Parno Lihat Tagihan Rumah Sakit Membengkak? Ikuti 5 Tips buat Mengatasinya

3 menit
Parno Lihat Tagihan Rumah Sakit Membengkak? Ikuti 5 Tips buat Mengatasinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berobat masih menjadi momok bagi sebagian orang karena biayanya yang gak terduga. Apalagi buat yang gak mengikuti asuransi kesehatan, pasti bakal menguras isi dompet nih. Tapi hal tersebut bisa kamu hindari dengan menyimak 5 tips mengatasi biaya rumah sakit yang makin mahal.

Menyadari bahwa biaya berobat hari ini tidaklah murah, kesadaran buat menjalankan pola hidup yang sehat pun mulai diikuti oleh banyak orang. Agar dapat beraktivitas secara optimal, seseorang wajib menjaga kesehatannya dengan baik.

Bisa itu dengan berolahraga, mengkonsumsi vitamin dan menjaga pola asupan makanan setiap harinya.

Walaupun demikian, terserang sakit bukanlah hal yang mampu kita hindari sepenuhnya. Suatu saat kita pasti bakal jatuh sakit dan membutuhkan uang yang jumlahnya gak sedikit.

Parahnya bila kita harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Udah pasti tagihannya bakal membengkak.

Terdapat beberapa kasus dimana pasien rawat inap dilarang buat pulang karena belum mampu membayar tagihan keseluruhan. Kejadian kaya gini bikin hati kita sedih melihat betapa kerasnya aturan yang dibuat.

Supaya kamu gak mengalami kejadian serupa, sebaiknya kamu simak 5 tips berikut ini yang bisa membantu ketika membayar tagihan rumah sakit:

Baca juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Buat yang Bergaji Rp 4 Juta

1. Cek lagi tagihannya

Rumah sakit
Cek tagihan sebelum keluar dari rumah sakit itu perlu banget lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Dikutip dari US News, jangan kaget dulu ketika pertama kali kamu melihat jumlah tagihan yang harus dibayar. Alangkah baiknya buat mengecek kembali rincian perawatan serta obat yang diberikan oleh rumah sakit.

Apakah udah sesuai sama yang didapatkan atau belum, karena jika terdapat kesalahan kamu berhak mengajukan keberatan dan bisa mengurangi total tagihan. Untung banget kalau jumlah yang keliru termasuk mahal.

Beberapa rincian yang mesti kamu cek lagi antara lain adalah biaya kunjungan dokter, waktu menginap, tindakan dan fasilias medis yang digunakan selama perawatan. Ketiga hal itu yang biasanya terjadi kesalahan.

Baca juga: Siap-Siap! 7 Pekerjaan Bergaji Tinggi Ini Akan Berkurang Drastis

2. Konsultasikan bersama dokter

Rumah sakit
Konsultasikan dengan dokter sebelum dirimu berobat, (Ilustrasi/Pixabay).

Dalam setiap penanganan yang dilakukan oleh dokter tentu memerlukan ijin dari pihak keluarga terkait. Nah, dalam mengambil suatu keputusan sebaiknya kamu bertanya dulu berapa biaya yang dibutuhkan buat melakukan penanganan medis tersebut. Apakah terlalu memberatkan atau gak.

Kalau dirasa terlalu mahal kamu bisa menanyakan alternatif lainnya supaya upaya penyembuhan masih bisa dilakukan. Intinya adalah jangan takut atau gengsi menanyakan biaya yang mesti dikeluarkan. Biar total tagihannya masih dalam jangkauan dompet kamu.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Terbaik seperti Apa Sih? Ini yang Harus Diketahui

3. Minta keringanan biaya

Rumah sakit
Minta keringanan biaya berobat itu juga bisa lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Beberapa rumah sakit ada yang bisa menerima keringanan biaya melalui status keluarga kurang mampu. Fasilitas ini mesti kamu maksimalkan bila kamu emang benar-benar gak ada duit lagi buat membayar tagihan.

Selain keringanan biaya, ada juga yang menerima pembayaran melalui metode cicilan dengan atau tanpa bunga. Cara ini  sangat membantu orang yang baru mendapatkan uang pada periode tertentu.

4. Cari rumah sakit yang tepat

Rumah sakit
Pilih tempat berobat yang tepat ya jangan sampai salah, (Ilustrasi/Pixabay).

Sebelum menentukan di mana tempat yang dituju buat melakukan perawatan ada baiknya agar melakukan survei berapa lokasi yang kira-kira cocok dikunjungi. Fasilitas dan layanan juga perlu menjadi perhatian dalam menentukan pilihan.

Bila kamu mau memanfaatkan fasilitas dari BPJS Kesehatan juga bisa, caranya dengan datang dulu ke Puskesmas terdekat dan meminta surat rujukan ke salah satu mitra BPJS Kesehatan terdekat. Namun, kelas pelayanannya tergantung dari premi yang kamu bayarkan setiap bulannya, ada kelas 3, kelas 2 dan yang tertinggi kelas 1.

5. Manfaatkan asuransi

Rumah sakit
Manfaatkan asuransi yang kamu miliki buat berobat, (Ilustrasi/Pixabay).

Menggunakan asuransi kesehatan bisa dikatakan menjadi salah satu cara paling efektif buat menghemat biaya perawatan. Walaupun setiap bulannya kita tetap membayar, tapi kadang jika lagi diperlukan bisa sangat membantu lho.

Maksimalkan fasilitas asuransi, kamu mesti mengetahui berbagai macam peraturan yang dibuat oleh pihak asuransi supaya proses klaim bisa berlangsung dengan lancar serta cepat.

Gimana nih sekarang? Udah gak perlu takut lagi kan buat berobat ke rumah sakit. Kamu bisa mencoba 5 tips tersebut buat menghemat biaya perawatan. Kalau mau lebih hemat lagi ya kamu harus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti istilah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan