Banner ImageBanner Image

Bisnis Sampingan Gak Akan Sukses Kalau Masih Menyepelekan 4 Hal Ini

3 menit

Kebutuhan semakin banyak, pemasukan dari pekerjaan saja tidak cukup. Hmm.. waktunya cari duit tambahan nih. Kira-kira apa ya?  Nah, kamu bisa banget coba bisnis sampingan.

Gak perlu modal besar, kamu udah bisa mulai bisnis kecil-kecilan dan mendapatkan keuntungan untuk menambah pemasukan.

Supaya usaha sampingan gak gagal, ada baiknya kamu gak melupakan detail-detail yang menyertai. Kedengarannya sepele, tapi beberapa hal ini vital banget buat menjamin bisnis sampinganmu berjalan lancar.

Berikut ini empat hal sepele yang sering luput dilakukan saat mau menjalankan bisnis sampingan:

1. Membuat perencanaan keuangan

Bisnis Sampingan
Sayang kan kalau bisnis sampinganmu gagal karena gak ada planning keuangan (Commonsensemillennial)

Hal utama yang harus kamu lakukan pertama kali sebelum memutuskan untuk memulai bisnis sampingan adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Tapi kan bisnis kecil, terus yang jalanin juga anggota keluarga?

Coba deh mulai sekarang hilangkan mindset kayak gitu dan mulai untuk profesional. Walaupun cuma bisnis kecil dan anggota keluarga yang jalanin, kamu tetap harus membuat perencanaan keuangan lho. Dengan membuat perencanan keuangan, kamu jadi bisa menentukan nominal yang tepat untuk modal keseluruhan.

[Baca: Kalau Sudah Lakukan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Sudah Melakukan Perencanaan Keuangan]

2. Memisahkan rekening pribadi dan bisnis

Bisnis Sampingan
Tidak memisahkan rekening pribadi dan bisnis juga kesalahan besar loh (Kingpromosi)

Nah, kelalaian ini ternyata masih banyak juga lho dilakukan orang saat ingin memulai usaha sampingan. Ujung-ujungnya bisnis sampingannya gagal.

Memang kenapa sih harus memisahkan rekening pribadi dan bisnis? Nah, kamu harus tau nih kalau tujuan memisahkan rekening pribadi dan bisnis itu adalah untuk menghindari tumpang tindih keuangan.

Kalau rekening pribadi dan bisnis tidak dipisah, kamu bisa jadi gak tahu berapa pemasukan dari bisnis sampinganmu itu. Bahkan, ada risiko pula kamu memakai uang bisnis yang justru bikin bisnis sampinganmu jadi berantakan.

[Baca: Kalau Udah Paham Sama 4 Hal Ini, Pasti Udah Siap Berbisnis]

3. Membuat catatan transaksi uang keluar masuk

Bisnis Sampingan
Menyepelekan tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran juga akan membuat bisnis sampingan gagal (real-estate-mauritius)

Abis beli kain dan benang untuk membuat hijab? Notanya kamu buang atau kamu simpan di buku kas?

Nah, dari awal membuka bisnis sampingan sebaiknya kamu simpan semua nota pembelian dan juga pemasukan kamu ya. Dengan begitu, kamu tahu berapa pengeluaran dan pemasukanmu sehingga tidak terjadi kerugian apalagi sampai bangkrut.

Ingat ya, jangan hanya mengandalkan ingatan untuk setiap transaksi karena bisa saja terjadi kesalahan.

[Baca: Ternyata Ini Nih 5 Kesalahan Kaum Milenial dalam Mengatur Keuangan]

4. Menganalisa situasi dan prospek bisnis

Bisnis Sampingan
Jangan sampai gak update sama prospek bisnis ya (bitebrands)

Sebelum memulai bisnis sampingan, kamu harus mencari tau terlebih dahulu apa yang lagi hits dan memiliki potensi laku keras. Gak cuma itu aja ya, kamu juga harus sudah menentukan target pasar kamu siapa.

Jangan sampai kamu membuka bisnis sampingan tapi ternyata gak sesuai dengan target pasar dan juga udah gak hits atau ketinggalan jaman. Yang ada bisnismu malah gak laku dan bangkrut.

Walaupun cuma bisnis kecil-kecilan, tapi jangan sampai gak memerhatikan beberapa poin di atas ya. Kamu gak mau kan, usaha sampingan kamu malah rugi dan bahkan bangkrut?

Karena itu, buat perencanaan terlebih dahulu mulai dari keuangan, target pasar serta bisnis yang mau kamu jalanin. Semoga membantu!

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan