Bisnis Kecantikan di Indonesia Mengarah ke Korea Selatan, Idamkan Wajah Glowing

3 menit
Bisnis kecantikan di Indonesia mengarah ke Korea Selatan (Shutterstock).

Bisnis kecantikan di Indonesia saat ini sudah semakin meluas. Tak sedikit kaum milenial yang memiliki ketertarikan terhadap industri kecantikan. Terlebih ketika kecantikan saat ini berkiblat ke arah Korea Selatan.

Gak dapat dipungkiri bahwa saat ini pelaku bisnis mulai membuat inovasi-inovasi baru guna menggaet pelanggan. Salah satunya dengan membuat teknologi setara dengan kualitas kecantikan ala perempuan Korea.

Hal ini pula yang membuat Dr Evita Verani menjalani bisnis kecantikan. Meski diakui oleh dia tak terbesit sedikitpun untuk menggeluti bisnis tersebut. Modal utama yang dimilikinya hanyalah passion dan hobi. Tentunya, diimbangi dengan kemampuan dunia medis.

Pendidikan kedokteran diselami Evita pada tahun 2002 silam. Di usia 18 tahun, dia menginjakkan kaki di Universitas Tarumanegara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Menempuh pendidikan kedokteran hingga menyandang sarjana tujuh tahun kemudian.

“Saya masuk Untar 2002 lalu. Jurusan kedokteran. Lulus 2009,” kata Evita, saat ditemui di Newth Health and Aesthetic Clinic, Kembangan, Jakarta Barat, seperti dilansir laman Infonitas.

Demi mengembangkan keahliannya, Evita melanjutkan pendidikan kedokterannya di Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran Estetika Semarang, Jawa Tengah. Dilampaui hingga lulus pada 2013 lalu.

“Habis lulus dari Untar, saya melanjutkan studi di Estetika Semarang,” jelasnya.

Berangkat dari hobi

Bisnis kecantikan di Indonesia semakin melejit (Shutterstock).

Disadarinya, dunia kecantikan yang dijalaninya saat ini berawal dari passion dan hobi. Sejak kecil, wanita kelahiran Jakarta itu piawai merawat diri. “Sebenarnya lebih tertarik kecantikan passionnya. Tidak ada latar belakang keluarga yang sama menjalani bisnis seperti ini. Ya hobi aja sih,” ungkapnya.

Bersama rekan seprofesinya, Dr Sheren, dia memberanikan diri membuka sebuah klinik kecantikan Newth Health and Aesthetic Clinic, pada 2016 silam. Membantu para pelanggan untuk memiliki kecantikan natural tanpa sedikitpun menjalani operasi.

“Saya juga punya klinik kecantikan pribadi di rumah di kawasan Tangerang. Itu buka 2017, tapi sebelumnya saya buka klinik dokter umum dahulu di sana,” paparnya.

Mengadopsi kecantikan ala wanita Korea

Cantik ala wanita Korea Selatan (Shutterstock).

Berbicara soal kecantikan, kebanyakan para pelanggannya mengadopsi kecantikan Korea Selatan. Mengidamkan kulit putih dan bercahaya. Meski begitu, tak masalah menurutnya. Sebab, kontur kulit Korea Selatan dan Indonesia masih dalam lingkup Asia.

“Kebanyakan rata-rata orang kita maunya kulitnya putih dan glowing. Sebenarnya putih kita ada batas maksimalnya. Yang penting asalkan tidak terlalu putih glowing saja,” terangnya.

Menurutnya, standard kecantikan tidak mutlak ada. Terpenting, harus memiliki percaya diri agar terpancar inner beauty kecantikan jiwa. Percuma saja, apabila rutin menjaga kecantikan, tetapi tidak memiliki rasa percaya diri. Maka inner beauty seseorang tidak akan terpancar dari dalam dirinya.

“Terpenting memiliki rasa percaya diri. Banyak orang yang melakukan operasi plastik (oplas) karena kepercayaan dirinya kurang, jadi mereka minta ‘permak ini, permak itu’. Karena mereka merasa dirinya enggak cantik. Padahal semuanya balik ke orangnya sendiri,” tutupnya.

Tips cantik ala wanita Korea Selatan

Daripada kamu repot melakukan perawatan ini itu demi mendapatkan wajah secantik wanita Korea, ada baiknya kalau melakukannya sendiri di rumah. Kebanyakan wanita Korea memang melakukan perawatan sendiri di rumah dengan rutin menggunakan skincare atau masker.

Minum teh barley

minum teh barley (Shutterstock).

Minum secangkir teh barley disinyalir mampu menjaga sirkulasi darah yang akhirnya dapat memberikan kulit indah. Secangkir teh barley panggang adalah alternatif yang sehat menggantikan secangkir kopi.

Masker

Menggunakan sheet mask (Shutterstock).

Kamu bisa menggunakan masker jenis sleeping mask selama tidur di malam hari. Oleskan masker ini dan biarkan menyerap semalaman. Ini bisa membuat kulit kamu lembab dan cerah. Atau kalau kamu merupakan orang yang super sibuk, sheet mask bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kulit tetap cantik.

Eksfoliasi

Lakukan kegiatan ini dengan kain yang direndam air hangat.

Lakukan kegiatan ini dengan kain yang direndam air hangat. Bungkus wajah dengan handuk lembab dan diamkan selama beberapa menit.

Pijat kulit dengan kain hangat tersebut. Efeknya dapat mengangkat sel kulit mati dan dapat membantu menghilangkan kotoran dari permukaan kulit.

Ketiga hal tadi bisa kamu lakukan dari rumah, bahkan cukup mudah dan gak perlu mengeluarkan banyak biaya, bukan? Selamat mencoba ya, ladies! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be