Rekomendasi 4 Tujuan Bisnis yang Mudah Dicapai Pengusaha Kecil-kecilan

4 menit
Bisnis kecil-kecilan (Shutterstock)

Merencanakan sebuah target maupun tujuan merupakan keharusan dalam berbisnis. Gak peduli bisnis yang kamu jalani berskala besar atau hanya bisnis kecil-kecilan.

Menetapkan rencana tujuan merupakan hal penting untuk menentukan arah dan perkembangan bisnis. Tanpa tujuan, sebuah bisnis mungkin akan kacau balau, dan berjalan tak semestinya.

Tidak mudah untuk mencapai dan memenuhi tujuan. Karena itu, perlu kerja sama yang solid antartim.

Rata-rata bisnis ingin mencapai tujuan berdasarkan angka, misal pendapatan yang mereka dapatkan per tahunnya. Semakin tinggi standar yang kamu tentukan, semakin sulit untuk diraih. Kerja keras superekstra kudu dipersiapkan untuk mencapainya.

Bagaimana dengan bisnis kecil-kecilan? Kamu bisa kok menetapkan beberapa tujuan-tujuan yang mudah dicapai. Karena sekali lagi, tujuan bukan hanya soal pendapatan, tapi juga sesuatu yang harus kamu penuhi demi perkembangan bisnis.

Kali ini, kita mau kasih beberapa tujuan-tujuan kecil yang mudah dicapai oleh kamu demi menentukan arah bisnismu kedepannya.  

1. Tulis rencana bisnis

Tulis rencana bisnis
Tulis rencana bisnis

Hal pertama yang bisa kamu capai dengan mudah adalah, menulis rencana bisnis. Jangan anggap sepele hal ini, terkadang masih banyak pengusaha kecil yang gak menuliskan jelas dan terperinci rencana mereka. Alhasil bisnis yang baru mereka bangun bisa mengalami kegagalan.

Kamu tentu gak mau dong mengalami hal seperti itu. Nah, mulai sekarang, cobalah untuk mengurutkannya di urutan teratas ‘tulis rencana bisnis’ di deretan tujuan-tujuan bisnis yang mau kamu capai.

Rencana bisnis juga kalau bisa jangan yang terlalu muluk-muluk, sesuaikan dengan kapasitas sumber daya yang kamu miliki.

Rencana bisnis diharapkan bisa memberikan informasi tentang latar belakang usaha anda, strategi ke depannya, dan budaya perusahaan.

Baca juga: Berawal dari Bisnis Kecil-kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

2. Meningkatkan keuntungan secara perlahan

Meningkatkan keuntungan
Meningkatkan keuntungan

Semua bisnis pasti menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Kalau gak untung, buat apa mereka berbisnis, yang ada malah nyakitin diri sendiri.

Tapi, kalau kamu sedang menjalani bisnis kecil-kecilan, cobalah menetapkan keuntungan mulai dari yang terendah dulu alias realistis untuk dicapai dengan sumber daya yang kamu miliki saat ini.

Namanya keuntungan bisa didapat dengan melakukan penjualan terhadap produkmu. Cobalah tetapkan harga jual yang gak terlalu tinggi sebagai langkah awal untuk pengenalan bisnis kecil-kecilan yang kamu jalani.

Memberikan penawaran harga yang menarik, maka kesempatan untuk menarik minat pembeli semakin besar.

Kalau bisnismu sudah mulai dikenal, barulah memikirkan cara meraih keuntungan sebesar-besarnya. Gak harus menaikkan harga, kamu bisa meningkatkan produksi produkmu.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Kecil-kecilan Ini Bisa Kamu Lakukan dari Rumah, Gak Perlu Modal Gede

3. Lebih produktif

Lebih produktif
Lebih produktif

Tujuan yang ini mungkin sangat mudah dicapai, asalkan ada keinginan yang kuat. Banyak pengusaha kecil memiliki produktivitas kurang dalam bisnisnya. Bisa jadi karena fokusnya terbagi menjadi beberapa hal, antara bisnis, keluarga, atau pekerjaan utama kalau ada.

Kalau kamu salah satu yang seperti di atas, jika pengin sukses usaha kecil, cobalah lebih perhatian, kalau perlu korbankan pekerjaan utama. Karena itulah konsekuensinya menjalankan bisnis.

Kalau bisnis dijalankan setengah-setengah, maka keberhasilan yang bakal kamu dapatkan juga setengah-setengah.

Coba tingkatkan produktivitas dengan memperbaiki manajemen waktu kamu. Manfaatkan setiap waktu yang ada untuk kebutuhan bisnismu, menyelesaikan satu tugas ke tugas lainnya dengan penuh komitmen.

4. Lebih banyak menggunakan teknologi yang murah

Lebih banyak pakai teknologi
Lebih banyak pakai teknologi

Tujuan yang ini kayaknya mudah dicapai untuk kamu pengusaha kecil-kecilan kaum milenial. Bagi kamu, tentunya teknologi sudah bukan hal yang asing lagi. Bahkan, sejak lahir teknologi sudah menghiasi hari-harimu.

Jadi, penggunaan teknologi untuk bisnis kecil-kecilan bukan hal yang sulit. Keuntungannya tentu lebih banyak ketimbang tidak menggunakan sama sekali. Teknologi diklaim mampu menghemat biaya produksi dan tentunya menghemat waktu.

Teknologinya juga gak perlu yang mahal-mahal kok, kamu bisa memanfaatkan beberapa yang gratis. Salah satunya, menonton pelatihan bisnis gratis di Youtube demi meningkatkan pengetahuanmu.

Pakai aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau bawahan. Pesan singkat saat ini memungkinkan kamu melakukan panggilan video, jadi kalau ada meeting dadakan dan kamu lagi gak ada di kantor, bisa melakukan video conference dengan gratis.

Kamu juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan contoh-contoh project atau produk bisnis kamu ke klien. Langkah ini dinilai lebih cepat dan murah daripada melakukan pertemuan atau mengirimnya via pos.

Setelah kamu berhasil menjalankan tujuan-tujuan kecil di atas, diharapkan bisnis kecilmu telah siap untuk lebih berkembang dan mulai dikenal banyak orang.

Saat itulah kamu baru mencoba untuk memikirkan tujuan-tujuan yang lebih besar mulai dari keuntungan yang besar, merekrut banyak tenaga kerja, hingga menggunakan beberapa teknologi-teknologi serbacanggih.

Jadi, meski bisnis kecil-kecilan milimu sudah berkembang, jangan ragu dan jangan pelit untuk mengembangkannya lebih besar dengan mengeluarkan lebih banyak uang lagi. Semuanya demi menunjang masa depan bisnismu yang lebih meyakinkan. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.