Bikin Ngelus Dada, Ini Harga Deretan Mobil Sport Milik 3 Koruptor Indonesia

3 menit
mobil sport

Kamu tahu gak sih kalau koruptor-koruptor itu hobi memelihara mobil sport?

Wikipedia menjelaskan bahwa mobil sport adalah mobil yang ukurannya gak terlalu besar tapi performa dan pengendaliannya cukup baik. Mobil-mobil itu terinspirasi dari mobil balap di sirkuit.

Udah tahu dong, kalau judulnya aja mobil sport, harganya pasti gak main-main. Gak bisa disamakan sama Avanza, Mobilio, apalagi Wuling.

Selain harganya mahal, biaya perawatannya juga luar biasa tinggi. Apalagi pajaknya.

Pajak Lamborghini di Jakarta aja udah mencapai ratusan juta per tahun. Apa kabar kalau dia punya lebih dari satu supercar itu ya. Kalau sampai bayar pajaknya pakai uang korupsi, bener-bener gak tahu diri deh.

So, apa aja sih mobil-mobil sport yang dimiliki koruptor-koruptor kelas kakap di Indonesia? Dan berapa harganya? Mari kita simak ulasannya.

1. Abdul Latief

mobil sport
BMW milik Abdul Latief (Grid Oto)

Masih ingat sama mantan Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif? Pria yang punya banyak mobil mewah ini ternyata memiliki mobil sport BMW 640i Coupe.

Di belakangnya aja udah ada embel-embel coupe alias dua pintu. Udah pasti ini adalah varian sport yang cukup mahal. Walaupun udah gak dijual di pasaran, harga mobil ini pernah mencapai Rp 1,9 miliar dan bekasnya pun masih Rp 1,2 miliar.

Kapasitas mesin mobil ini mencapai 2.979 cc, dilengkapi dengan dua turbocharger, valvetronic, double VANOS, dan teknologi injeksi tingkat tinggi. Jelas banget, mesin BMW 640i Coupe bukan mesin sembarangan, tenaganya luar biasa besar.

Tenaga maksimumnya mencapai 320 Hp di 5.800 rpm. Sementara itu, torsi maksimal ada di 450 Nm di 4.500 rpm. Mobil ini juga punya delapan percepatan dan cuma butuh 5,8 detik buat melesat dari 0 ke 100 km per jam.

2. Tubagus Chaery Werdana

mobil sport
Koleksi mobil Tubagus Chaery Werdana (Tempo)

Pria ini adalah adik dari Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten yang tersandung kasus korupsi. Pria yang akrab disapa Wawan ini kerap disebut sebagai pihak yang juga terlibat dalam korupsi alat kesehatan.

Apa aja mobil-mobilnya? Ternyata banyak banget lho. Nih daftarnya:

a. Ferarri California – Rp 5,8 – Rp 6 miliar

Mobil sport yang satu ini diproduksi tahun 2013. Ferrari California menggendong mesin 4,3 liter dengan delapan silinder. Tenaga maksimalnya sanggup menembus 453 Hp di 7.750 rpm dan torsi maksimal di 485 Nm di 5 ribu rpm.

b. Lamborghini Aventador – Rp 9 – Rp 11 miliar

Wuih, dia juga punya mobil yang sama dengan Cristiano Ronaldo dan Raffi Ahmad! Lamborghini Aventador punya Kapasitas mesin Aventador 6.498 cc, Tenaga maksimalnya juga luar biasa besar yaitu 709 Hp. Sedangkan torsi maksimalnya di angka 690 Nm.

c. Nissan GTR – Rp 3 miliar

Gak ketinggalan, Wawan juga punya mobil yang dipakai drifter top dunia, Daigo Saito. Mobil ini dipersenjatai mesin VR38DETT, 3.799 cc DOHC, enam silinder. Daya maksimalnya mencapai 478 Hp di 6.400 rpm, dan torsi maksimalnya di 434 Nm di 5.200 rpm.

d. Porsche Panamera – Rp 3,5 miliar

Panamera merupakan varian mobil sport buatan Porsche yang jadi penerus varian Boxter. Mesin mobil ini kapasitasnya 3.605 cc dan bisa menyemburkan tenaga maksimal hingga 315 Hp.

3. Heru Sulaksono

mobil sport
VW Beetle Heru Sulaksono (Tribunnews)

Kamu tahu dia siapa? Dia adalah Kepala Cabang Nindya Karya Aceh dan Sumatera Utara yang terlibat dalam kasus korupsi proyek Dermaga Subang.

Mobil sport miliknya adalah VW Beetle 2011 yang benar-benar jarang dijual di pasaran alias langka. Sejatinya ini adalah mobil sport kompak reinkarnasi dari VW kodok jadul, bukan sport seperti mobil milik Abdul Latief atau Wawan. Tapi tetap aja harganya mahal, Rp 500 jutaan.

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1,4 liter dan sanggup menghembuskan tenaga maksimal sebesar 158 Hp di 5.800 rpm.

Gak semua koruptor punya mobil sport, tapi…

Bicara soal mobil berkategori sport, tentunya Tubagus Cahery Werdana yang punya koleksi terbanyak. Garasi rumahnya mungkin udah kayak film Fast and Furious.

Emang sih gak semua mereka yang diciduk oleh Komsisi Pemberantasan Korupsi alias KPK pasti punya mobil sport. Namun rata-rata mereka punya mobil mewah.

Nah mobil mewah itu sendiri cukup luas, ada SUV, MPV, maupun sedan. Harganya pun 11:12 dengan mobil sport.

Tertarik punya mobil sport seperti mereka? Boleh aja, asal jangan beli pakai duit hasil korupsi ya.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!