Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Bisa Untung Besar? Ini Lho Rahasia Suksesnya

3 menit
Bisnis coffee shop menjadi salah satu usaha menjanjikan saat ini (Shutterstock).

Bisnis coffee shop kian menjamur saat ini. Coba aja tengok sepanjang jalan-jalan ibu kota yang ramai lalu lalang kendaraan. Pasti kamu bakal ketemu satu atau dua tempat minum kopi.

Malah resto cepat saji seperti McDonald’s juga ikut-ikutan jualan kopi melalui gerai McCafé. Begitu juga dengan MD Corp yang dikepalai Manoj Punjabi yang baru-baru ini menjalin kerja sama dengan perusahaan Korea dan Hong Kong dalam rangka bangun bisnis coffee shop.

Fenomena bermunculannya bisnis coffee shop ini cukup beralasan. Sebab animo orang-orang Indonesia minum kopi lagi bagus-bagusnya. Tahun 2018 aja tingkat konsumsinya udah mencapai 314 ribu ton. Diperkirakan tahun 2021 jumlahnya meningkat jadi 369 ribu ton.

Melihat ini gimana gak banyak orang yang terjun ke bisnis coffee shop? Walaupun begitu, menjalankan bisnis ini bukanlah hal yang mudah lho.

Selain kerja keras, pengalaman, dan sedikit keberuntungan, ada beberapa rahasia di balik suksesnya bisnis coffee shop yang populer saat ini. Dikutip dari Forbes, berikut ini adalah beberapa rahasianya.

Baca juga: Gak Pengin Keluar Bujet Lebih, Ini Tips Hemat Wisata di Singapura

1. Selalu konsisten sajikan kopi espresso terbaik

Kopi Espresso (Pixabay).

Dalam bisnis coffee shop, kualitas kopi cukup menentukan sukses atau gagalnya bisnis ini berjalan. Banyak penikmat kopi yang jadi pelanggan setia karena rasa kopi yang disajikan coffee shop tersebut.

Biasanya nih penikmat kopi bakal mencicipi dulu kopi espresso yang dijual coffee shop. Kalau kopi hitam ini aja rasanya udah oke, rasa varian kopi lainnya pun juga cenderung oke.

Sebab espresso menjadi bahan semua varian kopi yang ada. Misalnya aja ada varian minuman kopi yang rasa kopinya benar-benar berasa. Ada juga varian yang rasa kopinya cenderung hambar. Rata-rata penikmat kopi lebih menyukai rasa kopi yang cukup kuat.

Gak cuma itu, menyajikan kopi espresso dengan rasa terbaik secara konsisten juga menjadi faktor kenapa bisnis coffee shop bertahan terus, bahkan bisa memperluas jaringannya. Itulah kenapa penting menjaga kualitas rasa dari kopi espresso kalau pengin bisnisnya laris.

2. Penataan ruang coffee shop

coffee shop (Shutterstock).

Banyak orang yang mampir ke coffee shop bukan sekadar menikmati rasa minuman kopinya semata. Cukup banyak dari mereka yang kepengin merasakan suasana minum kopi di coffee shop.

Coba aja kamu mampir di beberapa coffee shop yang ramai pengunjungnya. Pastinya suasana yang ditawarkan coffee shop tersebut bikin kamu betah berlama-lama menyeruput kopi di sana.

Makanya banyak coffee shop yang cukup populer menata sebaik mungkin suasana ruangan buat minum kopi. Paling mudah sih menyerahkan penataan ini ke jasa interior design yang emang ahlinya.

Atau kamu juga bisa mencari-cari inspirasi dengan mengunjungi beberapa coffee shop atau mencarinya di internet. Kemudian memodifikasinya sedikit supaya gak terlihat sama persis.

Asal tahu aja nih, orang-orang yang betah berlama-lama di coffee shop rata-rata bakal memberi review bagus atau berswafoto lalu mem-posting-nya di akun media sosial mereka. Kalau sampai viral, bisnis kamulah yang nantinya diuntungkan.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

3. Maksimalkan penggunaan media sosial buat mempromosikan bisnis coffee shop

Sosial media (Ilustrasi).

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis coffee shop bisa dikenal banyak orang tergantung pada cara mempromosikannya. Sekarang ini media sosial menjadi sarana mempromosikan barang atau jasa yang terbilang efektif.

Seperti yang kamu tahu, saat ini jumlah pengguna media sosial itu sangat banyak. Bahkan, jumlahnya bakal terus bertambah.

Karena itu, manfaatkan media sosial seperti Instagram ataupun Facebook dalam memperkenalkan bisnis coffee shop milikmu. Kalau ada modal, gak ada salahnya buat beriklan agar mempercepat promosi bisnis.

4. Berikan kartu loyalitas

Kedai kopi (Shutterstock).

Pemberian kartu loyalitas rupanya cukup berpengaruh dalam menjaga jumlah pelanggan yang berkunjung ke coffee shop kamu. Pada kartu loyalitas ini, kamu bisa memberi apresiasi ke pelangganmu dengan kasih kopi gratis saat kunjungan yang keenam atau kedelapan kalinya.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

Adanya apresiasi atau reward seperti itu cenderung mendorong para pelanggan buat terus datang atau membeli kopi di tempatmu. Sebab mereka sebagai pelanggan merasa dihargai.

Nah, itu tadi beberapa rahasia sukses dari populernya bisnis coffee shop. Pokoknya asal benar-benar dijalankan, niscaya bisnis jualan kopimu menghasilkan untung deh. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan