Harganya Rp 2,8 Jutaan, Ini 8 Negara dengan Biaya Pembuatan Paspor Termahal!

4 menit
Biaya pembuatan paspor
Harganya Rp 2,8 Jutaan, Ini 8 Negara dengan Biaya Pembuatan Paspor Termahal!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di Indonesia sendiri kita mengetahui bahwa biaya pembuatan paspor terdiri dari beberapa harga tergantung jumlah halaman dan jenis buku yang digunakan. Gak sedikit bahkan ada orang yang rela menggunakan jasa calo agar proses lebih mudah dan cepat dengan konsekuensi harga jauh lebih mahal ketimbang nominal aslinya.  

Tapi apa jadinya jika uang jutaan rupiah merupakan harga yang harus kamu keluarkan ke negara sebagai biaya administrasi dan keperluan lainnya?

Itulah yang terjadi di beberapa negara lainnya menerapkan harga tinggi bagi siapapun pengin membuat kartu tanda pengenal mancanegara alias paspor. Deretan negara ini memiliki harga mahal lho buat warganya yang pengin bikin paspor

Daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih daftar negara dengan biaya pembuatan paspor termahal di dunia berikut ini, melansir dari Traveller.

Baca juga: Jangan Kaget! Ini 5 Barang Receh yang Dijual dengan Harga Selangit hingga Miliaran

8. Biaya pembuatan paspor di Singapura mencapai Rp 820 ribuan

Biaya pembuatan paspor
Bikin paspor di Singapura segini lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Negara pertama yang masuk dalam daftar biaya pembuatan paspor termahal di dunia adalah Singapura. Seperti yang kita ketahui warga Singapura sendiri sebagian besar hidup di atas garis kemiskinan alias memiliki tingkat kesejahteraan yang baik. 

Pantas aja kalau urusan traveling pemerintah mematok harga yang lumayan tinggi untuk membuat paspor. Diperkirakan harga rata-rata yang dikeluarkan oleh warga Singapura membuat paspor sekitar 800 Dollar Singapura atau setara Rp 820 ribuan.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara Daftar Paspor Online dan Persyaratannya

7. Britania Raya mematok harga Rp 1,3 jutaan buat biaya pembuatan paspor

Biaya pembuatan paspor
Britania Raya mematok Rp 1,3 jutaan buat warganya yang pengin bikin paspor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya ada negara asal Ratu Elizabeth II yakni Britania Raya. Di negara ini juga diberlakukan buat biaya pembuatan paspor tergolong mahal lho.

 Untuk biaya pembuatan paspornya sendiri berkisar di angka 85 Euro atau setara Rp 1,3 jutaan untuk orang dewasa dengan jumlah 50 halaman.

Baca juga: Gak Ribet! Begini Langkah Mengganti Paspor Lama dengan yang Baru

6. Selandia Baru menyentuh Rp 1,7 jutaan

biaya pembuatan paspor
Selandia Baru menyentuh Rp 1,7 jutaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Duduk di posisi keenam ada Selandia Baru yang masuk dalam benua Oceania bersama dengan Australia. Salah satu pendapatan terbesar yang didapatkan oleh pemerintah Selandia Baru dalam anggaran pemerintahannya berasal dari sektor wisata.

Untuk harga pembuatan paspornya sendiri mencapai 191 Dollar New Zealand atau setara Rp 1,7 jutaan untuk orang dewasa. 

5.  Warga Amerika Serikat dikenakan biaya Rp 2 jutaan

biaya pembuatan paspor
Warga Amerika Serikat mesti rela merogoh kocek Rp 2 jutaan buat bikin paspor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biaya paspor termahal kelima di dunia diduduki oleh Negeri Paman Sam. Dengan jumlah penduduk mencapai 327 juta jiwa, potensi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi ke luar negeri juga kemungkinan meningkat setiap tahunnya.

Buat kamu yang penasaran berapa biaya rata-rata pembuatan paspor di negara tersebut tercatat sekitar US$ 145 atau setara Rp 2 jutaan aja.

4. Kanada banderol harga paspor Rp 2,2 jutaan

biaya pembuatan paspor
Sebesar Rp 2,2 jutaan warga Kanada merogoh kocek buat bikin paspor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keempat ada negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat yakni Kanada. Negara ini merupakan salah satu negara di dunia yang membolehkan warganya memiliki 2 kenegaraan sama halnya seperti Amerika Serikat.

Kebijakan tersebut membuat penduduk di sana berasal dari berbagai macam budaya yang bercampur mulai dari Prancis hingga Inggris semua berkumpul di negara Kanada.

Sedangkan untuk biaya paspor di Kanada berada di angka sekitar US$ 160 atau setara Rp 2,2 jutaan untuk yang masa berlakunya 10 tahun.

3. Warga Swiss harus kocek Rp 2,5 jutaan

biaya pembuatan paspor
Warga Swiss yang pengin bikin paspor mesti merogoh kocek Rp 2,5 jutaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya ada Swiss yang menjadi salah satu tujuan destinasi favorit di seluruh dunia karena pemandangan alam terutama gunungnya sangat menawan.

Selain keindahan alamnya, Swiss juga menjadi salah satu negara paling sejahtera di seluruh dunia dari sisi indeks kebahagiaan masyarakatnya. Namun jika kamu pergi ke sana siap-siap buat mengeluarkan kocek lebih karena harga barang di negara ini terbilang cukup mahal.

Buktinya untuk bisa membuat paspor kamu membutuhkan paling gak biaya sekitar US$ 182 atau setara Rp 2,5 jutaan.

2. Masyarakat Turki mesti merogoh kocek kisaran Rp 2,6 jutaan

Biaya pembuatan paspor
Buat warga Turki mesti merogoh kocek di angka Rp 2,6 jutaan buat bikin paspor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Duduk di urutan runner up ada negara yang sebagian wilayahnya masuk di benua Asia dan sebagian di Eropa.

Pemerintahan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan membanderol buat siapapun yang pengin membuat paspor dengan biaya rata-rata sekitar US$ 180 atau sekitar Rp 2,6 jutaan.

1. Australia berada di angka Rp 2,8 jutaan buat bikin paspor

biaya pembuatan paspor
Sebesar Rp 2,8 jutaan, warga Australia mesti mengeluarkan uang buat bikin paspor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terakhir ada negara asal binatang Kanguru yakni Australia. Siapa sangka negara yang letak geografisnya gak terlalu jauh dengan Indonesia ini ternyata memiliki biaya pembuatan paspor terbilang mahal mencapai 293 Dollar Australia atau setara Rp 2,8 jutaan.

Sama seperti halnya Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, Swiss dan Turki, Australia juga mengakui penduduk yang memiliki 2 kewarganegaraan.

Nah, itulah sedikit informasi terntang biaya pembuatan paspor termahal di dunia. Dari kedelapan negara tersebut bisa dilihat bahwa mayoritas yang masuk adalah negara yang mengakui lebih dari satu kewarganegaraan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1