Strategi Bisnis Online Shop yang Mesti Dilakukan di Awal Memulainya

3 menit
Strategi Bisnis Online Shop yang Mesti Dilakukan di Awal Memulainya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Era digital saat ini bikin banyak orang pengin memulai bisnis online shop dengan untung menggiurkan. Gak heran kalau bisnis online kini tengah menjamur dan semua orang meliriknya.

Bisnis ini mulai dilirik dan banyak peminatnya lantaran kebiasaan orang Indonesia mulai perlahan pindah haluan. Dulu toko atau offline store kala itu banyak banget dikunjungi oleh orang. Namun, seiring perkembangan zaman, nilai praktis menjadi poin utamanya nih.

Dulu orang kalau mau beli sesuatu mesti datang ke toko. Nah, sekarang mau di mana dan kapan aja mereka bisa langsung membeli barang yang diinginkan lewat ponsel pintarnya.

Persaingan di bisnis online juga sekarang gak main-main. Di tahun 2017 transaksi belanja online itu mencapai angka Rp 113,7 triliun. Gak heran kalau sekarang banyak banget pengusaha baru bermunculan dan manfaatkan momen ini.

Pengin tahu gak sih gimana bisnis online mu bakal mulus dan mendapatkan banyak cuan? Ini nih tips dan strategi bisnis buat kamu yang baru mau memulainya seperti dikutip dari Jurnal.id, Senin, (8/4/2019) di bawah ini:

Baca juga: Pengin Dagangan Kamu Laku Keras, Ini Strategi Jitu Bisnis Online Shop

Ketahui dulu calon konsumen sebelum memulai bisnis

Bisnis online
Ketahui dulu nih calon konsumen mu saat memulai usaha ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu baru mau memulai bisnis jualan online sebaiknya ketahui dulu calon konsumen mu. Hal ini sangat penting lantaran barang yang kamu jual juga mesti sesuai dengan target pasar.

Jangan sampai kamu jualan barang belanjaan online tanpa melihat calon konsumen. Cari tahu apa aja yang lagi nge-tren saat ini, apa aja yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang di media sosial.

Udah gitu penting banget nih buat kamu jualan barang yang cepat laku. Karena biar gak numpuk dan keuangan bisnis mu tetap memutar.

Baca juga: Jenis-Jenis Kartu Debit BNI, Mulai dari Biaya Administrasi Rp 4.000 – Rp 10 Ribu

Jual barang-barang yang berkaitan dengan hobi

Bisnis online
Menjual barang-barang yang berkaitan hobi bisa menarik pembeli nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam memulai bisnis ini, kamu mesti ketahui jenis-jenis barang yang diperdagangkan. Yang pertama adalah commoditized product, yakni produk populer dan paling banyak dicari serta dibeli oleh konsumen.

Yang kedua adalah niche product, barang-barang ini termasuk tersegmen pada konsumen tertentu seperti pecinta hobi. Nah, justru barang-barang ini bakal banyak dicari oleh pebisnis online buat mendapatkan cuan.

Baca juga: Rumah Owner Liverpool Didiskon Rp 255 Miliar! Begini Penampakannya

Berbisnis juga sesuaikan dengan passion kamu

Bisnis online
Punya passion saat memulai bisnis sangat penting nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, ini juga sangat penting nih bagi kamu yang mau memulai bisnis online. Memiliki passion sangat penting lantaran poin ini bakal mendukung berjalannya bisnis mu.

Jadi kamu mesti tahu dan memiliki pengetahuan akan barang yang bakal dijual serta karakteristik konsumen mu. Jadi ketika ada pertanyaan atau keluhan, kamu bisa memberikan jawaban yang memuaskan dan solusi bagi konsumen.

Belajar dengan ahlinya sebelum memulai bisnis online

Bisnis online
Belajar dengan yang udah berpengalaman dalam berbisnis online gak ada salahnya kok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak ada salahnya nih bertanya dan pengin mendapatkan ilmu dari ahlinya. Jangan pernah buat merasa gengsi bertanya ke ahlinya atau orang yang udah memulai bisnis ini duluan.

Persaingan bisnis online emang gak bisa diprdiksi nih oleh kamu. Jadi gak ada salahnya belajar dari orang-orang yang udah terlebih dahulu sukses menjalankan bisnis ini.

Nah, itu tips dan strategi bisnis online buat kamu yang pengin memulainya. Gak ada salahnya menjalankan poin-poin di atas.

Dalam berbisnis gak ada yang serba instan. Semua emang perlu yang namamnya proses buat mencapai di titik kesuksesan. Jadi selamat mencoba dan semoga bisnis online mu lancar ya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan