Laris Manis dan Untung! Begini Tips Jalankan Bisnis Kue Kering Saat Lebaran

4 menit
Bisnis kue kering
Laris Manis dan Untung! Begini Tips Jalankan Bisnis Kue Kering Saat Lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bisnis kue kering menjadi ladang basah saat momen mau Lebaran. Gimana caranya agar dagangan kue kering kamu laris saat lebaran? Ada tipsnya nih biar makin laris manis.

Sejatinya bisnis kue kering menjadi salah satu ladang yang begitu basah pengusahanya. Berlomba-lomba orang menggeluti bisnis yang satu ini, mulai dari coba-coba hingga yang udah memiliki pelanggan tetap.

Kue kering menjadi salah satu kudapan wajib nih saat Lebaran. Banyak orang kantoran dan ibu rumah tangga mencari kue kering yang murah dengan rasa enak.

Nah, gimana nih agar dagangan kue kering kamu saat lebaran banyak yang beli dan akhirnya menghasilkan cuan? Seperti dikutip dari Jurnal.id, Senin, (13/5/2019), banyak lho tips gimana caranya menjalankan bisnis kue kering dan akhirnya menghasilkan cuan.

Ya, namanya momen Lebaran ada baiknya kamu isi dengan kegiatan yang menguntungkan. Apalagi kalau sampai rekening dan dompet mu menggendut lantaran bisnis kue kering laris manis. Pengin tahu gimana caranya agar laris manis dagangan kue kering kamu saat Lebaran?

Yuk, kita intip bareng-bareng di bawah ini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id dari Jurnal.id:

Baca juga: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

1. Paham gimana caranya membuat kue kering

Bisnis kue kering
Paham akan jenis-jenis kue kering juga perlu nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika memutuskan buat memulai bisnis kue kering hal yang mesti kamu perhatikan adalah kalau dirimu paham gimana cara membuatnya. Kalau kamu pengin memulai bisnis kue kering ini emang mau gak mau mesti paham soal jenis-jenis kue kering.

Bukan hanya sekedar bisa membuat resep kue kering aja, tapi kamu juga mesti tahu nih udah bisa belum membentuk kue dengan menarik? Udah tahu belum gimana caranya agar kue tetap awet dan renyah?

Bisnis kue kering
Paham akan ilmu kue kering sangat diperlukan nih agar dagangan laris, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau belum tahu kamu mesti sering-sering nih ikut pelatihan atau training khusus membuat kue kering. Atau kalau mau lebih hemat kamu bisa kok menonton video di Youtube buat mencuri ilmunya.

Baca juga: Masih Muda dan Pengin Banyak Uang? Ikuti Tips Bisnis Artis Ini Aja!

2. “Keker” pasar yang pas

Bisnis kue kering
Bidik pasar yang tepat saat dagang kue kering menjelang lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat menjual kue kering kamu juga mesti udah tahu pangsa pasar yang bakal dibidik. Jangan sampai salah sasaran ya saat menjual kue kering menjelang lebaran.

Berikan sampel kue agar calon pelanggan kamu bisa mencicipinya. Tawarkan orang-orang terdekat dulu, lalu kamu bisa ekspansi nih ke pekerja kantoran atau rekan kerja mu.

Baca juga: Tips Bisnis Online: 5 Cara Jitu Mengambil Hati Pelanggan Perempuan

3. Berinovasi dengan kue kering

Bisnis kue kering
Jalani bisnis kue saat menjelang lebaran sangat menggiurkan nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seiring perkembangan zaman, jenis-jenis kue kering saat ini udah banyak banget. Belum lagi pasti banyak orang menjual kue kering merupakan resep dari chef ternama.

Nah, oleh karena itu kamu perlu nih berinovasi saat membuat jenis-jenis kue kering. Bikin resep kue kering yang orang lain atau pedagang lain gak punya.

Sejatinya berinovasi gak cuma buat perusahaan teknologi aja, kamu yang menjual kue kering juga perlu lho berinovasi menciptakan produk kue kering menarik.

4. Kemas dengan kemasan yang menarik

Bisnis kue kering
Coba kemas kue kering dengan stoples yang menarik agar minat pembeli banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kemasan menjadi salah satu daya tarik bagi orang yang pengin membeli suatu barang. Nah, gak ada salahnya nih kamu menjual kue kering kamu dalam kemasan menarik.

Misalkan sematkan pita warna hijau dan emas karena momen lebaran. Atau juga bisa memberikan sedikit hiasan berupa ketupat dengan warna hijau menyala.

Bentuk dan model toples yang simpel juga bisa menarik perhatian calong pembeli kamu nih.

5. Jujur dan gak curang

Bisnis kue kering
Bersikap jujur dan gak curang sangat penting nih saat jualan kue kering, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat mendapatkan omzet besar, banyak lho pedagang yang memangkas besaran atau pengeluaran buat bahan baku. Nah, cara ini jangan sampai kamu tiru ya, jika kamu menawarkan sampel kue di awal ada baiknya nanti kue yang dihasilkan dan dijual sesuai dengan rasa awal.

Jangan pernah menggunakan bahan pengawet atau pewarna buatan agar penampilan kue kamu bertahan lama dan menarik. Udah gitu jangan pernah lho mengurangi timbangan kue yang ada di dalam stoples saat dijual ke konsumen. Cara ini gak baik dan bakal merugikan kamu kelak.

Nah, itu tips menjalankan bisnis kue kering menjelang momen lebaran. Agar kamu bisa mendapatkan omzet dan untung yang besar, semoga artikel di atas bisa membantu kamu dalam berjualan kue kering ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan