Pandai Berhitung dan Teliti, Ini 6 Skill di Bidang Industri Ritel yang Harus Kamu Miliki

4 menit
Menangani Bisnis Ritel, Ini Keahlian yang Wajib Dimiliki (Shutterstock).
Menangani Bisnis Ritel, Ini Keahlian yang Wajib Dimiliki (Shutterstock).

Bisnis ritel emang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha yang pengin mendapatkan cuan sangat banyak. Hal itu membuat  lapangan pekerjaan di dunia tersebut menyerap sangat banyak tenaga kerja untuk menjalankan operasional.

Kesempatan itu tentu menjadi peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk bekerja disana. Seperti yang diketahui bahwa dunia retail membutuhkan banyak pegawai untuk mengisi beberapa posisi seperti sales, store crew, store manager hingga tim marketing.

Walaupun demikian bukan berarti kamu bisa melamar dan melewati proses rekrutmen dengan mudah. Ada beberapa keahlian yang harus kamu miliki jika pengin diterima bekerja di tempat tersebut lho.

Apa aja kira-kira? Mending kita langsung simak aja yuk skill yang harus dimiliki jika kamu pengin bekerja di bisnis ritel berikut ini:

1. Kemampuan berkomunikasi

Bisnis Ritel
Kemampuan berkomunikasi yang baik (Shutterstock).

Mengutip dari Career Addict, skill pertama yang harus kamu miliki jika pengin kerja di bisnis ritel adalah kemampuan berkomunikasi. Ini berguna untuk menarik perhatian pelanggan agar membeli produk yang kamu jual.

Penggunaan kata-kata yang sopan serta menarik bisa membantu kamu untuk lebih mudah menggaet lebih banyak pembeli. Selain itu kamu juga perlu menggunakan intonasi nada yang benar supaya kalimat yang disampaikan bisa dimengerti oleh banyak orang.

Untuk menguasai kemampuan ini kamu bisa menggunakannya di kehidupan sehari-hari ketika berbicara dengan lawan bicara. Atau kalau mau lebih serius lagi bisa belajar ke sekolah public speaking yang terpercaya.

2. Teliti pada hal kecil

Bisnis Ritel
Teliti pada hal kecil (Shutterstock).

Kemampuan kedua yang harus diperhatikan adalah teliti pada hal kecil. Sebab kesalahan kecil aja yang kamu perbuat bisa mengakibatkan masalah yang lebih besar nantinya.

Contohnya saat pemeriksaan produk yang udah expired di toko. Ketika barang tersebut udah sampai ke pelanggan dan melakukan komplain, tentunya pihak yang bisa disalahkan adalah diri kamu sendiri.

Satu tips yang patut dicoba jika kamu mau berusaha untuk teliti adalah untuk jangan terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Ini merupakan salah satu kunci belajar yang efektif dalam menjadi orang yang teliti.

3. Mahir menggunakan komputer atau teknologi

Bisnis Ritel
Mahir menggunakan laptop (Shutterstock).

Selanjutnya kamu juga harus mampu mempunyai skill untuk menguasai teknologi seperti komputer atau teknologi yang lainnya.

Di zaman yang serba modern hari ini sepertinya hampir semua aktivitas manusia bergantung pada yang namanya teknologi. Termasuk dalam bisnis ritel yang memiliki jumlah stok barang ratusan atau bahkan sampai ribuan.

Poin ketiga ini bisa jadi bukan hambatan untuk kamu yang udah terbiasa menggunakan gadget seperti smartphone atau yang lainnya. Bagi yang belum terbiasa kamu bisa berlatih dari sekarang agar lebih cepat menguasainya.

4. Pandai berhitung

Bisnis Ritel
Pandai berhitung (Shutterstock).

Walaupun udah ada alat yang namanya kalkulator tetapi kamu juga harus memiliki kemampuan untuk menghitung yang baik.

Skill ini bermanfaat supaya waktu kerja kamu lebih efisien dan bisa digunakan untuk tugas lainnya. Dengan begitu kamu bisa mencuri perhatian atasan dan memiliki potensi untuk naik jabatan lebih cepat dari pegawai lainnya.

Poin keempat ini masih ada hubungannya dengan poin kedua yaitu teliti. Yang terpenting adalah jangan salah dalam menghitung sesuatu, sebab percuma kalau hitungan kamu cepat tapi hasilnya salah.

5. Multitasking

Bisnis Ritel
Multitasking (Shutterstock).

Gak hanya di bisnis ritel, kalau kamu pengin kerja di mana pun industrinya kamu harus memiliki skill multitasking yang baik. Emang sih gak bakal selalu terpakai skill ini, tapi ada kalanya kamu akan diterpa oleh deadline kerjaan yang begitu banyak.

Jika semua itu bisa kamu tangani dengan baik, pastinya ini bisa menjadi nilai lebih yang bisa dilihat oleh pihak perusahaan. Siapa tau kamu bisa mendapat promosi jabatan dalam waktu yang relatif lebih singkat, kan?

6. Skill marketing

Bisnis Ritel
Marketing (SHutterstock).

Semua yang disebutkan sebelumnya mungkin akan sia-sia bila kamu gak punya kemampuan marketing atau menjual yang baik.

Di bisnis ritel, posisi paling krusial yang ada di perusahaan adalah dari sisi marketingnya karena langsung berkaitan dengan keuntungan perusahaan. Oleh karena itu gak aneh jika para pimpinan perusahaan besar hari ini dulunya sempat bekerja di posisi marketing atau sales.

Kalau kamu merasa udah punya kemampuan tersebut, itu artinya kamu udah memiliki modal yang bagus untuk menapak karier di industri ini.

Nah itulah beberapa skill yang harus kamu miliki jika pengin bekerja di bisnis ritel. Pengalaman yang udah kamu alami nantinya bisa kamu gunakan sebagai bahan pembelajaran ketika merintis usaha juga nih. Semoga sukses! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1