6 Artis Indonesia Cari Peruntungan Terjun ke Dunia Bisnis Masakan Tradisional

4 menit
6 Artis Indonesia Cari Peruntungan Terjun ke Dunia Bisnis Masakan Tradisional, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak artis kini tengah menggeluti bisnis, salah satunya masakan tradisional yang jadi mesin uang bagi mereka. Gak sedikit dari artis di Indonesia memilih bisnis masakan tradisional buat menambah pundi-pundi mereka.

Ketimbang memilih bisnis masakan western, masakan tradisional lebih cocok di lidah masyarakat terutama bagi mereka yang punya banyak penggemar. Dengan banyak penggemar dan berpotensi laku keras banget mau gak mau mereka bakal mendapatkan banyak uang dari bisnis masakan tradisional.

Sebut saja bisnis Mie Aceh Seulawah yang udah memiliki beberapa cabang di perkotaan. Bisnis yang didirikan oleh Ratna Dwikora sekitar tahun 1996 di Jakarta ini kini telah mencapai omzet Rp 3 juta per hari buat setiap cabangnya.

Nah, kira-kira siapa aja sih artis yang membuka warung masakan tradisional?

Baca juga: 5 Bisnis Artis Berusia 20-an Ini Bisa Memotivasimu Berwirausaha

1. Cak Lontong – Warung Cak Lontong

Cak Lontong dengan Warung Cak Lontong, salah satu bisnis makanan yang kini tengah ia geluti nih, (instagram/@warung_caklontong).

Dari namanya kamu pasti udah tahu dong siapa yang punya. Ya, bisnis kuliner yang terletak di Season City, Tambora, Jakarta Barat ini punya komedian ternama Cak Lontong.

Cak Lontong membuka usaha kulinernya ini sejak tahun 2017 silam. Seluruh hidangan yang disediakan merupakan masakan tradisional. Menu yang disediakan di restoran ini mulai dari sate ayam, lontong sayur, krecek, nasi goreng, hingga ayam kremes. Harganya juga lumayan murah kok, sekitar Rp 14 ribu sampai Rp 45 ribu, gak bikin kantong jebol deh.

Baca juga: Bikin Kagum, 5 Bisnis Artis Ini Laris Manis di Luar Negeri

2. Ussy Sulistiawaty – Bakoel Ussy

Ussy Sulistiawaty dengan Bakoel Ussy menyediakan aneka masakan khas Sunda, (Instagram/@bakoelussy).

Restoran yang baru di launching pada tanggal 26 September 2018 ini mengusung konsep warung khas Sunda. Didirikan oleh selebriti yang terkenal lewat seni peran dan tarik suara Ussy Sulistiawaty. Letak restoran miliknya ini ada di daerah Cawang, Jakarta Timur. Bakoel Ussy ini menawarkan masakan tradisional ala rumahan.

Mulai dari tahu tempe goreng, pepes tahu sampai jengkol semuanya ada. Harganya mulai dari Rp 6 ribu sampai dengan Rp 25 ribu, cukup terjangkau. Kalau gak pengin makan-makanan berat, kamu juga bisa santai menikmati seduhan berbagai macam minuman berbahan dasar kopi di sini. Pas banget deh buat kamu perantauan asal Sunda buat melepas kerinduan di Ibu Kota.

Baca juga: 5 Artis Cantik Ini Bisnis Salon Kecantikan dari Harga Ratusan Sampai Jutaan Rupiah

3. Titi Kamal –  Ayam Jerit

Titi Kamal bisa dibilang salah satu pelopor bisnis masakan tradisional dengan memperkenalkan Ayam Jerit, (Instagram/@ayamjerit).

Pemeran Maura di film “Ada Apa Dengan Cinta” ini ikut terjun ke dunia bisnis kuliner. Restoran yang dimilikinya diberi nama Ayam Jerit. Restoran ini udah dibuka sejak tahun 2016 yang berpusat di Bendungan Hilir, Jakarta. Menunya sendiri sangat tradisional dan yang paling terkenal adalah olahan ayam yang memiliki citra rasa pedas dan wangi daun jeruk yang diberi nama ayam jerit.

Gak cuman ayam aja, di sini juga tersedia cumi, tahu tempe, dan aneka sayuran khas Jawa lainnya. Lebih nikmat lagi, kamu bisa memilih jenis sambal apa yang paling kamu sukai, ada sambal hijau, sambal terasi, dan sambal petai.

Kini, Ayam Jerit juga sudah memiliki 9 cabang yang ada di berbagai kota. Tepatnya di Depok, Malang, Bandung, Surabaya, hingga Batam.

4. Denny Cagur – Dapoer Bang Jali

Denny Wahyudi atau Denny Cagur salah satu artis yang menggeluti bisnis masakan tradisional, (Instagram/@dapoerbangjali).

Bisnis milik kenamaan Denny Cagur ini tercetus dari ide masakan rumahan. Semua masakan yang dijual di sini adalah masakan tradisional yang kerap dimasak oleh istri tercinta. Ada kikil cabai hijau, aneka sambal, hingga aneka olahan cumi lainnya. Dijamin deh menggugah selera makan kamu.

Restoran yang berdiri sejak Spetember 2018 ini terletak di daerah Pondok Cina, Beji, Depok. Dekat dengan kawasan kampus, jadi cocok juga buat mahasiswa perantauan yang rindu akan masakan orangtuanya di rumah. Karena di dekat kawasan permukiman mahasiswa, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000

5. Ashanty dan Anang Hermansyah – Dapur Asix

Ashanty dan Anang Hermansyah sukses dengan bisnis Dapur Asix, (Instagram/@dapurasix).

Meskipun udah makan asam garam di dunia tarik suara, pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty menjajal peruntungannya di dunia bisnis kuliner. Dapur Asix yang terletak di daerah Thamrin, Jakarta ini menjajakan aneka masakan tradisional

Ada banyak menu yang bisa kamu pilih, tapi paling favorit ada rendang, olahan cumi hingga udang telur asin yang disajikan dengan mangkuk ala-ala rice bowl. Harganya mulai dari Rp 22 ribu hingga Rp 38 ribu.

Restoran ini sudah memiliki banyak cabang di beberapa kota besar, seperti Lampung, Palembang, Jogja, Semarang, Malang, Surabaya, dan masih banyak lagi.

6. Tamara Bleszynski – Teh Manis Bali

Tamara Bleszynski sukses dengan Teh Manis Bali, (Instagram/@tehmanisbali).

Artis sinetron dan layar lebar yang satu ini emang udah lama banget tinggal di Pulau Dewata, Bali. Demi menambah pundi-pundinya Tamara Bleszynski sepakat membangun sebuah warung makan sederhana di daerah Canggu, Bali.

Warung masakan tradisional khas Bali yang buka pada tanggal 9 Januari 2019 lalu itu dinilai memiliki beragam menu sehat. Ada nasi kuning, opor ayam, dan urap sayur dengan harga yang terjangkau. Di sini juga menyediakan beragam menu untuk para vegetarian lho!

Nah, itu dia tadi 6 artis Indonesia yang mencoba peruntungan melalui bisnis kuliner. Gak cuma berbisnis, mereka juga turut melestarikan cita rasa khas Indonesia dengan menyediakan masakan tradisional dari berbagai daerah.

Harapannya sih, masakan tradisional khas Indonesia bisa lestari dan gak tergerus sama gempuran restoran ala western maupun Jepang yang tengah menjamur di kota-kota besar di Indonesia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.