Tagline Brand Ini Bikin Kita Termotivasi Memulai Bisnis Sampingan

4 menit
Patung lilin Steve Jobs di Madame Tussauds Beijing. (Shutterstock)
Steve Jobs dengan Apple-nya

Selain pekerjaan utama, bisnis sampingan juga bisa kita andalkan untuk pemasukan pundi-pundi kita lho.

Tapi, gak jarang juga yang masih bingung atau bahkan takut untuk memulai bisnis sampingan. Kamu kayaknya perlu deh meresapi beberapa kata-kata bijak yang membangkitkan keberanian kamu. Salah satunya, bisa meresapi tagline brand-brand ternama dari luar negeri.

Brand ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri pasti memiliki tagline untuk meningkatkan branding produk mereka. Seperti Apple yang memiliki tagline Think Different atau Nokia dengan kata-kata legendanya Connecting People.

Terbukti, brand tersebut membekas di pikiran kita ketika iklan-iklan di TV berkali-kali menayangkannya dan seolah menghipnotis kita untuk membelinya. Dengan tagline khas, sebuah brand juga jadi mudah dikenal oleh khalayak ramai.

Rata-rata tagline tersebut memiliki makna sangat universal, tergantung dari perspektif konsumennya. Banyak juga konsumen cenderung cuek, karena esensinya sebuah brand adalah produknya, bukan tagline.

Padahal, kalau dicerna baik, tagline itu bisa lho memberikan efek positif ke kita. Jadi gak cuma beli produknya, kita juga bisa mendapatkan semangat baru.

Yuk, kita lihat tagline brand ternama yang bisa kamu serap jadi penyemangatmu memulai atau mengembangkan bisnis sampingan!

Nike, “Just Do It”

NIKE (Instagram/@nike)
NIKE (Instagram/@nike)

Kalau produk yang satu ini udah gak asing banget deh sama kalian, sebuah brand sportwear yang mulai diperkenalkan tahun 1972 di AS ini memiliki tagline Just Do It yang bisa diartikan ‘lakukanlah’ atau ‘lakukan saja’.

Ya, tagline yang ini cocok banget buat kamu yang lagi bimbang untuk mengambil keputusan penting. Mengajak kamu untuk berani melangkah ke depan.

Misalnya, jika kamu ingin memulai usaha sebagai pemula tentu banyak pertimbangan-pertimbangan yang kamu pikirkan, tapi Just Do It!

Cobalah untuk bergerak dan tidak hanya berpikir, setiap usaha pasti ada gagalnya hingga mencapai kesuksesan. Tapi, kalau kamu tidak mencoba, kamu mungkin tidak akan pernah tahu bakal sukses atau tidak.

Baca juga: Biar Makin Semangat Jalankan Usaha, Tonton 5 Film Inspiratif Ini Yuk!

Adidas, “Impossible is nothing”

Adidas (Instagram/@adidas)
Adidas (Instagram/@adidas)

“Kemustahilan itu gak ada” bunyi tagline dari brand tiga strip asal Jerman ini memang bikin kita semangat buat berjuang.

Tagline ini dibuat sesuai dengan sifat para atlet yang tak mudah menyerah, dan terus bekerja keras demi meraih kemenangan. Berusaha melangkah lebih jauh lagi, menemukan terobosan baru, dan lampaui batasan diri kamu sendiri.

Kalau kamu serius mau terjun ke sebuah usaha atau bisnis sampingan dan kamu memiliki angan-angan menjadi sukses, mulailah dari sekarang, jangan menyerah untuk mengerjakannya, nikmati prosesnya, dan tunggu hasil manisnya.  

Baca juga: Jangan Takut Memulai Bisnis, 6 Produk Sukses Ini Aja Dulu Diremehin 

Toyota, “Moving Forward”

Logo Toyota
Logo Toyota

Hidup dalam bayang-bayang masa lalu? Hati-hati lho, itu bisa bikin kamu susah berkembang. Ada baiknya kamu coba resapi dalam-dalam tagline, Toyota ini “Melangkah ke Depan”.

Kamu harus berani untuk melupakan masa lalu dan menikmati masa kini dan masa yang akan datang.

Memikirkan masa lalu memang gak ada untungnya, lebih baik kamu memikirkan masa depan dengan perencanaan yang matang. Karena masa lalu tidak bisa diulang, sementara masa depan pasti akan kita hadapi.

Misalnya, kamu ingin membuka sebuah usaha atau bisnis sampingan, tapi kegagalan bisnismu di masa lalu bikin kamu takut.

Nah, coba deh singkirin jauh-jauh itu pikirannya, karena masa lalu ya masa lalu, dan masa depanmu siapa yang tahu kalau ke depannya kamu bakalan lebih sukses.  

Honda, “The Power of Dreams

Soichiro Honda
Soichiro Honda

Honda didirikan tahun 1948 oleh Soichiro Honda orang sukses yang tak mengenyam pendidikan formal.

Tagline itu dicetuskan dirinya sendiri, ketika seorang anak pandai besi dan tidak memiliki pendidikan yang cukup tinggi, kemudian mampu mendirikan perusahaan otomotif terbesar saat ini.

Honda percaya segalanya berawal dari mimpi, kemudian mimpi tersebut membantu membentuk mentalnya untuk lebih maju lagi.

Secara gak langsung, Honda mengajarkan kita untuk berani bermimpi karena suatu saat siapa tahu mimpimu bisa terwujud.

Kamu bermimpi memiliki sebuah bisnis sampingan dengan omzet ratusan juta perbulan, teruslah berusaha mewujudkannya dengan berpegang teguh pada mimpimu. Siapa tahu kamu bakalan sukses kaya Soichiro Honda.

Apple “Think Different”

Orang terkaya di dunia
Steve Jobs (computerbild)

Steve Jobs memang dikenal sebagai ahli teknologi jenius. Tagline yang disematkan untuk Apple juga dia terapkan dalam pekerjaannya. Kalian pasti paham kan produk Apple banyak berbeda dari produk-produk ponsel lainnya. Meski beda, tapi buktinya Apple semakin sukses kok.

Nah, tagline ini mengajarkan kita bahwa berpikir berbeda itu tidak ada salahnya kok. Apalagi kalau kamu punya bisnis sampingan, coba dong berpikir berbeda dengan bisnis yang lainnya, tapi kamu juga imbangi dengan inovasi-inovasi keren ya! Karena kalau berbeda aja gak cukup bikin kamu maju.

Cara bepikir beda, coba untuk mencari referensi-referensi usaha baik dari dalam negeri maupun luar negeri, bisa deh kamu terapkan di bisnismu.

Itulah tadi beberapa tagline dari brand ternama yang bisa jadi penyemangatmu dalam memulai usaha. Bisnis sampingan memang bukanlah hal mudah, karena kamu harus membagi waktunya dengan pekerjaan utamamu.

Mulai aja bisnis sampingan dari yang kecil-kecil dulu, biar kamu tahu gimana rasanya membagi waktu. Kalau bisnis sampinganmu udah menghasilkan pundi-pundi keuntungan, kan lumayan buat bantu-bantu kebutuhanmu sehari-hari, atau bahkan buat tabungan di masa depan! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.