Bakal Raup Omzet Miliaran, Crazy Rich HM Fitno Bisnis Hewan Kurban

4 menit
Bisnis Sapi Kurban, HM Fitno Bisa Raup Omzet Miliaran (Instagram)
Bisnis Sapi Kurban, HM Fitno Bisa Raup Omzet Miliaran (Instagram).

Crazy rich Pondok Indah, HM Fitno, ternyata gak cuma aktif di dunia bisnis properti dan teknologi, dia juga bisnis sapi kurban!

Lewat akun Youtubenya, Fitno berkunjung ke lokasi peternakan sapinya yang terletak di Pandeglang. Bisnis ini dia jalani bersama partnernya, wajar saja Fitno memang jarang melakukan supervisi ke tempat ini. Dia butuh rekan yang tentunya bisa dipercaya.

Rekan yang dimaksud oleh Fitno bernama Ari Prakarsa, tampaknya merupakan rekan sekantornya dulu. Namun setelah resign dia mengajak Fitno untuk investasi di bidang peternakan. 

Ngomong-ngomong soal bisnis sapi kurban, jelas sekali bisnis ini bakal membuat Fitno makin tajir usai Hari Raya Idul Adha.

Penasaran tentang fakta-fakta peternakan sapi yang diinvestasikan Fitno ini? Berikut ulasannya.

1. Namanya Sapi Jawara

Sapi Kurban
Sapi Jawara (Youtube).

Lokasi peternakan sapi ini terletak di Desa Cimanuk, Pandeglang, Banten. Bisnis ini sudah lama dirintis oleh Fitno.

Selain dijual ke pelanggan jelang Hari Raya Idul Adha, Fitno juga sering menjualnya ke pasar-pasar dalam bentuk daging. 

Kalau namanya saja Sapi Jawara, apakah sapi-sapi di peternakan Fitno ini benar-benar jawara dalam artian berkualitas? Mari simak poin selanjutnya.

2. Ada 50 ekor sapi kurban tipe Limosin

Sapi Kurban
Ada 50 ekor sapi kurban tipe Limosin (Youtube).

Wuih ternyata jumlah sapi limosin di peternakan ini gak sedikit lho. Fitno yang jarang mengunjungi peternakannya pun kaget ketika melihat sapi limosin yang berukuran besar, beratnya saja mencapai 500 kilogram alias nyaris 1 ton.

Rencananya, sapi ini memang bakal dijual ke pelanggan-pelanggannya. Dan harga sapi kurban di peternakan Sapi Jawara milik Fitno berkisar Rp 25 hingga Rp 30 juta untuk yang beratnya sekitar 500 kg.

Gak usah khawatir soal stok sapi di peternakan ini. Jumlahnya banyak banget, satu kandang saja isinya 30 ekor, dan di sana tentunya ada lebih dari satu kandang.

3. Makanan sapi-sapi di peternakan ini dijamin berkualitas

Sapi Kurban
Makanan sapi-sapi di peternakan ini dijamin berkualitas (Youtube).

Pembeli dijamin bisa melihat beratnya langsung, jadi dijamin deh beli sapi di sini gak akan ada tipu-tipu dan kualitasnya bisa diadu. Dari jam 07.00 pagi hingga malam, sapi-sapi ini terus diberikan pakan oleh penjaganya. 

Dan makanan-makanan sapi ini bukan cuma didatangkan atau dibeli dari luar. Peternakan ini punya alat penggilingan padi di dalamnya, gak bakal repot deh soal operasional pakan sapi.

Wah dagingnya tentu bakal enak banget kalau dijadikan steak! 

4. Ada Sapi Kupang dan limosin kecil

Sapi Kurban
Ada sapi kupang dan limosin kecil (Youtube).

Wuih selain sapi limosin, terdapat pula sapi Kupang di peternakan milik Fitno. Apa sih yang membedakan sapi limosin dengan sapi kupang?

Dari penampakannya saja sudah beda, sapi Kupang ini memiliki tulang yang lebih kecil. Tapi dagingnya juga tergolong banyak. Jadi jangan diremehin lho ya meski badannya kecil.

Soal harga, sapi kupang juga sama dengan sapi limosin.

Di sebelah kandang sapi Kupang, ternyata ada sapi limosin juga tapi yang berukuran kecil. Alias bukan yang beratnya mencapai 500 kg.

5. Ada sapi Bali

Sapi Kurban
Ada juga jenis sapi Bali di sini (Youtube).

Sapi Bali yang tanduknya lancip juga ada di peternakan milik Fitno. Ukuran sapi ini juga tampaknya gak jauh beda dari sapi Kupang. 

Beratnya kurang lebih di bawah 500 kg. Sayangnya, Fitno gak menjelaskan berapa Rupiah harga sapi Bali yang ada di sana.

Stok sapi Bali di peternakan ini juga kabarnya bakal ditambah lho. Mereka akan mendatangkan banyak sapi dari luar kota, dan kandangnya pun sudah tersedia.

6. Ada kambing juga

Sapi Kurban
Gak cuma sapi, tapi ada kambing juga disini (Youtube).

Wah ternyata ada kambing juga ternyata di peternakan ini. Kabarnya Fitno memang menargetkan menjual 1.000 kambing jelang Idul Adha.

Kambing-kambingnya juga terlihat cukup segar dan sehat.  

7. Peternakan ini selalu “sold out” dalam urusan jual sapi

Sapi Kurban
Selalu sold out dalam urusan jual sapi (Youtube).

Partner Fitno mengatakan bahwa menurut riwayat penjualan sapi kurban tahun lalu. Sapi-sapi di peternakan Sapi Jawara selalu sold out!

Bayangin saja, misalkan ada 60 sapi limosin yang berhasil dijual oleh Sapi Jawara, maka peternakan ini sudah berhasil mendapat omzet Rp 1,8 miliar! Itu seandainya satu sapi limosin dihargai Rp 30 juta.

Itu baru sapi limosin lho, ingat masih ada sapi Bali, Kupang, dan kambing! Omzet Rp 4 miliar juga bisa lah dia raup bulan depan.

Gokil deh, menggiurkan juga ya bisnis hewan kurban yang satu ini. Idul Adha juga tentunya bakal jadi bulan penuh berkah buat Fitno dan timnya.

Mau ikutan bisnis sapi biar tajir kayak Fitno? 

Bisnis sapi kurban

Menurut rekan Fitno, bisnis sapi ini memang sangat menjanjikan. Millenial pun bisa mencobanya dengan mendalami cara beternaknya hingga penjualannya.

Fitno pun bilang, para petani yang punya lahan setidaknya berinvestasi dengan membeli satu atau dua ekor sapi. Kebutuhan akan daging sapi juga masih kurang buat rakyat Indonesia karena adanya kebijakan sapi impor.

Dalam urusan bisnis, Fitno juga tentunya bakal memberikan harga yang pas di pasaran. Gak lebih tinggi dan bersaing.

Itulah fakta-fakta seputar bisnis sapi kurban yang dijalani Fitno. Gimana, tertarik beli sapi di sana atau punya bisnis kayak Fitno di tahun depan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.