7 Tips Hemat Pengeluaran Bagi yang Mau Bisnis Pakai Uang Pribadi

4 menit
modal sendiri
Ilustrasi wirausahawati. (Shutterstock)

Gak sedikit pengusaha yang memulai bisnisnya dengan modal sendiri alias uang pribadi. Hal ini memang terasa berat, namun bukan berarti kamu sama sekali gak bisa mengembangkan usahamu jadi lebih besar ya.

Jika memang situasinya seperti ini, maka wajib banget buatmu untuk menerapkan metode pengaturan keuangan yang jitu. Karena seandainya kamu konsumtif, maka bisnismu bisa hancur seketika.

Buat kamu yang berencana mendirikan usaha dengan modal sendiri, maka ada baiknya untuk menerapkan tujuh strategi jitu ini biar biaya operasional usahamu terukur. Yuk simak ulasannya.

Baca juga: 2 Kelebihan Bisnis Waralaba Dibanding Usaha Sendiri

1. Biasakan menawar dan survei harga jika membutuhkan vendor

modal sendiri
Butuh jasa vendor? cari yang terbaik dan murah! (Pixabay)

Bila bisnismu bergerak di bidang produksi, maka wajib banget untuk melakukan survei harga sekaligus menawar untuk mendapat harga terbaik. Mau gimana juga, biaya produksi yang lebih murah tentu sangat berguna untuk menghemat pengeluaran.

Tapi pastikan juga, dengan biaya murah itu kamu bisa mendapat kualitas barang yang cukup baik. Jangan malah sebaliknya ya.

Soal tawar-menawar, jangan cuma berpatok pada daftar harga yang diberikan vendor ya. 

Apabila vendor yang kamu kunjungi berbaik hati untuk memberikan diskon spesial, ya kenapa tidak? Yang penting dicoba dulu.

Baca juga: Yuk Ditiru, 5 Anak Artis Ini Sukses Merintis Usaha Sendiri Lho

2. Sewa coworking space

modal sendiri
Sewa coworking space. (Pixabay)

Sewa ruko untuk kantor sendiri tentunya bakal rugi karena biayanya mahal. Sementara itu jika rumah atau apartemen milikmu yang dijadikan kantor, tentu bisa membebani para karyawan seandainya letaknya gak strategis. Belum lagi, tagihan listrik bakal naik, karyawan juga tentunya butuh fasilitas-fasilitas lain yang harus kamu sediakan.

Cara paling ideal untuk mengatasi masalah ini adalah bekerja di coworking space. Istilah coworking space memang mulai booming di akhir 2016, dan semakin menjamur hingga saat ini.

Intinya, coworking space adalah tempat yang memfasilitasi agar orang-orang bisa bekerja di mana pun, kapan pun, dan bagaimana pun mereka inginkan. Harga sewanya pun lebih murah ketimbang sewa ruko.

Di samping itu, kamu bakal kerja barengan dengan perusahaan-perusahaan atau para pekerja freelance lainnya di sana. Ada kesempatan mengembangkan network juga kan tentunya.

Baca juga: Niat Buka Usaha Sendiri? Jangan Pilih 4 Bisnis Ini!

3. Gak perlu sewa konsultan marketing atau PR

modal sendiri
Belum perlu konsultan. (Shutterstock)

Untuk menunjang aktivitas promosi atau komunikasi, terkadang konsultan marketing atau PR memang dibutuhkan. Tapi berhubung bisnismu adalah modal sendiri, apakah kamu rela keluar banyak duit untuk hal ini?

Sebagai pengusaha, melakukan riset itu hukumnya wajib. Lakukan saja aktivitas ini dengan tim kerjamu.

Apabila kamu kehabisan ide, mintalah saran dengan rekan-rekanmu di luar sana yang bekerja di perusahaan besar. 

4. Butuh meeting dengan klien? Manfaatkan teknologi

modal sendiri
Meeting? pakai conference call aja! (Shutterstock)

Apa yang terjadi jika kamu sering mengajak meeting calon klien dengan metode ketemuan alias tatap muka? Otomatis akan ada pengeluaran yang sifatnya adalah bujet ngopi dan lain sebagainya.

Jika memang lokasi kantor klienmu jauh, maka manfaatkan saja teknologi ini. Ingat lho, bisnismu menggunakan modal sendiri, segala pengeluaran itu harus diperhatikan.

5. Gunakan wordpress atau Wix jika harus bikin website

modal sendiri
Gak usah gengsi pakai platform sejuta umat. (Pixabay)

Gak usah sungkan untuk menggunakan wordpress atau Wix ketika harus membuat website. WordPress sendiri adalah CMS platform yang paling populer di dunia. 

Selain itu, kedua platform ini juga memiliki tutorial yang bisa membantumu membuat situs dengan penampilan yang bagus. 

6. Rekrut karyawan sendiri

modal sendiri
Butuh karyawan? rekrut aja sendiri! (Shutterstock)

Dalam fase awal mendirikan usaha, kamulah yang harus turun gunung untuk melakukan perekrutan. Kamu sendiri yang harus mewawancarai hingga merekrutnya ke dalam tim. 

 Gak usahlah sewa-sewa jasa headhunter untuk merekrut orang-orang yang kamu butuhkan. Ujung-ujungnya kamu juga yang harus membayar jasa mereka. Bakal kerepotan kalau usahamu masih modal sendiri.

Orang-orang yang direkomendasikan oleh headhunter juga belum tentu cocok. 

7. Iklan di medsos

modal sendiri
Iklan di medsos dulu aja, yang gratisan. (Pixabay)

Mau beriklan untuk mengenalkan produkmu ke masyarakat? Manfaatkan saja Facebook atau Instagram. 

Iklan di media massa tentu bakal terasa berat jika kamu masih menggunakan modal sendiri untuk menjalankan usaha ini. Iklan di media online atau cetak tentu luar biasa mahal.

Nanti saja kalau mau ngiklan di sana, kalau sudah dapat pendanaan dari investor.

Itulah tujuh jurus menghemat biaya pengeluaran jika kamu berniat memulai usaha dengan modal sendiri. Semoga bermanfaat yah. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.