Modali Bisnis Anak Jokowi dan Kopi Kenangan, Ini 4 Fakta tentang Alpha JWC Ventures

3 menit
bisnis anak jokowi
Gibran Rakabuming Raka (kanan). (Instagram/@goola.id)

Startup minuman Goola, yang adalah bisnis anak Jokowi, meraih pendanaan dari pemodal ventura, Alpha JWC Ventures. Kabar disuntiknya bisnis es doger milik Gibran Rakabuming bikin heboh. Pasalnya, dana yang diraih mencapai US$ 5 juta atau sekitar Rp 70 miliar.

Berita pendanaan startup minuman Goola oleh Alpha JWC Ventures telah tersiar sejak Jumat lalu (16/8). Menariknya, bisnis anak Jokowi ini baru berjalan satu tahun pada 17 Agustus lalu. Goola didirikan pada 17 Agustus 2018 oleh Gibran Rakabuming bersama Kevin Susanto.

Seperti yang udah disebutkan di atas, Goola merupakan merek dagang dari minuman es doger jeger, es kacang hijau, dan es goola aren. Walaupun minuman tersebut terkesan umum, Goola menyajikan versi yang lebih menarik dan modern.

Namun, tetap aja banyak orang penasaran kenapa Alpha JWC Ventures mau menggelontorkan dana jutaan dolar buat bisnis anak Jokowi. Menarik buat diulas, berikut ini fakta-faktanya.

Baca juga: Siap Mendunia, Ini 5 Strategi Bisnis Gibran Rakabuming yang Bisa Ditiru

1. Bisnis anak Jokowi Goola punya potensi go international

bisnis anak jokowi
Gibran Rakabuming Raka (kanan). (Instagram)

Bukan tanpa alasan Alpha JWC Ventures berani mendanai startup minuman Goola. Seperti yang dilansir dari Viva, pemodal ventura (venture capitalist) ini yakin kalau Goola bakal berkembang, apalagi antara Goola dan Alpha JWC Ventures punya misi dan ambisi yang sama.

Bahkan, Alpha JWC Ventures memiliki keyakinan kalau bisnis anak Jokowi ini berpotensi go international. Besaran suntikan dana ini menurut Alpha JWC Ventures telah disesuaikan dengan valuasi, kebutuhan, dan potensi dari startup itu sendiri.

Baca juga: Beli Rumah Laudya Cynthia Bella, Ini Sumber Kekayaan Bobby Nasution Menantu Jokowi

2. Selain bisnis anak Jokowi, Alpha JWC Ventures juga menjadi pemodal Kopi Kenangan

bisnis anak jokowi
Kopi Kenangan. (Instagram/@kopikenangan.id)

Mendanai startup minuman bukan baru kali ini aja dilakukan Alpha JWC Ventures. Sebelum menyuntikan dana ke bisnis anak Jokowi, pemodal ventura ini telah gelontorkan dana US$ 8 juta atau sekitar US$ 120 miliar ke usaha ritel kopi grab-and-go, Kopi Kenangan.

Dana sebesar itu digolongkan sebagai pendanaan tahap awal (seed funding) buat Kopi Kenangan. Memperoleh dana sebesar itu, Kopi Kenangan disebut-sebut bakal buka banyak toko baru, mengembangkan produk, hingga membuat aplikasi khusus smartphone.

Sebagai informasi, Kopi Kenangan mulai muncul pada Agustus 2017. Bisnis ini didirikan Edward Tirtanata dan James Prananto. Dalam waktu setahun sejak didirikan, Kopi Kenangan telah mendirikan 16 toko di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Nih 4 Anak Presiden yang Tajir Banget dengan Menjadi Pebisnis

3. Alpha JWC Ventures adalah salah satu pemodal ventura di Asia Tenggara

bisnis anak jokowi
Tim Alpha JWC Ventures. (alphajwc.com)

Dilansir dari website resminya, Alpha JWC Ventures diketahui sebagai salah satu pemodal ventura (venture capitalist) di Asia Tenggara. Pendanaan yang dilakukannya terfokus pada startup-startup yang berdiri di Indonesia.

Alpha JWC Ventures didirikan Chandra Tjan bersama Jefrey Joe dan Will Ongkowidjaja. Perusahaan pemodal ventura ini didirikan dengan tujuan mendukung para entrepreneur inovatif lewat pendanaan.

Model startup yang berkecimpung di sektor financial technology (fintech) dan sustainable consumer menjadi sektor yang dilirik Alpha JWC Ventures buat didanai. Terus, startup-startup yang didanai adalah startup yang dapat memberi dampak positif.

4. Ada sekitar 30 startup yang telah didanai Alpha JWC Ventures

bisnis anak jokowi
Sejumlah startup yang dapat pendanaan dari Alpha JWC. (alphajwc.com)

Sejauh ini jumlah startup yang telah didanai Alpha JWC Ventures telah mencapai 30 startup, termasuk di dalamnya Goola dan Kopi Kenangan. Beberapa startup di antaranya cukup populer di Indonesia. Sebut aja UangTeman, OnlinePajak, Kredivo, Jualo, TaniHub, hingga Lemonilo.

Serupa dengan Goola dan Kopi Kenangan, dana yang dikucurkan buat startup-startup tersebut bukan main besarnya. Contohnya aja OnlinePajak yang pada tahun 2017 menerima pendanaan dari Alpha JWC Ventures sebesar US$ 3 juta – US$ 5 juta.

Itu tadi beberapa fakta tentang pemodal ventura Alpha JWC Ventures yang menyuntikan dana ke bisnis anak Jokowi. Ke depan, kalau bisnis Goola yang dikelola Gibran berkembang, boleh jadi bisnis tersebut bakal mendapat pendanaan lanjutan lagi dari Alpha JWC Ventures. (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!