari kerja. Sementara untuk biaya KUA di hari libur sekitar Rp 600.000.

Alokasikan maksimal Rp 1 juta buat biaya KUA, pengurusan berkas-berkas pernikahan, sekaligus biaya transportasi selama mengurus.

6. Dokumentasi

biaya nikah sederhana
(Image: Alienco)

Gak perlu keluar banyak bujet buat dokumentasi. Batasi anggaran maksimal Rp 5 juta untuk biaya ini. Jika rajin mencari kamu akan menemukan banyak jasa dengan tarif di bawah itu.

Nah, kalau punya teman yang punya hobi fotografi kamu bisa manfaatkan jasanya dengan tarif yang lebih terjangkau. Dengan begini, acara pernikahanmu dapat sekaligus menambah portofolionya.

7. Hiburan

Jasa penyanyi pernikahan biasa sekitar Rp 1-2 juta belum termasuk biaya latihan, busana, dan alat musik. Untuk itu, sediakan bujet maksimal Rp 3 juta.

Jika mau biaya nikah sederhana lebih hemat lagi, kamu bisa mengundang teman atau keluarga untuk menyanyi sehingga biaya yang dikeluarkan hanya untuk biaya alat musik atau organ tunggal. Cara ini juga bisa menambah keseruan acara pernikahanmu.

8. Biaya tak terduga

Dari total anggaran di atas, kamu masih punya sisa Rp 4 juta untuk biaya tak terduga. Biaya tak terduga dalam pernikahan meliputi biaya konsumsi panitia, transportasi, dan biaya jamuan tamu atau keluarga besar di rumah.

Daftar anggaran di atas bisa menjadi sangat fleksibel tergantung kebutuhanmu. Misalnya, jika kamu ingin membuat pesta yang lebih privat dan hanya mengundang sedikit tamu, biaya katering bisa kamu pangkas dan alokasikan ke hal lain atau bisa kamu upgrade dengan menu yang lebih spesial.

Biar tetap sesuai bujet, buatlah rencana anggaran biaya nikah sederhana sedetail mungkin dan patuhi rencanamu. Pahami hal apa yang ingin kamu tonjolkan dalam pernikahanmu sehingga dapat mengefisienkan biaya lebih mantap lagi.

Semoga rincian biaya nikah sederhana bujet Rp 50 juta ini berguna buatmu yah!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!